Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Intensitas Penggunaan Gawai pada Anak Usia Dini

Kadek Hengki Primayana(1Mail), Putu Yulia Angga Dewi(2),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Kadek Hengki Primayana, Putu Yulia Angga Dewi

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.697

Download Full Text:   [File Size  : 392KB]  Language : ID
Received : 2020-08-02  |  Published : 2020-08-11

Abstract


Pola asuh orang tua terhadap anaknya mendasari penggunaan gawai. Orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis memberikan gawai sejak dini pada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dan intensitas penggunaan gawai. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode korelasi dan ex post facto. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dan untuk menguji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil perhitungan penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (0,471>0,179). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara pola asuh demokratis dan intensitas penggunaan gawai oleh anak. Orang tua akan lebih lebih kreatif dalam mengasuh anak serta memberikan waktu pendampingan anak dalam bermain. Gawai memang dibutuhkan untuk sarana komunikasi namun perlu diatur intensitas penggunaanya.


Keywords


pola asuh; gadget; teknologi; anak usia dini

References


Al-Ayouby, M. H. (2017). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi di PAUD dan TK. Handayani Bandar Lampung). http://digilib.unila.ac.id/27131/

Alia, T., & Irwansyah, I. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital [Parent Mentoring of Young Children in the Use of Digital Technology]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 65–78. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.639

Amaliah, S., & Setyowati, S. (2019). Persepsi Orang Tua Terhadap Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini Di Tk Lab School Unesa Ketintang Surabaya. PAUD Teratai, 8(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/27946

Annisa, A., Marlina, S., & Zulminiati, Z. (2019). Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang Dampak Smartphone Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Di Kelompok Bermain Gugus I Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 59–66. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.4.1.59-66

Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330

Delima, R., Arianti, N. K., & Pramudyawardani, B. (2015). Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Aplikasi Permainan Edukasi Bagi Anak Usia 4 sampai 6 Tahun. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.28932/jutisi.v1i1.569

Fadzil, N. M., Abdullah, M. Y., & Salleh, M. A. M. (2016). The Level Of Tolerance Sanctioning Children Using Gawais By Parents Lead To Nomophobia: Early Age Gawais Exposure. International Journal of Arts & Sciences, 9(2), 615. http://www.universitypublications.net/ijas/0902/html/V6Z285.xml

Machmud, K. (2018). The Smartphone Use In Indonesian Schools: The High School Students’ Perspectives. Journal of Arts and Humanities, 7(3), 33–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18533/journal.v7i3.1354

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 5(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/17261

Nurhaeda, N. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Dalam Pan-Dangan Islam Di Paud Terpadu Mutiara Hati Palu. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 1(2), 70–78. https://doi.org/10.31934/eceij.v1i2.518

Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191–205. https://doi.org/https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

Sujianti, S. (2018). Hubungan Lama Dan Frekuensi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di Tk Islam Al Irsyad 01 Cilacap. Jurnal Kebidanan, 8(1), 54–65. https://doi.org/https://doi.org/10.31983/jkb.v8i1.3735

Suryameng, S. (2019). Pendampingan Dialogis Orangtua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 40–49. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpaud.v2i2.764

Tirtayani, L. A., Magta, M., & Lestari, N. G. A. M. Y. (2017). Teacher Friendly E-Flashcard: A Development Of Bilingual Learning Media For Young Learners. Journal of Education Technology, 1(1), 18–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i1.10080

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital Di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254–264. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127

Zubaidah, Z. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto, Banyumanik. http://eprints.undip.ac.id/55141/

Zulfitria, Z. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 1(2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/2502


Article Metrics

 Abstract Views : 87 times
 PDF Downloaded : 33 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.