Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan Detumbar terhadap minat belajar anak usia dini di TK Realfun Rainbow Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pra-eksperimen menggunakan satu kelompok pretest-posttest dengan subjek penelitian berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi dengan instrumen penilitian berupa catatan anekdot. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t Paired Sample Test. Penerapan pembelajaran di beberapa kelas sentra terkesan membosankan bagi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Detumbar efektif terhadap minat belajar anak TK Tingkat A di Realfun Rainbow, yaitu sebanyak 61,5% dari 13 anak di kelas TK Tingkat A mengalami peningkatan terhadap minat belajar. Kebaruan dalam penelitian ini adalah cara bermain permainan Detumbar. Permainan Detumbar berdampak positif terhadap minat belajar anak TK Tingkat A di Realfun Rainbow.


Keywords


minat belajar; media audio visual; permainan detumbar