Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia

Ai Listriani(1Mail), Hapidin Hapidin(2), Tjipto Sumadi(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Ai Listriani

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680

Download Full Text:   [File Size  : 468KB]  Language : ID
Received : 2020-07-24  |  Published : 2020-07-28

Abstract


Kemampuan keaksaraan pada anak usia dini merupakan kemampuan awal dan fondasi dasar yang diperlukan anak agar mampu belajar menulis, membaca, dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pola kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun yang mengalami penerapan metode Spalding di Taman Kanak-kanak Quantum Indonesia. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data bersifat deskriptif berupa catatan kata-kata tertulis dari informan yaitu satu orang guru dan lima orang peserta didik kelompok B (usia 5-6 tahun). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model penjodohan pola Campbell yang didalamnya terdapat tiga alur kegiatan yang dilakukan yaitu pernyataan umum, pemilihan pertanyaan, dan pengembangan peta konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keaksaraan anak yang muncul dalam penerapan metode Spalding yaitu kemampuan anak menguasai pengetahuan huruf dan kata, kemampuan dasar menulis, serta ketertarikan terhadap tulisan. Berdasarkan penelitian tersebut dinyatakan bahwa kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di TK Quantum Indonesia dapat berkembang dalam penerapan metode Spalding. 


Keywords


kemampuan keaksaraan; metode spalding; anak usia dini

References


Borre, A. J., Bernhard, J., Bleiker, C., Winsler, A., Borre, A. J., Bernhard, J., … Winsler, A. (2019). Preschool Literacy Intervention for Low-Income , Ethnically Diverse Children : Effects of the Early Authors Program Through Kindergarten Preschool Literacy Intervention for Low-Income , Ethnically Diverse Children : Effects of the Early Authors Program. Journal of Education for Students Placed at Risk (JESPAR), 24(2), 132–153. https://doi.org/10.1080/10824669.2019.1594818

Christianti, M. (2015). Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042

Darnis, S. (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3

Dhieni, N. (2013). Metode Pengembangan Bahasa (1st ed.). Tanggerang: Universitas Terbuka Jakarta.

Fahrurrozi. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Pendekatan Whole Language. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 165–180. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.072

Latifah, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Mteode Spalding Melalui Gambar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Maqdalena, E., & Widiastuti, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Simbol Huruf Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Dukuh Krajan Rt 09 Rw 01 Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Satya Widya: Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan, 34(2), 125–137. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476

Matin, R., Rohaety, E., & Nuraeni, L. (2019). Penerapan Media Pembelajaran POP-UP BOOK Anak Usia Dini Pada Kelompok B untuk, 2(2).

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (revisi). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). (S. Romadhona & A. Widiastuti, Trans.) (Edisi keli). Jakarta: Indeks.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Neumann, M. M., Finger, G., & Neumann, D. L. (2017). A Conceptual Framework for Emergent Digital Literacy. Early Childhood Education Journal, 45(4), 471–479. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0792-z

Pinto, G., Bigozzi, L., Vezzani, C., & Tarchi, C. (2017). Emergent literacy and reading acquisition: a longitudinal study from kindergarten to primary school. European Journal of Psychology of Education, 32(4), 571–587. https://doi.org/10.1007/s10212-016-0314-9

Purnama, R. (2019). Meningkatkan Penguasaan Keaksaraan Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard di TK Para Bintang Kota Jambi Tahun Ajaran 2017-2018, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 548. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.260

Simanjuntak, G. M., Widyana, R., & Astuti, K. (2020). Pembelajaran Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra-Membaca Pada Anak Usia Pra-Sekolah. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 51–54. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.21082

Spalding, R. B. (2012). The Writing Road to Reading: The Spalding Method for TeachingSpeech, Spelling, Writing, and Reading. New York: Collins Reference; Revised edition.

Sukma, A., Kurnia, R., & Febrialismanto, F. (2020). Pengaruh Media Alphabet Smart terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 29–35. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.50

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini (edisi 1). jakarta: Kencana.

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori) (edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.

Tjoe, J. O. L. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Multimedia, 17–48.

Winarti, W., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Permainan Puppet Fun terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 873. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.462

Yin, R. K. (2015). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.

Yunita, N., Kurnia, R., & Chairilsyah, D. (2020). Pengaruh Media Typewriter Alphabet terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.51

Zuhrita, S., & Mufidati, N. (2017). Permainan Dakon Writing Therapy Untuk Mengembangkan Kemampuan Dasar Menulis Anak Kelompok A TK Aisyiyah 33 Surabaya. PEDAGOGI : Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 3, 85–89.


Article Metrics

 Abstract Views : 90 times
 PDF Downloaded : 35 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.