Vol 5, No 1 (2021)

June 2021

DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1

Articles

Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi
Ali Iskandar Zulkarnain ORCID ID Pendidikan Islam Anak Usia Dini , Institut Agama Islam Negeri Palangaka Raya, Indonesia,
Gito Supriadi ORCID ID Pendidikan Islam Anak Usia Dini , Institut Agama Islam Negeri Palangaka Raya, Indonesia,
Saudah Saudah ORCID ID Pendidikan Islam Anak Usia Dini , Institut Agama Islam Negeri Palangaka Raya, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.491 | Published: 2020-04-21 | Pages: 14-25
Abstract views: 507 times, PDF Download: 381 times
Pemanfaatan Limbah Bahan Tekstil Menjadi Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini
Novi Yanthi ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
Margaretha Sri Yuliariatiningsih ORCID ID Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
Nurul Hidayah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
Maya Purnama Sari ORCID ID Program Studi Pendidikan Multimedia, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.363 | Published: 2020-04-23 | Pages: 26-35
Abstract views: 517 times, PDF Download: 216 times
Pengaruh Kelekatan Aman Anak pada Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun
Mujiwat Amin Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia,
Dian Kristiana ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia,
M. Fadlillah ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.504 | Published: 2020-05-12 | Pages: 127-134
Abstract views: 538 times, PDF Download: 253 times
Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa
Elina Intan Apriliani ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia,
Kartika Yuni Purwanti ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia,
Rosalina Wahyu Riani ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.319 | Published: 2020-05-16 | Pages: 150-157
Abstract views: 403 times, PDF Download: 189 times
Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur
Khirjan Nahdi ORCID ID Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Universitas Hamzanwadi, Indonesia,
Sandy Ramdhani ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Hamzanwadi, Indonesia,
Riyana Rizki Yuliatin ORCID ID Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Universitas Hamzanwadi, Indonesia,
Yul Alfian Hadi ORCID ID 4 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.529 | Published: 2020-05-24 | Pages: 177-186
Abstract views: 2166 times, PDF Download: 826 times
Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19
Euis Kurniati ORCID ID Pendidkan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
Dina Kusumanita Nur Alfaeni Pendidkan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
Fitri Andriani Pendidkan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.541 | Published: 2020-05-31 | Pages: 241-256
Abstract views: 77737 times, PDF Download: 18171 times
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak
Christiani Endah Poerwati ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia,
Ni Made Ayu Suryaningsih ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia,
I Made Elia Cahaya Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.496 | Published: 2020-06-07 | Pages: 281-292
Abstract views: 537 times, PDF Download: 248 times
Learning During the Covid-19 Pandemic: Correlation Between Income Levels And Parental Roles
Kartika Rinakit Adhe ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
Rohmatul Maulidiya Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
Muchamad Arif Al Ardha ORCID ID Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
Wulan Patria Saroinsong ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
Sri Widayati ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.554 | Published: 2020-06-08 | Pages: 293-302
Abstract views: 1504 times, PDF Download: 521 times
Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya
Mubiar Agustin ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
Ryan Dwi Puspita ORCID ID Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia,
Dinar Nurinten ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Bandung, Indonesia,
Heni Nafiqoh ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.598 | Published: 2020-06-20 | Pages: 334-345
Abstract views: 7842 times, PDF Download: 3472 times
Keintiman Komunikasi Keluarga saat Social Distancing Pandemi Covid-19
Andalusia Neneng Permatasari ORCID ID Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung, Indonesia,
Dinar Nur Inten ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Bandung, Indonesia,
Wiliani Wiliani Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung, Indonesia,
Kelik Nursetiyo Widiyanto Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.577 | Published: 2020-06-21 | Pages: 346-359
Abstract views: 7998 times, PDF Download: 3062 times
Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini
Tsali Tsatul Mukarromah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia,
Ruli Hafidah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia,
Novita Eka Nurjanah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.550 | Published: 2020-06-28 | Pages: 395-403
Abstract views: 914 times, PDF Download: 339 times
Pendidikan Jasmani Untuk Anak Usia Dini: Pengembangan Fundamental Movement Skill (FMS)pada Anak
Setiyo Utoyo ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia,
Yenti Juniarti ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia,
Nurdiyah Sari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia,
Khairina Mangge Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.605 | Published: 2020-06-29 | Pages: 404-413
Abstract views: 403 times, PDF Download: 271 times
Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19
Despa Ayuni ORCID ID Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia,
Tria Marini ORCID ID Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia,
Mohammad Fauziddin ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia,
Yolanda Pahrul ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.579 | Published: 2020-07-01 | Pages: 414-421
Abstract views: 14646 times, PDF Download: 5009 times
Indikator Perencanaan pada Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Unggulan
Upik Elok Endang Rasmani ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia,
Warananinngtyas Palupi ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia,
Jumiatmoko Jumiatmoko ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia,
Nurul Shofiatin Zuhro ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia,
Anjar Fitrianingtyas ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.611 | Published: 2020-07-03 | Pages: 431-440
Abstract views: 440 times, PDF Download: 225 times
Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, “Dirumah Saja”
Diah Andika Sari ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia,
Rahmita Nurul Mutmainah ORCID ID Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia,
Ika Yulianingsih Pendidikan Olahraga, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia,
Tiara Astari Tarihoran ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia,
Munifah Bahfen ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.584 | Published: 2020-07-09 | Pages: 475-489
Abstract views: 3829 times, PDF Download: 1975 times
Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19
Cucu Jajat Sudrajat ORCID ID Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
Mubiar Agustin ORCID ID Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
Leli Kurniawati ORCID ID Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
Dede Karsa Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.582 | Published: 2020-07-11 | Pages: 508-520
Abstract views: 4513 times, PDF Download: 3479 times
Application of Philosophy Values of Bhinci-Bhinciki Kuli in Early Childhood at Wolio Community
La Jeti Jeti ORCID ID Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia,
Manan Manan ORCID ID Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia,
Kadar Risman ORCID ID Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia,
Edison Edison ORCID ID Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.643 | Published: 2020-07-17 | Pages: 530-537
Abstract views: 237 times, PDF Download: 76 times
Memaksimalkan Fitur “Breaking Rooms” Zoom Meeting pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19
Nasir Nasir ORCID ID Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia,
Ishaq Bagea ORCID ID Administrasi Pendidikan, Universitas Puangrimaggalatung, Indonesia,
Sumarni Sumarni ORCID ID Administrasi Publik, Universitas Puangrimaggalatung, Indonesia,
Besse Herlina ORCID ID Universitas Puangrimaggalatung, Sengkang, Indonesia,
Apriani Safitri ORCID ID Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.662 | Published: 2020-07-29 | Pages: 611-624
Abstract views: 870 times, PDF Download: 1131 times
Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini
Sita Husnul Khotimah ORCID ID Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam AlHikmah Jakarta, Indonesia,
Titin Sunaryati ORCID ID Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pelita Bangsa, Indonesia,
Sri Suhartini Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam AlHikmah Jakarta, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.683 | Published: 2020-08-09 | Pages: 676-685
Abstract views: 1272 times, PDF Download: 415 times
Kegiatan Menganyam dengan Bahan Alam untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak
Meriyati Meriyati ORCID ID Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia,
Cahniyo Wijaya Kuswanto ORCID ID Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia,
Dona Dinda Pratiwi ORCID ID Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia,
Ela Apriyanti Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.667 | Published: 2020-08-14 | Pages: 729-742
Abstract views: 547 times, PDF Download: 434 times
Pengaruh Buku Cerita Bergambar terhadap Pengetahuan Manajemen Bencana Anak
Yeni Solfiah ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia,
Devi Risma ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia,
Hukmi Hukmi ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia,
Rita Kurnia ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.696 | Published: 2020-08-24 | Pages: 783-794
Abstract views: 249 times, PDF Download: 162 times
Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak
Rinda Nikenindiana Sukamto ORCID ID Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia,
Pujiyanti Fauziah ORCID ID Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.638 | Published: 2020-09-11 | Pages: 923-930
Abstract views: 259 times, PDF Download: 373 times
Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI
Fahmi Fahmi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Palangaka Raya, Indonesia,
Muhammad Syabrina ORCID ID Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Palangaka Raya, Indonesia,
Sulistyowati Sulistyowati ORCID ID Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Palangaka Raya, Indonesia,
Saudah Saudah ORCID ID Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Palangaka Raya, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.673 | Published: 2020-09-14 | Pages: 931-940
Abstract views: 640 times, PDF Download: 539 times
Computational Thinking : Media Pembelajaran CSK (CT-Sheet for Kids) dalam Matematika PAUD
Swasti Maharani ORCID ID Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Madiun; Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang, Indonesia,
Toto Nusantara ORCID ID Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang, Indonesia,
Abdur Rahman As'ari ORCID ID Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang, Indonesia,
Abd. Qohar ORCID ID Pendidikan Matamatika, Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.769 | Published: 2020-09-18 | Pages: 975-984
Abstract views: 414 times, PDF Download: 317 times