Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini

Indah Permatasari Suardi(1Mail), Syahrul Ramadhan(2), Yasnur Asri(3),
(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Indah Permatasari Suardi

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-02-05
Published : 2019-04-09

Abstract


Penelitian ini bertujuan memaparkan pemerolehan bahasa anak usia dini dalan proses pemerolehan bahasa melalui apa yang di dengar dan di praktekkan dengan bahasa dan komsonan kata yang mereka miliki. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini memaparkan hasil penelitian berdasarkan fakta yang ada dalam kehidupan sehari hari penuturnya dan proses pemerolehan bahasa pada aspek fonologi anak. Data yang diperoleh adalah hasil penelitian melalui observasi, catatan harian, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan objek sudah menguasai huruf-huruf vokal [a], [i], [u], [e], [?] dan [o]. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pemerolehan bahasa pada anak dalam aspek fonologi di pengaruhi faktor lingkungan khususnya keluarga hal tersebut ditandai dengan banyaknya pembendaharaan kosakata yang mereka dapatkan di lingkungan keluarga dan sekitar. Anak juga sudah bisa mengujarkan beberapa kata benda, kata kerja, dan kata sifat


Keywords


Fonologi; Pemerolehan Bahasa Anak; Vokal dan Konsonan

References


Amelin. (2019). Understanding the language of children 12-14 months based on non-linguistic elements. Obsesi, 3(1).

Ardiana dan Sodiq. (2000). Psikolinguistik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arifuddin. (2010). Neuropsikolinguistik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Chaer. (2003). Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo. (2003). Psikolinguistik. Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Kridalaksana. (2002). Struktur, kategori, dan fungsi dalam teori sintaksis. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Miles dan Huberman. (2014). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode–metode baru (terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Nazir. (2011). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Palenkahu. (2005). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Kembar Usia Dua Tahun Delapan Bulan (Makalah. U).

Salnita. (2019). Language Acquisition for Early Childhood. Obsesi, 3(1).

Solehan. (2011). Pendidikan bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan. (1988). Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.

Troike. (2006). Introducing Second Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Yogatama, A. (2011). Pemerolehan bahasa pada anak usia 3 tahun ditinjau dari sudut pandang morfosintaksis. LENSA, 1(1).

Yumi. (2019). Children’s peformance sentence in simple construction time. Obsesi, 3(1).


Article Metrics

 Abstract Views : 677 times
 PDF Full Text Downloaded : 375 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.