
Author
Putri Adibatur Rohmah(1

Pendidikan IPS, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan IPS, Universitas Negeri Yogyakarta; Pendidikan Geografi, Jurusan IPS, Universitas Khairun Ternate, Indonesia(3)
Pendidikan Geografi, Jurusan IPS, Universitas Khairun Ternate, Indonesia(4)
Pendidikan IPS, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(5)
Pendidikan IPS, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(6)

Published : 2024-05-04
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 330 times
PDF Downloaded: 176 times
Abstract
Anak usia dini memiliki fase yang sangat penting dalam tumbuh kembangnya. Fase tersebut dinamakan dengan “The Golden Age” yang artinya merupakan fase keemasan anak untuk mulai menangkap bermacam-macam rangsangan yang diberikan oleh lingkungan sekitarnya, salah satunya dengan menstimulasi penanaman karakter melalui literasi islamic story. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan literasi islamic story dapat meningkatkan karakter pada anak usia dini. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menempatkan peneliti sebagai instrument utama. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegitaan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan triangulasi sebagai teknik pengolahan data. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga unit PAUD. Subjek dalam penelitian ini melibatkan guru dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kolaborasi antara lembaga PAUD, Pemerintah daerah, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan kondusif untuk pembelajaran memberikan dampak positif terhadap perkembangan anak-anak. Gaya mengajar berbasis cerita yang di implementasikan dengan berbagai metode kreatif memberikan kontribusi dalam meningkatkan minat literasi dan karakter anak. Melalui literasi islamic story tampak adanya perubahan karakter perilaku positif dalam kegiatan sehari-hari pada anak.
Keywords
References
Agustina, R. (2022). Pendampingan Kelompok Belajar Anak Usia Dini Di Kampung Mulyasari, Desa Sukamulya, Kabupaten Bogor. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.47776/praxis.v1i1.536
Almanie, T., Alshewaier, N., Alnowaiser, R., Alnassar, M., Almutairi, E., & Suwaidan, D. Bin. (2018). Little Author: An Interactive Edutainment Application Designed to Assist Arab Children in Story Writing. International Conference on Computer and Applications (ICCA), 98–104. https://doi.org/10.1109/ICCA43450.2018
Anggraeni, D., & Rafiyanti, S. (2022). Pengaruh Dongeng terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2485–2490. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3296/2771
Anjarsari, A., & Agustin, E. (2022). Implementasi Metode Cerita Islami Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Tk. Jurnal El-Audi, 3(1). https://doi.org/10.56223/elaudi.v3i1.44
Bairagi ,Vinayak;Vaibhav Munot, M. (2019). Research methodology Research methodology. Taylor & Francis Group, LLC, 11(2), 1–320. https://doi.org/https://doi.org/10.1201/9781351013277
BPS. (2021). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. Badan Pusat Statistik Indonesia. https://www.bps.go.id/publication
Budy Kusnandar, V. (2021). Sebanyak 97% Penduduk Jawa Timur Beragama Islam pada Juni 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/18/sebanyak-97-penduduk-jawa-timur-beragama-islam-pada-juni-2021
Danaei, D., Jamali, H. R., Mansourian, Y., & Rastegarpour, H. (2020). Comparing Reading Comprehension Between Children Reading Augmented Reality And Print Storybooks. Computers and Education, 153. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103900
Devega, E. (2017). Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas membaca tapi aktif komentar. In Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media
Dwi Pamungkas, N., & (ed) Binti Q Masruroh. (2023, July 28). Stimulasi Literasi untuk Anak Sejak Dini. UNAIR NEWS. https://unair.ac.id/stimulasi-literasi-untuk-anak-sejak-dini/
Edy, S., & Zaedi, M. (2023). The Exploratory Analysis of Urgence of Islamic Education to Develop The Personality of School-Age Children. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 3(2). https://doi.org/10.31538/tijie.v3i2.252
Fikri Aulinda, I. (2020). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550
Fitriana, S. (2022). Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di I Negeri Kota Semarang. Braz Dent J., 33(1). oai:eprints.walisongo.ac.id:17073
Fitrianingtyas, A., Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Winarji, B., & Nurjanah, N. E. (2023). Mengembangkan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5675–5686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4970
Fitriyani, H., & Markhamah, M. (2023). Gerakan Literasi Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa MIM PK Kertonatan Kartasura. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1). https://doi.org/10.24036/pedagogi.v23i1.1470
Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062
Haswindy, S., & Yuliana, F. (2018). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Pemukiman Pada Kecamatan Tungkil Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(2). https://doi.org/10.14710/jil.15.2.96-111
Iqbal, S., Bashir, M. N., & Ul Haq, M. A. (2022). Factors that Impact Student and Teacher Success. 2022 International Conference on Sustainable Islamic Business and Finance, SIBF 2022. https://doi.org/10.1109/SIBF56821.2022.9939675
Irman, I., Wasliman, I., Warta, W., & Naufal, S. M. R. (2023). Management of The Implementation of The National Curriculum Based on Islamic Boarding School Education To Improve The Quality of Madrasah Aliyah (Descriptive Analytical Study at MA Al-Masthuriyah, MA Sunanul Huda, MA Al-Amin, Sukabumi Regency). Jhss (Journal Of Humanities And Social Studies), 7(1). https://doi.org/10.33751/jhss.v7i1.7234
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Kastro, A. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Pendukung Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(1). https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i1.40887
Kemendikbud. (2023, August). Asesmen Formatif dan Sumatif. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/perkenalan/asesmen/formatif-dan-sumatif/
Labudasari, E. (2021). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 5(4). https://repository.bbg.ac.id/handle/676
Lexy J. Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.
Lidwina, A. (2020). Jumlah PAUD Jawa Timur Terbanyak di Indonesia pada Tahun Ajaran 2019/2020. 38.673 unit di antaranya,28-29 ribu satuan PAUD.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/17/jumlah-paud-jawa-timur-terbanyak-di-indonesia-pada-tahun-ajaran-20192020#:~:text=Sebanyak
Luthfiyah, Rifa Zafi, & Az-Ashif. (2021). Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus. Jurnal Golden Age, 5(2). https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3576
Mahfud, M. (2018). Mengenal Ontologi, Epistemologi, Aksiologi Dalam Pendidikan Islam. Cendekia : Jurnal Studi Keislaman, 4(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i1.58
Maryani, Y., Riyanto, A. A., Nur-Rohman, S., Nyalindung, J., Bandung Barat, C., Siliwangi, I., & Terusan Jendral Sudirman, J. (2022). Implementasi Metode Storytelling Berbasis Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) , 6(1), 2714–4107. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/download/9670/pdf_1
Maulida. (2018). Optimalisasi Pendidikan Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Berkisah Islami. Proceedings of The 3 RdAnnual Conference on Islamic Early Childhood Education, 3, 1–12. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/conference/index.php/aciece/aciece3
Musdalifah, M. (2019). Peserta Didik Dalam Pandangan Nativisme, Empirisme, Dan Konvergensi. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.7014
Mutiawati, Y. (2019). Pembentukan Karakter Religius Pada Kegiatan Makan Anak Di Pendidikan Anak Usia Dini Yenni. Jurnal Buah Hati, 6(2), 165–174. https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i2.589
Nguyen, N. T. L. (2023). How to develop four competencies for teacher educators. Frontiers in Education, 8. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1147143
Nian, Z. (2021). Comparative Study on Curriculum Guidebook of Kindergarten. Journal of Educational and Developmental Psychology, 11(1). https://doi.org/10.5539/jedp.v11n1p11
Nidawati, N. (2022). Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(4). https://doi.org/10.22373/jm.v12i4.17210
Oktavianingsih, E. (2019). Pengembangan Program Pelibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2). https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.231
Pan, Z., López, M. F., Li, C., & Liu, M. (2021). Introducing augmented reality in early childhood literacy learning. Research in Learning Technology, 29, 1–21. https://doi.org/10.25304/rlt.v29.2539
Pratama, L. R. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter PAUD. Jambura Early Childhood Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.37411/jecej.v4i2.1125
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
Rahman, M. L., Mufron, A., & Yeni, Y. (2023). Personality Competence Of Islamic Religious Education (PAI) Teachers In Shaping The Character Of Students. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 8(3). https://doi.org/10.58788/alwijdn.v8i3.2330
Rahmat, A., Rozi, F., Widat, F., Kulsum, U., & Puspadewi, A. (2023). Faith Character Education: Children’s Moral Reinforcement in the Latent Phase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4089
Rizki Saputra, R., & (ed) Ulumuddin, I. (2022). Daftar 15 Kota yang Mendapat Julukan Kota Santri di Indonesia. https://jatim.inews.id/berita/daftar-kota-yang-mendapat-julukan-kota-santri-di-indonesia/2
Rosita, E. (2022). Merevitalisasi Sastra Lisan Di Sumatra Selatan Dengan Gerakan Literasi Nasional. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.52333/didactique.v3i2.925
Santoso, J., & Wisman, Y. (2020). Agama Dan Pembentukan Cara Pandang Serta Perilaku Hidup Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1). https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.91
Septiani, A. N., Pratiwi, D., & Rossy, R. (2023). Evaluasi Pembelajaran dalam Meningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. MASALIQ, 3(5). https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1380
Solihin, L., Hijriani, I., Raziqin, K., & Zaenuri, N. (2019). Indeks Akitifitas Literasi Membaca 34 Provinsi (L. Solihin (ed.); 1st ed.). Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kompleks Kemendikbud, Gedung E Lantai 19. https://repositori.kemdikbud.go.id
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D (1st ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Medologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. Alfabeta.
Supardi, S., Qurtubi, A., & Fatoni, H. (2023). Kemitraan Sekolah dan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP IT Raudhatul Jannah Cilegon. Journal on Education, 5(4). https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2053
Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46
Tsabita Salsabila, A., Yuni Astuti, D., Hafidah, R., Eka Nurjanah, N., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 164–171. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.41747
Umar, S. H., & Umawaitina, M. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Program Sekolah Sehat Dan Ramah Anak Di SMP Negeri 7 Kota Ternate. Jurnal Geocivic, 2(1). https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i1.1464
Vermote, B., Aelterman, N., Beyers, W., Aper, L., Buysschaert, F., & Vansteenkiste, M. (2020). The role of teachers’ motivation and mindsets in predicting a (de)motivating teaching style in higher education: a circumplex approach. Motivation and Emotion, 44(2), 270–294. https://doi.org/10.1007/s11031-020-09827-5
Vrikki, M., Wheatley, L., Howe, C., Hennessy, S., & Mercer, N. (2019). Dialogic practices in primary school classrooms. Language and Education, 33(1), 85–100. https://doi.org/10.1080/09500782.2018.1509988
Wadi, A. andika. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Membangun Moral Bangsa Perspektif Al-Qur’an. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 10(9), 217–229. https://doi.org/10.36835/hjsk.v10i2.3455
Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779
Zenuch, P. (2023). On The Liturgical Language And Cultural Identity Of The Byzantine-Slavic Church In The Handwritten Educational Manuals, In The 18th Century, Under The Carpathian Mountains. The Path Of Cyril And Methodius – Spatial And Cultural Historical Dimensions, 33. https://doi.org/10.59076/2815-3855.2023.33.18
Refbacks
- There are currently no refbacks.