Abstract


Kendala supervisi menggunakan instrumen cetak membutuhkan waktu yang lama. Instrumen supervisi dalam bentuk elektronik akan lebih efisien, efektif dan memudahkan kepala sekolah untuk mendapatkan pelaporan karena terdapat kejelasan, kemudahan, formula-formula perhitungan yang secara otomatis menghitung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen elektronik supervisi akademik berbasis spreadsheet untuk jenjang Taman Kanak-Kanak. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini kepala sekolah TK Xaverius Marsudirini 78 Salatiga. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan pengisian angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, uji validitas konten instrumen supervisi termasuk dalam kategori “sangat sesuai” dan uji validitas instrumen elektronik supervisi termasuk dalam kategori “sangat sesuai”. Dari hasil uji validasi tersebut jadilah sebuah hasil pengembangan instrumen elektronik supervisi akademik berbasis spreadsheet untuk jenjang Taman Kanak-Kanak yang dapat digunakan oleh kepala sekolah. Hal ini juga membuka peluang untuk penelitian lanjutan yaitu tahap uji coba produk


Keywords


supervisi akademik; pengembangan instrumen elektronik supervisi akademik; spreadsheet