Analisis Penggunaan Bahan Sisa pada Pembelajaran Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini

Author


Winnuly Winnuly(1Mail), Joko Pamungkas(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 408KB]

Published : 2022-06-18

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1008 times PDF Downloaded: 600 times

Abstract


Pembelajaran Kreativitas Seni Rupa anak usia dini mengharuskan pendidik untuk dapat mendesain pembelajaran dengan memanfaatkan media/bahan sebagai sarana penyalur pembelajaran agar lebih menarik serta menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bahan sisa pada pembelajaran kreativitas seni rupa anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan pengamatan aktivitas untuk memperoleh data fakta serta menganalisisnya dengan tepat. Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, verivikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa bahan sisa dapat menjadi media yang efektif serta ekonomis yang mampu menarik perhatian dalam pembelajaran kreativitas seni rupa pada anak usia dini. Dampak penggunaan bahan sisa menjadikan pembelajaran kreativitas seni rupa menjadi lebih menyenangkan, menciptakan lingkungan kelas yang tidak monoton, mendorong anak untuk aktif dalam pembelajaran serta anak dapat membuat sebuat karya seni rupa sesuai dengan ide dan imajinasi yang ada pada pikiran


Keywords


seni rupa; kreativitas; bahan sisa; pendidikan anak usia dini

References


Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216-231. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Affandi, M. & B. (2011). Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Dengan Memasukkan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Alfabeta.

Andrianto, D. (2011). Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan Nasional, 1-22.

Angraini, Khairi. (2012). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Bahan Sisa Kardus Bekas Taman Kanak- Kanak Padang. 1(1), 0-9.

Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. In Ciptapustaka Media.

Citrowati, Endang., Mayar, F. (2019). Strategi Pengembangan Bakat Seni Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1207-1211.

Destiani, A., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli, D. (2016). Upaya Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Siswa Melalui Teknik Pencetakan Dengan Bantuan Media Asli. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 7-14.

Elvida. (2012). Peningkatan Kreativitas Anak Dengan Menggunakan Bahan Sisa Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 2 Duri. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(4), 1-33.

Farida, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud. Wacana Didaktika, 5(02), 189-200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.02.189-200

Garvis, S., & Twigg, D. (2010). Exploring Art in Early Childhood Education. The International Journal of the Arts in Society: Annual Review, 5(2), 193-204. https://doi.org/10.18848/1833-1866/CGP/v05i02/35830

Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1035-1044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521

Hayati, M., Lestari, M. D. W., & Rahayuni, C. (2019). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak se-Ciputat. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 175-182. https://doi.org/10.51529/ijiece.v4i2.138

Michalopoulou, A. (2014). Creativity Expressed through Drawings in Early Childhood Education. International Journal of Education, 6(2), 69. https://doi.org/10.5296/ije.v6i2.5328

Moleong, L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda.

Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena Jurnal Penelitian, IV(14), 66.

Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan dan Prosedur. Ittihad, 1(2), 185-195.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. Nizmania Learning Center.

Nurhafizah. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan sisa. Jurnal Pendidikan, 2(2), 1-10. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418

Putri, I. & Z. (2020). Penggunaan Media Bahan Sisa Sendal Kotak Susu Untuk Perkembangan Kreativitas Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1-12.

Rusydiyah, Efi, F. (2020). Media Pembelajaran Problem based learning. In UIN Sunan Ampel Press (1st ed.). UIN Sunan Ampel Press.

Santrock, John, W, . (2007). Perkembangan Anak (Kesebelas). Jakarta : Erlangga.

Sari, M., Ardipal, & Wirman, B. (2020). Development of Early Childhood Creativity Through Fine Arts Education. 504(ICoIE), 81-86. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.197

Sit, Masganti, dkk. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Teori Dan Praktik). Perdana Publishing.

Solfiah, Y., & Indarto, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Sisa Terhadap Kemampuan Statistik Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Labor Fkip Universitas Riau. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 6(2), 153-159.

Sridayanty, P. A. (2020). Pemanfaatan Bahan Sisa Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di TK Islam Khaira Ummah. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 39-48.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sujiono, Yuliani, Nurani.,; Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Indeks.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Depdiknas

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogia.

Winnuly. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Kelompok A Tk Dharma Wanita Desa Patihan Kecamatan Widang Kabupaten Tuban. PAUD Teratai, 2(2), 1-7.

Yetti, Erlinda, . Dkk. (2019). Pengembangan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. LPP - Mitra Edukasi.

Zahro, Ifat, F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92-111.

Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656


Refbacks

  • There are currently no refbacks.