Pengembangan Instrumen Elektronik Supervisi Akademik Berbasis Spreadsheet untuk Jenjang TK

Author


Salisa br Sembiring(1Mail), Mozes Kurniawan(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristem Satya Wacana, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristem Satya Wacana, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 573KB]  Language: id
Published : 2022-07-25
Copyright (c) 2022 Salisa br Sembiring

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 146 times PDF Downloaded: 96 times

Abstract


Kendala supervisi menggunakan instrumen cetak membutuhkan waktu yang lama. Instrumen supervisi dalam bentuk elektronik akan lebih efisien, efektif dan memudahkan kepala sekolah untuk mendapatkan pelaporan karena terdapat kejelasan, kemudahan, formula-formula perhitungan yang secara otomatis menghitung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen elektronik supervisi akademik berbasis spreadsheet untuk jenjang Taman Kanak-Kanak. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini kepala sekolah TK Xaverius Marsudirini 78 Salatiga. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan pengisian angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, uji validitas konten instrumen supervisi termasuk dalam kategori “sangat sesuai” dan uji validitas instrumen elektronik supervisi termasuk dalam kategori “sangat sesuai”. Dari hasil uji validasi tersebut jadilah sebuah hasil pengembangan instrumen elektronik supervisi akademik berbasis spreadsheet untuk jenjang Taman Kanak-Kanak yang dapat digunakan oleh kepala sekolah. Hal ini juga membuka peluang untuk penelitian lanjutan yaitu tahap uji coba produk


Keywords


supervisi akademik; pengembangan instrumen elektronik supervisi akademik; spreadsheet

References


Alam, A. M. R. N. (2022). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Sengkang. Eprints Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23514

Bagus, A., Dwi, A., Indah, R., Lia, S., Cahyo, W., & Rasyad, A. (2021). Problematika Kualitas Pendidik dan Pengelola Lembaga PAUD. Seminar Nasional Peta Jalan Pendidikan Dan Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, 85-93.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Panduan Supervisi Akademik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.

Dwikurnaningsih, Y. (2018). Supervisi Akademik Melalui Pendekatan Kolaboratif Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SD. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 34(2), 101-111. https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i2.p101-111

Elihami, H. H. E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal Dan Non Formal. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1). https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/504

Fitria, Y. maisul. (2019). Permasalahan Dalam Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Terkait Sumber Daya Guru Di Sekolah. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/86trj

Handayani, I., Kusumahati, H., & Badriah, A. N. (2017). Pemanfaatan Google Spreadsheet Sebagai Media Pembuatan Dashboard pada Official Site iFacility di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Sisfotenika, 7(2). https://doi.org/10.30700/jst.v7i2.155

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kependidikan, D. J. G. dan T., & Menengah, D. P. T. K. P. D. dan. (2017). Panduan Kerja Kepala Sekolah. Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kurniawan, M. (2016). Developing Teacher Professionalism: a Study on Senior To Junior Supervision. Satya Widya, 32(1), 29. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p29-40

Pulheria Meo Meka. (2020). Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun rencana Pelaksanaan Pembelajaran harian di TK/Paud se-gugus 3 Bajawa, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. IMEDTECH, 4(2). https://doi.org/10.38048/imedtech.v4i2.228

Rahayu, A. T. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Belajar Dari Rumah Melalui Supervisi Akademik Berbasis Aplikasi Google Spreadsheet. Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA, 2(20). https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i3.400

Rahayu, S. W. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Semangat Supervisi Para Pendidik Baru Sebagai Alternatif Memajukan Kualitas Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 352-358. https://doi.org/10.17977/um027v3i42020p352

Riandian, A., Saepudin, A., & Lisnawati, L. (2021). Pelaksanaan Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di Madrasah Tsanawiyah Di Jawa Barat. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 85-96. https://doi.org/10.21009/PIP.351.9

Sanoto, H. (2021). Model Manajemen Supervisi Akademik Bagi Guru Sd Di Daerah Perbatasan (Studi Di Kecamatan Darit-Kabupaten Landak). Satya Widya, 36(1), 77-80. https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/4233

Santoso, A., Paud, P., & Pendidikan, D. (2021). Meningkatkan Kemampuan Guru TK Dalam Menyusun RPPH Melalui Kegiatan Akademik Dan Pendampingan. Jurnal Global Edukasi, 5(1), 7-14.

Saputri, L. D. (2022). Pengenalan Surat Keluar Berbasis Google Application Pada Dinas Sosial Kota Surabaya. Repositori Universitas Dinamika. http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6232

Sa’diyah, K., Suharti, P. H., Hidayati, M. D., & Iswara, M. A. I. (2021). Pendampingan Sistem Pengelolaan Keuangan Berbasis Spreadsheet Bagi Guru Mi Darussalam Jatiguwi. PEDULI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 111–119.

Senny, M. H., Wijayaningsih, L., & Kurniawan, M. (2018). Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen PAUD di Kecamatan Sidorejo Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 197-209. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p197-209

Siti Hasri Ainun, Ansar, S. M. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Eprints Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23505

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (19th ed.). Alfabeta, CV.

Warmansyah, J. (2020). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak Dimasa Pandemi Covid 19. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(2), 175-188. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i2.1695

Wening, M. H., & Santosa, A. B. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Era Digital 4.0. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 56. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3537

Yussanti, D. W., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Supervisi Manajerial Kepala Sekolah PAUD Berbasis Website. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 217-230. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p217-230


Refbacks

  • There are currently no refbacks.