Bagaimana Kompetensi Profesional Guru RA Ditinjau dari Kualifikasi Sesuai Regulasi di Kota Tasikmalaya?

Author


Elan Elan(1Mail), Taopik Rahman(2), Elfana Dewi(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 336KB]  Language: id
Published : 2022-07-20
Copyright (c) 2022 elfana dewi, elan elan, taopik rahman

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 170 times PDF Downloaded: 54 times

Abstract


Kompetensi profesional menjadi suatu syarat yang harus dipenuhi oleh guru serta menjadi modal utama dalam meningkatkan kualitas guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi profesional guru Raudhatul Athfal (RA) ditinjau dari kualifikasi sesuai regulasi di Kota Tasikmalaya. Penelitian deskriptif kuantitatif ini dilakukan melalui kuesioner dengan 20 sampel guru RA menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian menggunakan persentase dibantu program IMB SPSS versi 24.0 for Windows. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa masih terdapat guru RA yang belum menguasai aspek mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Dalam hal ini kompetensi profesional perlu dimiliki oleh guru untuk membentuk guru yang berkualitas dalam mencetak pendidikan yang bermutu.


Keywords


kompetensi profesional; guru raudhatul athfal; kualifikasi akademik.

References


Apiyani, A., Supriani, Y., Kuswandi, S., & Arifudin, O. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499-504. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.443

Apriani, D. R. (2019). Kompetensi Profesional Guru Di Bustanul Athfal ' Aisyiyah Cabang Bobotsari kabupaten purbalingga. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22

Asyari, S. (2016). Guru Pedesaan: Mengembangkan Keprofesionalan Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Lembaran Ilmu Kependidikan, 45(2), 63-68.

Chatib, M. (2011). Gurunya Manusia; Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Mizan Pustaka.

Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan etika profesi guru. Alfabeta.

Diah, M., & Nazidah, P. (2022). Problematika Linieritas dan Pemenuhan Kualifikasi Akademik Guru dalam Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6, 2043-2051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1373

Fauziddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162-169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Febrialismanto. (2017). Analisis Kompetensi Profesional Guru PGPAUD Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 121-136.
https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17700

Habsyi, I. (2020). Masa Depan Guru Kemampuan Kreatif dalam Kompetensi. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK), 2(1), 46-62.

Handayani, O. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 93-102. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.522

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Mendiknas RI.

Indonesia, R. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas.

Ismail, M. I. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4

Ita, E. (2020). Pengembangan Profesionalitas Guru Pendidikan Anak Usia Dini ( Studi Pada Taman Kanak-kanak Ade Irma Mataloko Kabupaten Ngada). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 07(1), 62-74. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.66

Komara, E. (2014). Belajar dan pembelajaran interaktif. Refika Aditama.

Kunandar. (2007). Guru profesional: implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi sertifikasi guru. RajaGrafindo Persada.

Lafendry, F., Tinggi, S., Islam, A., Akhwan, M., & Islam, J. P. (2020). Kualifikasi dan kompetensi guru dalam dunia pendidikan. Tarbawi, 3, 1-16.

Laili, N. N., & Maulidiyah, E. C. (2021). Kompetensi Profesional Guru Taman Kanak-kanak pada Masa Pandemi Covid-19 Professional Competence Of Kindergarten Teachers during Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Pesona Paud, 8(1).

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Mardapi, D. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Parama Publishing.

Marienda, W., Zainuddin, M., & Hidayat, E. N. (2015). Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 147-156. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13271

Muhammedi. (2017). Peran Raudhatul Athfal (RA) Dalam Membina Generasi Islam Yang Berkarakter. Raudhah, 5(1), 1-20.

Mulyawan, B. (2012). Pengaruh Pengalaman dalam Pelatihan terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Undiksha, 11, 45-65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/453

Novitasari, D., & Fitria, N. (2021). Gambaran Kompetensi Profesional Guru Paud Mangga Paninggilan Ciledug. Jurnal AUDH, 3(2). https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.595

Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Menyiapkan Pembelajaran yang Bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 10, 553-565. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535

Payong, Marselus, R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru, Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Indeks Permata Puri Media.

Permendikbud RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Permendikbud.

Salamah, U. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kualifikasi Dan Kompetensi Akademik Umi. Evaluasi, 3(1), 61-73. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i1.230

Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900-912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Sum, T. A., Graciela, E., & Taran, M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543-550. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Supriadi, O. (2021). Peranan Kepala PAUD dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 841-856. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.727

Tari, E. (2020). Kualifikasi Guru berdasarkan 1 Tesalonika 2 : 7-12 Abstrak. Khazanah Theologia, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.15575/kt.v2i1.6745

Uzlah, U., & Suryana, D. (2022). Kompetensi Guru PAUD Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3921-3930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2177

Yani, A., & Jazariyah. (2021). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503

Zubaidi, M. (2020). Profesionalisme Guru dan Efektivitas Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1060-1067. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505

Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah. (2021). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14-25. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491


Refbacks

  • There are currently no refbacks.