Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Cover Jurnal Obsesi Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as applications, with a systematic proposed method, sufficient review on previous works, expanded discussion and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Jurnal Obsesi follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription.

Focus and Scope of Journal is research study and analysis related to early childhood  education include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution of early childhood, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.

Journal titleJurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
SubjectEarly Childhood Education, Pendidikan Anak Usia Dini
LanguageEnglish (preferred), Indonesia
ISSN2549-8959 (online)
Frequency6 issues per year 
DOIPrefix 10.31004/obsesi by Crossref
AcreditationSINTA 2 SK B/3693/E5/E5.2.1/2019  12th November 2019
Editor-in-chiefMohammad Fauziddin 
PublisherLPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Citation AnalysisGoogle Scholar, Dimensions
Profil Publonshttps://publons.com/journal/438239/jurnal-obsesi-jurnal-pendidikan-anak-usia-dini

Vol 6, No 1 (2022): February 2022, InPress

Articles

Gambaran Kebugaran Jasmani Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19
Wahyuni Ulpi ORCID ID Pendidikan Guru Pendididkan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia,
Nurwahidin Hakim ORCID ID Pendidikan Jasmani, Universitas Muhammadiyah Palopo,
Abdul Kadir Bimbingan dan Konseling, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia,
Hadi Pajarianto ORCID ID Pendidikan Guru Pendididkan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia,
Rahmatia Rahmatia Pendidikan Guru Pendididkan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak
Rahmatia Rahmatia Pendidikan Guru Pendidikan Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia,
Hadi Pajarianto ORCID ID Bimbingan dan Konseling, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia,
Abdul Kadir ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia,
Wahyuni Ulpi ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia,
Muhammad Yusuf ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
Desain Aplikasi Efkids untuk Menstimulasi Sikap Kewirausahaan pada Anak Usia Dini
Riska Aprilianti ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sebelas April Sumedang, Indonesia,
Gaharani Saraswati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sebelas April Sumedang, Indonesia,
Wulanda Aditya Azis ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sebelas April Sumedang, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v6i1.834 | Published: 2021-03-30 | Pages: 95-106
Abstract views: 96 times, PDF Download: 61 times
Pengembangan Learning Management System (LMS) di Era Pandemi Covid-19 pada Pendidikan Anak Usia Dini
Nur Ika Sari Rakhmawati ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
Sjafiatul Mardliyah ORCID ID Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
Ruqoyyah Fitri ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
Darni Darni ORCID ID Pendidikan Bahasa Jawa, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
Kisyani Laksono ORCID ID Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v6i1.991 | Published: 2021-04-01 | Pages: 107-118
Abstract views: 207 times, PDF Download: 84 times
Intensification the Role of Parent for Learning Assistance Model at Home in The New Normal Era
Sujarwo Sujarwo ORCID ID Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia,
Erma Kusumawardani ORCID ID Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia,
Iis Prasetyo ORCID ID Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia,
Adin Ariyanti Dewi ORCID ID Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun
Atiqa Sabardila ORCID ID Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia,
Markhamah Markhamah ORCID ID Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia,
Zainal Arifin ORCID ID Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia,
Hari Kusmanto ORCID ID Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia,
Lathifah Nurul Hidayah Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia,
Anita Dewi Kurniasari Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia,
Duwi Saputro ORCID ID Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia

DOI: 10.31004/obsesi.v6i1.875 | Published: 2021-04-09 | Pages: 150-162
Abstract views: 74 times, PDF Download: 36 times
Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak
Syamsuardi Saodi ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia,
Muhammad Akil Musi ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia,
Arifin Manggau ORCID ID Pendidikan Seni, Drama, Tari dan Musik, Universitas Negeri Makassar, Indonesia,
Noviani Noviani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Dampak Pembelajaran Daring terhadap Siswa usia 5-8 tahun
Nana Sutarna ORCID ID Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan, Indonesia,
Arrofa Acesta ORCID ID Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kuningan, Indonesia,
Nika Cahyati ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan, Indonesia,
Sendi Fauzi Giwangsa ORCID ID Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia,
Dedi Iskandar ORCID ID Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan, Indonesia,
Harmawati Harmawati ORCID ID Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
Improving Early Childhood Education Management through Problem Identification of Institutions
Upik Elok Endang Rasmani ORCID ID Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia,
Warananinngtyas Palupi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia,
Jumiatmoko Jumiatmoko Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia,
Nurul Shofiatin Zuhro Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret,
Anjar Fitrianingtyas Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

Announcements

Shubungan dengan kebutuhan publikasi yang semakin tinggi, maka Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini mengajukan perubahan Frekuensi Terbitan kepada ISSN LIPI dari 2 kali setahun (enam bulanan) menjadi 6 kali setahun (dua bulanan)

Pengajuan perubahan disetujui oleh ISSN LIPI pada tanggal 11 Maret 2021. Perubahan tersebut dapat dilihat pada llink dibawah ini:

ISSN: 2549-8959 (online)


Demikian pemberitahuan ini atas perhatiannya disampaikan terima kasih

Best Regard
Editor in Chief

Mohammad Fauziddin

Posted: 2021-03-21
Kepada Bapak/Ibu Author Jurnal Obsesi Volume 4 Nomor 2 tahun 2020
Silahkan isi Google Form berikut ini untuk pengiriman Hardcopy dan Jaket Jurnal Obsesi (GRATIS)

Deadline 30 Oktober 2020

https://bit.ly/35nKdmd

Bagi author volume berbeda atau yang menghendaki Jaket Obsesi 2020 silahkan isi Formulir ini

https://bit.ly/3mnHFM5

Biaya Rp. 200.020,- (Dua Ratus Ribu Dua Puluh Rupiah) di Transfer pada Rekening Bank BNI Nomor Rekening 0209770053 An. Moh Fauziddin

Terima kasih
Posted: 2020-10-24

Assalamualaikum

Terkait dengan telah selesainya proses cetak hardcopy dan pembuatan volume 4 nomor 1 tahun 2020 untuk itu bagi penulis Volume 4 Nomor 1 silahkan mengisi Formulir pada Link berikut ini

Formulir Data Volume 4 Nomor 1

Data dikirimkan paling lambat 30 Juni 2020

Posted: 2020-06-09

Kepada yang terhormat penulis yang Budiman, terkait dengan musibah non alam merebaknya Virus Covid-19, maka Tim Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ikut prihatin peduli dan terhadap musibah ini.

Untuk itu kami mengambil kebijakan sesuai dengan bidang kami yakni membantu publikasi hasil penelitian termasuk kajian pustaka terkait Covid-19. Kami memberikan prioritas pada artikel terkait dengan Covid-19 dan membebaskan seluruh biaya.

Artikel akan segera kami publikasikan setelah melalui proses review dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Program ini dibuka hingga 4 Juni 2020

Semoga pandemi yang melanda dapat segera teratasi. Amin

Terimakasih

Moh Fauziddin

Editor in chief

Posted: 2020-04-29
This issue (Volume 4 Issue 1 Year June 2020) has been available online since 30th August 2019, published 30th December 2019 for the regular issue of June 2020. All articles in this issue (50 original research articles) include Authors from 14 Affiliation [Univeritas Negeri Jakarta (25 authors),Universitas Negeri Yogyakarta (6 authors), IAIN Syekh nurjati Cirebon(1 author),Universitas Negeri Padang (12 authors),IKIP siliwangi (5 authors),Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (2 authors),Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto(2 authors),STKIP Panca Sakti Bekasi (1 author).Universitas Ngudi Waluyo (3 authors),Universitas Lambung Mangkurat(1 author),Universitas Sriwijaya (4 authors),Universitas Tanjungpura(2 authors),Universitas Kristen Satya Wacana(2 authors),Universitas Riau(4 authors),Universitas Dhyana Purai (5 authors),Universitas Lampung (2 authors)IAIN Kendari (6 authors)Universitas Islam Negeri Ar Raniry (2 authors)TK Dharma Wanita, Teunom (1 author),Universitas Sebelas Maret (6 authors)Universitas Pelita Harapan (1 autors)Universitas Pendidikan Indonesia (3 authors),Universitas Muhammadiyah Kendari (3)Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (2 authors)Universitas Muhammadiyah Ponorogo (3 authors),Universitas Hamzanwadi (2 authors), andUniversitas Negeri Medan (2 authors),Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (1 author)].
Posted: 2019-12-30

Untuk lebih meningkatkan kemutakhiran metadata dan kemudahan dalam menyesuaikan tata letak, Tim Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, melakukan perubahan pada template artikel.Perubahan dasar pada penggunaan kolom, font dan penambahan informasi metadata artikel sehingga lebih nyaman dibaca dan informatif.

Template artikel tersebut akan mulai digunakan pada Volume 4 Nomor 1 Tahun 2020

Download Template Artikel 2020

Posted: 2019-11-25

Assalamualaikum Wr. Wb.

BerdasarkanKeputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 30/E/Kpt/2019 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode VI tahun 2019 Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini setelah Reakreditasi naik peringkat dari peringkat 3 ke 2 mulai Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019

Salinan SK dapat di Download Disini

Terimakasih tak terhingga kepada para editor, reviewer dan author yang telah banyak berkontribusi dalam jurnal ini

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat kami

EiC Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Mohammad Fauziddin

Posted: 2019-11-22
This issue (Volume 3 Issue 2 Year 2019) has been available online since 18th May 2019, published 25th August 2019 for the regular issue of December 2019. All articles in this issue (30 original research articles) include Authors from 14 Affiliation (Institut Agama Islam Negeri Madura, Universitas Negeri Yogyakarta,STAINU Purworejo,Universitas Negeri Padang,Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Galis Bangkalan,Universitas Negeri Jakarta,Universitas Islam Bandung,Universitas Ngudi Waluyo,Universitas Tanjungpura,Universitas Palangka Raya,Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai,Universitas Terbuka,Universitas Dehasen Bengkulu,IAIN Bukittinggi, andUniversitas Negeri Surabaya).
Posted: 2019-08-25

Terkait dengan kebijakan Tim Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) Ristekdikti bahwa penggunaan bahasa pada judul artikel harus sesuai dengan bahasa pada judul pada artikel full teks.

Untuk itu kepada penulis pada Volume 3 Nomor 1 Juni 2019 Inpress yang sudah publish silahkan menghubungi editor untuk mengubah full teks sesuai dengan bahasa pada judul artikel.

Waktu konfirmasi selama 1 minggu sejak pengumuman ini disampaikan, jika penulis tidak melakukan konfirmasi, maka  bahasa judul artikel akan disesuaikan dengan artikel full teks.

Demikian atas perhatiannya terima kasih

Posted: 2019-03-21

Refering to the Editorial Team decision, starting by Publication Volume 3 Issue 1 2019, We would like to announce that the publication articles will not be limited, We will publish the articles based on the completeness.

Default year will be drawn from the article's publication date, as in "publish-as-you-go"

Posted: 2019-03-02
More Announcements...