Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak

Desmawati Roza(1Mail), Nurhafizah Nurhafizah(2), Yaswinda Yaswinda(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Desmawati Roza

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-11-16
Published : 2019-11-26

Abstract


Anak secara hukum berhak mendapatkan perlindungan, namun dalam kenyataannya hak-hak anak masih belum terlindungi dan terpenuhi secara optimal terutama di lembaga PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya profesionalisme guru PAUD dalam penyelenggaraan perlindungan anak berdasarkan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014. Hasil penelitian ditemukan bahwa Profesionalisme Guru anak usia dini sangat penting dalam penyelenggaraan Perlindungan Anak karena sebagian besar kasus perlidungan anak terjadi dalam lembaga pendidikan.


Keywords


profesionalisme guru; perlindungan; anak usia dini

References


Anhusadar, L. O., & Islamiyah. (2019). Taman Layak Anak Usia Dini di Kota Kendari. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 117–126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Díaz-maggioli, G. (2006). Professional Development Calendar. In E. Yermoli (Ed.), Healthcare Executive (Vol. 21). United States of Ameica: The Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).

Faried, F. S. (2017). Optimalisasi Perlindungan Anak melalui Penetapan Hukuman Kebiri. Jurnal Serambi Hukum Vol. 11 No. 01 Februari - Juli 2017, 11(01), 41–55.

Febrialismanto, F. (2017). Analisis Kompetensi Profesional Guru PGPAUD Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 121–136. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17700

Fitriani, R. (2016). Anak dalam Melindungi dan Memenuhi Hak-hak Anak. Hukum, Jurnal Keadilan, Samudra, 11(2), 250–258.

Indonesia, R. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Republik Indonesia.

Indonesia, R. (2014). Undang-undang Perlindungan Anak No. 35.

Isnaningsih, A., & Rohman, A. (2019). Participation of Mothers Who Work in Religious Activities Towards Child Behavior. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 199. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.157

Kobaa, H. (2018). Pengaruh Sertifikasi dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru di Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan. Pendidikan Islam Al-Ilmi, 1(2), 21–25.

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana:Jakarta.

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Muda, T. F. M. B. T., & Alwi, E. A. Z. B. E. (2012). Care and protection against child abuse: With special reference to Malaysia child act 2001. Asian Social Science, 8(1), 202–208. https://doi.org/10.5539/ass.v8n1p202

Mufidah, L. I. (2019). Tantangan Profesionalisme Guru pada Era Globalisasi. Lentera, 18(2), 174–186.

Nurkholis, M. A., & Badawi. (2019). Profesionalisme Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Madiun 12 Januari 2019, 491–498.

Pulunggono, W., & Chalim, M. A. (2017). Kebijakan Perlindungan Hukum terhadap Anak Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga dengan Kontribusi Upaya Pembaharuan Hukum Pidana Nasional. Jurnal Hukum Khaira Ummah, 12(2), 377–386.

Sujiono. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. In PT Indeks. https://doi.org/10.1007/978-981-10-4151-8_4

Suryana, D. (2013a). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang. UNP Press:Padang.

Suryana, D. (2013b). Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Peraturan Menteri N0. 58 Tahun 2009. PEDAGOGI Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 40–46.

Waspodo, M. (2012). Pengembangan Profesional Berkelanjutan bagi Guru PAUD. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 7(1), 77–81.

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Yuslam, Y., Setiani, R. E., & Sari, A. K. (2017). Studi Tentang Kompetensi Guru PAUD Berkualifikasi Akademik Sarjana PG-PAUD Dan NonPG-PAUD di PAUD Istiqomah Sambas Purbalingga. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 151. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-04


Article Metrics

 Abstract Views : 303 times
 PDF Downloaded : 347 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.