
Author
Dwi Lasni(1

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Published : 2025-03-07
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 0 times
PDF Downloaded: 0 times
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) dan pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas III SD. Secara spesifik, penelitian ini mengkaji pengaruh masing-masing model pembelajaran terhadap kedua variabel tersebut serta membandingkan efektivitasnya. Kebaruan penelitian ini terletak pada penerapan PBL dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar, yang masih jarang diterapkan. Dengan desain quasi-experiment, penelitian ini melibatkan siswa kelas III SDIT Sinar Fajar sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan dianalisis menggunakan uji komparatif. Hasil uji t menunjukkan bahwa PBL memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori (t = 6,203, p = 0,000 < 0,05). Selain itu, meskipun pembelajaran ekspositori juga berpengaruh terhadap kedua aspek tersebut, PBL menunjukkan hasil yang lebih baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa PBL dapat menjadi pendekatan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Keywords
References
Adiilah, I. I., & Haryanti, Y. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 49–56. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.306
Agustina, N. I. M., Mudzanatun, M., & Patonah, S. (2023). Analisis Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dan Kompetensi Sosial Emosional SDN Gadjahmungkur 04. As-Sabiqun, 5(3), 659–668. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i3.3225
Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3), 215824402093870. https://doi.org/10.1177/2158244020938702
Annisya, Y., & Suyanti, R. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan HOTS Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1178–1189. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1935
Apriani & Wangid. (2015). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Digital dalam Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(2), 533–558. https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i2.1280
Astuti, N. D., & Octaviani, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Teori Belajar Bruner. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 1–5.
Aufa, M. N., Iriani, R., Saadi, P., Hasbie, M., Fitri, M. A., & Yunita, A. (2020). Module Development with Problem Based Learning (PBL) Model Based on Environmental Wetland to Increase Students’ Learning Outcomes. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 5(2), 201. https://doi.org/10.20961/jkpk.v5i2.40451
Cahani, K., Nia, K., Effendi, S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari konsentrasi belajar pada materi statistika dasar. 4(1), 215–224. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.215-224
Darmawati & Mustadi. (2023). The Effect of Padlet-assisted Flipped Classroom Learning Model on Critical Thinking Ability. Asian Journal of Education and Social Studies, 50(4), 273–279. https://doi.org/10.9734/ajess/2024/v50i41329
Faisal, F., Simanungkalit, E., & Sembiring, M. (2021). Development of E-Module Based on Local Culture of North Sumatra in the Indonesian Language Skills and Literature Appreciation Elementary School Course. 1. https://doi.org/10.4108/eai.31-8-2021.2313761
Hamid, M. A., Aribowo, D., & Desmira, D. (2017). Development of learning modules of basic electronics-based problem solving in Vocational Secondary School. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(2), 149. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i2.12986
Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021). Strategi Menyusun Bahan Ajar Inovatif Berbasis Mobile Learning untuk Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Menulis di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 343–347. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Helmina Mauludiyah. (2022). Supervisi Klinis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Songgokerto Kota Batu tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 376–397.
Helmis, S., Selaras, G. H., Studi, P., Biologi, P., & Padang, U. N. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Tentang Materi Penggandaan Sel untuk Peserta Didik Fase F. 7, 15153–15164.
Hikmawati, H., Gunawan, G., Sahidu, H., & Kosim, K. (2021). Effect of Local Culture Based Learning in Science on Critical Thinking and Student Communication Skills. Journal of Science and Science Education, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.29303/jossed.v2i1.713
Isandespha, I. N., Universitas, P., Dahlan, A., & Yogyakarta, U. N. (2013). Jurnal Prima Edukasia, Volume I - Nomor 1, 2013. I, 70–84.
Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model Pbl Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713
Lumban, G. P., Khumaedi, M., & Masrukan. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 63–70.
Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85. https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098
Mufaridah, M., Santoso, S., & Madjdi, A. H. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas V SD Berbasis Kearifan Lokal untuk Pengenalan Budaya Sedan Rembang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 500. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28488
Nafiah, T., Yulia, Y., Muti’ah, T., & Havivah Cahyo Khosiyono, B. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasiuntuk Mengakomodir Kebutuhan Belajar Murid. Journal of Elementary Education SINTA, 8(2).
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Noviyanti, N., Yuniarti, Y., & Lestari, T. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 283-293. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Nur’aeni, I., Yunidar, Asrianti, & Pujiningtyas, A. (2021). Pendampingan Penyusunan Soal Berstandar HOTS (Higher Order Thinking Skill) Sebagai Upaya Mewujudkan Literasi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 44–50.
Nur Utami, K., & Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 14–25. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15492
Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047
Nurlatifah, S. C., Hodijah, S. R. N., & Nestiadi, A. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multimedia Dengan Menggunakan Flip PDF Professional Pada Tema Udara Yang Sehat. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 226–232. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.226-232
Nurzannati, C., & Mukhlis, M. (2022). Higher Order Thinking Skills pada Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa. Jurnal Sastra Indonesia, 11(3), 245–253. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i3.59592
Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22–30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662
Roni Hamdani, A., Dahlan, T., Indriani, R., & Ansor Karimah, A. (2022). Analisis Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 751–763. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.252
Rukhmana, T. (2022). Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa. Repository.Umsu, 9(May), 6.
Sadirman. (2015). Pengembangan Web-Based Mathematics Learning Siswa Kelas V Sdn Kotagede 3 Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 202. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6462
Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xii Ips.2 Sma Negeri 13 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865
Silva, A. B. Da, Bispo, A. C. K. de A., Rodriguez, D. G., & Vasquez, F. I. F. (2018). Problem-based learning: A proposal for structuring PBL and its implications for learning among students in an undergraduate management degree program. Revista de Gestao, 25(2), 160–177. https://doi.org/10.1108/REGE-03-2018-030
Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117
Sumarni, E. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pelajaran IPS. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(1), 29–46. https://doi.org/10.36312/ejiip.v3i1.153
Sumarni, W., Wardani, S., Sudarmin, S., & Gupitasari, D. N. (2016). Project based learning (PBL) to improve psychomotoric skills: A classroom action research. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 157–163. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.4402
Wahyuni, A. S. (2020). Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118-126. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649
Winkel. (2014). Project-Based Learning in a Machine Learning Course with Differentiated Industrial Projects for Various Computer Science Master Programs. 2020 IEEE 32nd Conference on Software Engineering Education and Training, CSEE and T 2020, Ml,. Computation, 10(8), 50–54. https://doi.org/10.3390/computation10080129
Refbacks
- There are currently no refbacks.