Efektivitas Permainan Detumbar (Dengarkan, Temukan gambar) terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini

(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia

Copyright (c) 2020 Tri Yuli Ayuningtyas, Lanny Wijayaningsih
DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724
Download Full Text:

Received : 2020-08-21 | Published : 2020-08-25
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan Detumbar terhadap minat belajar anak usia dini di TK Realfun Rainbow Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pra-eksperimen menggunakan satu kelompok pretest-posttest dengan subjek penelitian berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi dengan instrumen penilitian berupa catatan anekdot. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t Paired Sample Test. Penerapan pembelajaran di beberapa kelas sentra terkesan membosankan bagi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Detumbar efektif terhadap minat belajar anak TK Tingkat A di Realfun Rainbow, yaitu sebanyak 61,5% dari 13 anak di kelas TK Tingkat A mengalami peningkatan terhadap minat belajar. Kebaruan dalam penelitian ini adalah cara bermain permainan Detumbar. Permainan Detumbar berdampak positif terhadap minat belajar anak TK Tingkat A di Realfun Rainbow.
Keywords
References
Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menrngah Atas (SMA) Swasta Salatiga. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1377
Astriya, B. R. I., & Kuntoro, S. A. (2015). Pengembangan Kreativitas dan Minat Belajar Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Permainan Konstruktif. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 131. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6329
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Fauziddin, M. (2016). Pembelajaran Agama Islam Melaui Bermain Pada Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.37
Fithri, R., & Pradipta, R. (2017). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Perekembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cemara Indah Kota Pekan Baru. PAUD Lectura : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 58–71. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i1.504
Gunawan, O., Lestari Suharso, P., & Pepen Daengsari, D. (2018). Program Mendengar Aktif untuk Ayah dengan Anak Usia 4 Hingga 6 Tahun. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 10(2), 115–132. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol10.iss2.art4
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Kembuan, E. M., & Irwansyah, I. (2019). Peran Teknologi Audio-Visual dalam Pengembangan Pembelajaran Anak di Sekolah Dasar Karya Anak Bangsa di Manado [The Role of Technology and Audio-Visual Media in Learning Development at Anak Bangsa Elementary School, Manado]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(1), 73. https://doi.org/10.19166/pji.v15i1.1311
Margaretha, L., & Pura, D. N. (2019). Pengembangan Model Media Audio-Visual untuk Meningkatkannilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Kota Bengkulu. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 167. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9060
Munawir, A. S. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Pembelajaran Di Luar Kelas Pada Anak Kelompok A TK Joyful Kids Palu. ECIJ, 1(2), 38–44. https://doi.org/10.31934/eceij.v1i2.514
Nasution, R. H., Hapidin, H., & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411
Purba, N., & Larosa, M. (2016). Meningkatkan Minat Belajar Anak Dengan Menggunakan Teknik Kolase Dari Bahan Plastik Bekas Jajanan Di TK Negeri 1 Pembina Gunungsitoli Selatan T.P. 2014/2015. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 1–28. https://doi.org/10.21009/JPUD.101.01
Puspa Putri, D. A. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Technologia: Jurnal Ilmiah, 10(3), 156. https://doi.org/10.31602/tji.v10i3.2230
Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418
Soesilo, T. D. (2015). Penelitian Eksperimen. Griya Media.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. ALFABET.
Sunanti, S., Agustin, M., & Kurniati, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Permainan Tradisional Galahbandung Terhadap Kecerdasan Bodili-Kinesthetic Anak Usia Dini. Edukid, 13(2). https://doi.org/10.17509/edukid.v13i2.16922
Ubaidillah, U. (2020). Pengembangan Minat Belajar Kognitif Pada Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 3(1), 41. https://doi.org/10.30736/jce.v2i2.66
Wirsa, K., & Saridewi. (2020). Studi Deskriptif Pengaruh Metode Bercerita Bilingual Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 71–76. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-04
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Zeptyani, P. A. D., & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.24740
Article Metrics


This article can be traced from:
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.