Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19

Euis Kurniati(1Mail), Dina Kusumanita Nur Alfaeni(2), Fitri Andriani(3),
(1) Pendidkan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(2) Pendidkan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(3) Pendidkan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Euis Kurniati, Dina Kusumanita Nur Alfaeni, Fitri Andriani

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Download Full Text:   [File Size  : 312KB]  Language : ID
Received : 2020-05-19  |  Published : 2020-05-31

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran apa saja yang dirasakan orang tua selama mendampingi anak di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan studi kasus melalui wawancara dengan analisis tematik pada 3 Ayah dan 6 Ibu. Hasil menunjukkan bahwa secara umum peran yang muncul adalah sebagai pembimbing, pendidik, penjaga, pengembang dan pengawas. Secara khusus peran yang muncul yaitu: menjaga dan memastikan anak untuk menerapkan hidup bersih dan sehat, mendampingi anak dalam mengerjakan tugas sekolah, melakukan kegiatan bersama selama di rumah, menciptakan lingkungan yang nyaman untuk anak, menjalin komunikasi yang intens dengan anak, bermain bersama anak, menjadi role model bagi anak, memberikan pengawasan pada anggota keluarga, menafkahi dan memenuhi kebutuhan keluarga, dan membimbing dan memotivasi anak, memberikan edukasi, memelihara nilai keagamaan, melakukan variasi dan inovasi kegiatan di rumah. Diperlukan panduan bagi orang tua dalam membantu mendampingi kegiatan anak yang berbasis pada kebutuhan anak selama pandemi dan BDR.


Keywords


peran orang tua; anak usia dini; masa pandemi

References


Alfiana, E. (2013). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Dalam Keluarga Pada Bidang Pendidikan Di Dusun Pandanan Desa Pandanan Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten [Universitas Negeri Yogyakarta]. In Skripsi. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007

Alwasilah, A. C. (2002). Pokoknya kualitatif : dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Pustaka Jaya.

Ansori. (2020). Peran Kepala Sekolah di Saat Pandemi Covid-19. Www.Pintar.Tanotofoundation.Org. https://www.pintar.tanotofoundation.org/peran-kepala-sekolah-di-saat-pandemi-covid-19/

Arsendy, S., Sukoco, G. A., & Purba, R. E. (2020). Riset dampak COVID-19: potret gap akses online ‘Belajar dari Rumah’ dari 4 provinsi. Theconversation.Com. https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534

Bluth, K., & Wahler, R. G. (2011). Does Effort Matter in Mindful Parenting? Mindfulness, 2(3), 175–178. https://doi.org/10.1007/s12671-011-0056-3

Candra, A. N., Sofia2, A., & Anggraini, G. F. (2013). Gaya Pengasuhan Orang Tua pada Anak usia Dini Ariya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Covid19.go.id. (2020). Data Sebaran. Covid19.Go.Id. https://covid19.go.id/

Dhiva, A. A. (2016). 6 Panduan Penting Dalam Menjaga Kesehatan Anak. Parentingclub.Co.Id. https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/6-panduan-penting-dalam-menjaga-kesehatan-anak

Duncan, L. G., Coatsworth, J. D., & Greenberg, M. T. (2009). A Model of Mindful Parenting: Implications for Parent-Child Relationships and Prevention Research. Clinical Child and Family Psychology Review, 12(3), 255–270. https://doi.org/10.1007/s10567-009-0046-3

Gloria. (2020). Sehat Mental Selama di Rumah dengan Aktivitas Positif Bersama Keluarga. Ugm.Ac.Id. https://ugm.ac.id/id/newsPdf/19175-sehat-mental-selama-di-rumah-dengan-aktivitas-positif-bersama-keluarga

Graha, C. (2007). Kebersihan Anak di Tangan Orang Tua Paunduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Perannya dalam Membantu Keberhasilan. PT Elex Media.

Harahap, F. I. N. (2018). Pengaruh Hasil Program Parenting Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.367

Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Paud. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.762.g603

Harmaini. (2013). Keberadaan Orang Tua Bersama Anak. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Hatimah, I. (2016). Keterlibatan Keluarga Dalam Kegiatan Di Sekolah Dalam Perspektif Kemitraan. Pedagogia, 14(2), 290–297. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3878

Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324

Hyoscyamina, D. E. (2011). Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi, 10(2), 144–152. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.10.2.144-152

Ihsani, I., & Santoso, M. B. (2020). Edukasi Sanitasi Lingkungan Dengan Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Kelompok Usia Prasekolah Di Taman Asuh Anak Muslim Ar-Ridho Tasikmalaya. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 289. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i3.22987

Jannah, H. (2012). Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek. Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angkek, 1, 257–258.

Jatmikowati, T. E. (2018). Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1936

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Menjadi Orang Tua Hebat Untuk Keluarga dengan Anak Usia Dini. In My Hero (Vol. 98, Issue 25). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://118.98.227.114/glnsite/wp-content/uploads/2017/09/Juknis_PAUD.pdf

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Waktu Berkualitas Bersama Anak. Sahabatkeluarga.Kemdikbud.Go.Id. https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/uploads/Dokumen/4483_2017-02-13/Waktu Berkualitas Bersama Anak.pdf

Lathifah, Z. K., & Helmanto, F. (2019). Orang Tua Sebagai Panutan Islami Untuk Anak. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 131. https://doi.org/10.30997/dt.v6i2.2129

Lestari, S. (2012). Psikologi keluarga : penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga (2nd ed.). Kencana.

Lutfatutatifah, Adriany, V., & FaizahRomadona, N. (2015). Pola Asuh Orang Tua Anak Usia Dini Di Kampung Adat Benda Kerep Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Serantau, 1(1), 1–226.

Mattewakkang, A. J. (2020). Arah Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 (Refleksi Hari Pendidikan Nasional). Takalarterkini.Com. http://takalarterkini.com/arah-pendidikan-di-masa-pandemi-covid-19-refleksi-hari-pendidikan-nasional/

Murtiningsih, D. (2013). Peran Orangtua Dalam Kegiatan Bermain Anak Usia Dini (4-6 Tahun) Di Rumah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 1–21. http://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/5421

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur Abstrak. 5(1), 177–186. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Nuraini, R. (2020). Kasus Covid-19 Pertama, Masyarakat Jangan Panik. Indonesia.Go.Id. https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/kasus-covid-19-pertama-masyarakat-jangan-panik

Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase ( Covid-19 ) Terhadap. 6(1), 39–49.

Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.196

Oktaviani, S., Yanzi, H., & Pitoewas, B. (2017). Peranan Orang Tua Terhadap Upaya Perlindungan Kesehatan Reproduksi Di Desa Margoyoso Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus Lampung. In Skripsi. Universitas Lampung.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 1994 Tentang Penyelenggaraan Pembangunan Keluarga Sejahtera, Pub. L. No. 21 (1994).

Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah Di Tk Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1.

Pramudyani, A. V. R. (2014). Peran orang tua sebagai guru pertama bagi anak usia dini. Jurnal Anak Usia Dini Edu, 1(2), 160–173. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2686

Prasetyono, D. S. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Think Jogjakarta.

Pratiwi, M. R., Mukaromah, & Herdiningsih, W. (2018). Peran Pengawasan Orangtua Pada Anak Pengguna Media Sosial. 22(1), 37–57. https://doi.org/https://doi.org/10.46426/jp2kp.v22i1.73

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, (2003).

Puspitawati, H. (2013). Konsep dan Teori Keluarga. Gender Dan Keluarga, 4(Zeitlin 1995), 1–16. https://doi.org/10.1249/01.mss.0000074580.79648.9d

Puspitawati, H. (2018). Ekologi Keluarga: Konsep dan Lingkungan (1st ed.). IPB Press.

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1). https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037

Rompas, Y. (2018). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Sekolah Di Sd Inpres Talikuran Kecamatan Kawangkoan Utara. JURNAL KEPERAWATAN.

Rosdiana, A. (2006). Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini: Survei Pada Kelompok Bermain Di Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah VISI, 1(2), 62–72. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.0102.10

Sanders, M. R. (2008). Triple P-Positive Parenting Program as a Public Health Approach to Strengthening Parenting. Journal of Family Psychology. https://doi.org/10.1037/0893-3200.22.3.506

Seay, A., Freysteinson, W. M., & McFarlane, J. (2014). Positive Parenting. Nursing Forum. https://doi.org/10.1111/nuf.12093

Sofyan, I. (2019). Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam Keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241

Taubah, M. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam Mufatihatut Taubah (Dosen STAIN Kudus Prodi PAI). JUrnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 109–136. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.109-136

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, Pub. L. No. 35 (2014).

UNICEF. (2020). Kiat Pengasuhan di Tengah Wabah Virus Corona (COVID-19). Unicef.Org. https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/kiat-pengasuhan-COVID-19#top

WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Advocacy. Www.Who.Int. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/healthy-parenting

worldometers.info. (2020). COVID-19 Coronavirus Pandemic. Www.Worldometers.Info. https://www.worldometers.info/coronavirus/#page-top

Yin, R. . (2003). Case Study Research: Design and Methods. 3rd Edition, Sage, Thousand Oaks. Open Journal of Social Sciences.

Yulianti, T. R. (2014). Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Pos PAUD Melati 13 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah). Jurnal EMPOWERMENT, 4(1), 11–24. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i1p11-24.569

Zahrok, S., & Suarmini, N. W. (2018). Peran Perempuan Dalam Keluarga. IPTEK Journal of Proceedings Series. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4422


Article Metrics

 Abstract Views : 28730 times
 PDF Downloaded : 6856 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.