- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873Keywords:
efektivitasl, pembelajaran e-learning, guru paud, pandemic covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan pembelajaran e-learning pada guru PAUD selama pandemic Covid-19. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 40 orang guru PAUD. Penelitian ini dilakukan selama 5 minggu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pretest, posttest dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji Paired T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran E-Learning yang di lakukan oleh guru PAUD selama pandemic Covid-19 tidak efektif karena banyaknya guru mengalami kendala dalam segi pelaksanaan dan segi prasarana.Downloads
References
Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Alchamdani, A., Fatmasari, F., Rahmadani Anugrah, E., Putri Sari, N., Putri, F., & Astina, A. (2020). The Impact of Covid19 Pandemic on Online Learning Process in the College at Southeast Sulawesi. JURNAL KESEHATAN LINGKUNGAN, 12(1si), 129. https://doi.org/10.20473/jkl.v12i1si.2020.129-136
Anhusadar, L. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Budiaman, B. (2017). Analisis Faktor‐Faktor Kesulitan Penerapan E‐Learning Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Sejarah Lontar, 7(2), 50. https://doi.org/10.21009/lontar.072.05
Daulae, T. H. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Forum Pedagogik, 06(02), 545.
Ferdiana, S. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Daring pada Program Studi S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Indonesian Journal of Science Learning, 1(1), 5–12.
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika : Kajian Kualiatatif Deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51.
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671
Levine, L. E., & Munsch, J. (2016). Child Development From Infacy to Adolescence. SAGE Publications Inc.
Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200
Muhdi, Nurkolis, & Yuliejantiningsih, Y. (2020). The Implementation of Online Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 247–261. https://doi.org/10.21009/jpud.142.04
Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478
Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535
Panyajamorn, T., Suanmali, S., Kohda, Y., Chongphaisal, P., & Supnithi, T. (2018). Effectiveness of E-Learning Design in Thai Public Schools. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 15(1), 1–34.
Permendikbud RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. In Produk Hukum. http://www.kopertis12.or.id/wp-content/uploads/2014/06/permen_tahun2014_nomor049.pdf
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Pusdiklat. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). In Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2019). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Corona. BIODIK: Jurnal Imiah Pendidikan Biologi, 6(2), 187–192. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Singh, A. (2018). Facebook, WhatsApp, and Twitter: Journey towards Education. SOSHUM : Jurnal Sosial dan Humaniora, 8(2), 139–149. https://doi.org/10.31940/soshum.v8i2.987
So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. Internet and Higher Education, 31, 32–42. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2016.06.001
Suhartanto, H. (2012). SURVEI 2009: MUTU SITUS E-LEARNING SEKOLAH INDONESIA MASIH SANGAT MINIM. Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 80. https://doi.org/10.21609/jsi.v6i1.280
Utomo, S. W., & Ubaidillah, M. (2018). Pemanfaatan aplikasi whatsapp pada pembelajaran berbasis masalah untuk mata kuliah akuntansi internasional di universitas pgri madiun. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 199–211. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p199--211
Wang, Q., Zhu, Z., Chen, L., & Yan, H. (2009). E-learning in China. In Campus-Wide Information Systems (Vol. 26, Nomor 2, hal. 77–81). https://doi.org/10.1108/10650740910946783
Widiastuti, Y. K. W., Rasmani, U. E. E., & Wahyuningsih, S. (2020). Mengkaji Penerapan E-Learning pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1240–1247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.752
Winter, J., Cotton, D., Gavin, J., & Yorke, J. D. (2010). Effective e-learning? Multi-tasking, distractions and boundary management by graduate students in an online environment. ALT-J: Research in Learning Technology, 18(1), 71–83. https://doi.org/10.1080/09687761003657598