Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan

Author


Anita Oktaviana(1Mail), Marhumah Marhumah(2), Erni Munastiwi(3), Na’imah Na’imah(4),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 210KB]  Language: id
Published : 2022-08-04
Copyright (c) 2022 Anita Oktaviana

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 118 times PDF Downloaded: 44 times

Abstract


Kemerosotan akhlak pada suatu generasi disebabkan karena kurang tertanamnya jiwa keagamaan pada diri seseorang. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi dan memberi dampak negatif pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendidik dalam menerapkan pendidikan akhlak anak usia dini melalui metode pembiasaan. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahapan yakni reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidik mempunyai peran yang sangat penting dalam menerapkan pendidikan akhlak anak usia dini, karena dengan tertanamnya jiwa keagamaan pada diri seseorang dapat menghindarkan seseorang tersebut dari perbuatan yang kurang baik. Selain itu, dampak dari diterapkannya pendidikan akhlak yang baik dapat melahirkan insan akademis Indonesia yang berakhlak mulia, berkarakter jujur, bertanggung jawab, serta disiplin.


Keywords


peran pendidik; pendidikan akhlak; metode pembiasaan

References


Abdilah, O. F. (2015). Metode Pembiasaan dalam Pendidikan Akhlak di MI Bustanussibyan Tipar Kec. Paguyangan Kab. Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016. Repository IAIN Purwokerto.

Ambarsari, E., Syukri, M., & Miranda, D. (2014). Peningkatan kemandirian anak melalui metode pembiasaan usia 4- 5 tahun di taman kanak kanak mujahidin. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(9), 1-13. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6189

Anwar, K. (2018). Peran guru dalam pembinaan akhlak anak usia dini terhadap kegiatan keagamaan. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) palu. Repository IAIN Palu.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Sulthoni, M. (2015). Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dini (3 Sampai 6 Tahun) Di Lingkungan Keluarga Menurut Imam Alghazali. Repository Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam Di Indoesia. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(11), 59-72.

Dewi, M. S. (2017). Proses pembiasaan dan peran orang terdekat anak sebagai upaya penanaman nilai agama dan moral pada anak usia dini. SELING : Jurnal Program Studi PGRA, 3(1), 84-98.

Haji, I. P. (2018). Pola Asuh Orang Tua dalam Menumbuhkan Akidah pada Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 30. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i2.55

Khoirunnisa, A. (2017). Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Metode Pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 9(2). https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0902-08

Kurniawan, F. (2018). Pola Pembiasaan Orang Tua Mendidik Anak Membaca Al-Qur' dalam Rumah Tangga Di Perumahan Bukit Dewa Residen Rt 03 Rw 01 Kelurahan Sumur Dewa Kecamatan Selear Kota Bengkulu. Al-Bahtsu, 3(2).

Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Taklim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1).

Masrifah, R. (2021). Peran Orang Tua Dan Lembaga Paud Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Akhlak Berbasis Kepesantrenan Bagi Anak Di Masa Awal Usia Sekolah. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 4(2), 30-41. https://doi.org/10.47945/transformasi.v4i2.396

Mulyati, M. (2010). Penggunaan Alat Permainan Edukatif: Upaya Membantu Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal edukatif, 6, 65-72).

Oktaviana, A., & Munastiwi, E. (2021). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Kegiatan Bermain Anak Usia Dini Dimasa Pendemi Covid-19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(2), 435-445. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v2i1.514

Rohendi, E. (2018). Mengembangkan Sikap Dan Perilaku Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Berbasis Karakter. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10318

Safrizal, S., Yulia, R., & Suryana, D. (2021). Difficulties of Implementing Online Learning in Kindergarten During the Covid-19 Pandemic Outbreak: Teacher's Perspective Review. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(3), 406. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i3.34974

Suhartono, & Latifah, N. (2019). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. AT-TUROTS: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.51468/at-turots.v1i1.4

Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 49-60. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58

Zamroni, A. (2017). Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(2), 241. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544


Refbacks

  • There are currently no refbacks.