Upaya Meningkatkan Pemahamann Konsep Mengelompokan Benda Menurut Bentuk Jenis Ukuran dan Warna Melalui Penerapan Strategi Bermain dalam Pengembangan Koginitif Siswa Kelompok A TK Melati Indah


Joni Joni(1Mail),
(1) Prodi PG-PAUD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2015 Joni Joni
Article Analytic
  [File Size: 257KB]  Language:
Received : 2018-07-21  |  Published : 2015-12-30
Article can trace at:

Abstract


Berdasarkan observasi di TK Melati Indah Pekanbaru, anak kelompok A yang berjumlah 12 orang, diperoleh hasil belajar dalam pembelajaran mengelompokan benda dengan berbagai cara ternyata yang berhasil mengelompokan benda dengan berbagai cara hanya 3 orang anak  (25%) dan yang belum mampu 9 orang anak (75%), hal ini terjadi karena strategi pembalajaran yang diberikan guru kurang bervariasi dan kurang menarik minat anak. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diatasi dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitiian tindakan kelas ini dilaksanakan di TK Melati Indah Pekanbaru, subjek yang diteliti adalah siswa TK kelompok A dengan jumlah 12 orang, 7 orang laki-laki, dan 5 orang perempuan, dengan karakteristik kemampuan yang heterogen. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ketuntasan belajar anak dalam kegiatan mengelompokan benda menurut bentuk, jenis, warna dan ukuran mengalami peningkatan yaitu pada prasiklus yang mencapai batas ketuntasan 0% dari 12  anak, pada siklus I naik menjadi (8,3%) 1 anak, siklus II naik menjadi (7%) 9 anak yang mencapai batas ketuntasan. Jadi secara keseluruhan penerapan strategi melalui bermain dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengelompokan benda menurut bentuk, jenis warna dan ukuran dalam pengembangan kognitif anak kelompok A di TK N Melati Indah Pekanbaru


Keywords


Perkembangan Kognitif; Strategi Pembelajaran, Bermain

References


B.E.F.Montolalu, dkk. (2007). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka

Denny Stiawan, (2010). Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Masitoh, dkk (2007) Strategi Pembelajaran Taman kanak-kanak. Jakart: Universitas Terbuka.

Nurbiana Dhieni, dkk. (2005) Metode Pengembangan Bahasa. Jakart: Universitas Terbuka.

Siti Aisyah, dkk. (2010) perkembangan dan Konsep dasar pengembangan AnakUsia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suciati, dkk. (2007). Belajar & Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka

Winda Gunarti, dkk (2010) metode Pengembangan Perilaku dan KemampuanDasar Anak Usia Dini. Jakatra: Universitas Terbuka.

Yuliani Nurani Sujiono, (2006). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Sungkono. (2007). Peranan Benda Asli (Real Object) dan Pemanfaatannya dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Pembelajaran nomor 1, vol 3. Yogyakarta: KTP FIP UNY

Syamsu Yusuf L.N. & Nani M. Sugandhi. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sri Anitah. (2012). Media pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Waluyo Adi, Ika Budi Maryatun, & Muthmainah. (2007). Buku Pegangan Kuliah Pendidikan Taman Penitipan Anak/Kelompok Bermain 2 SKS. Yogyakarta: PGTK FIP UNY.

Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Wina Sanjaya. (2012). Media dan Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Article Metrics

 Abstract Views : 3820 times
 PDF Downloaded : 320 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.