Pengaruh Kinerja Dosen terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Sains Permulaan di Kelas Rendah

Irvin Novita Arifin(1Mail),
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Irvin Novita Arifin

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.613

Download Full Text:   [File Size  : 522KB]  Language : ID
Received : 2020-06-23  |  Published : 2020-07-10

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kinerja dosen terhadap hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran sains permulaan. Menggunakan metode survey pada penelitian ini.  Selanjutnya, ada dua sumber data yang akan dijaring untuk keperluan penelitian ini, yaitu data kinerja dosen yang dijaring menggunakan instrumen angket dengan lima kategori pilihan jawaban dan hasil belajar menggunakan instrumen tes dengan lima pilihan jawaban (option). Analisis data menggunakan deskriptif dan inferensial dengan pendekatan analisis jalur (path analysis). Populasi adalah seluruh mahasiswa S1.Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mengikuti mata kuliah pembelajaran IPA  sebanyak 202 orang mahasiswa sampel adalah 130 orang mahasiswa. Hasil penelitian menemukan bahwa, Terdapat pengaruh langsung positif kinerja dosen terhadap hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran sains permulaan. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada pembelajaran sains permulaan dari mahasiswa dipengaruhi/ditentukan oleh kinerja dosen dalam pembelajaran, artinya makin tinggi kinerja dosen dalam  pembelajaran maka makin tinggi pula pencapaian hasil belajar mahasiswa pada sains.


Keywords


kinerja dosen; hasil belajar mahasiswa

References


Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur.

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254

Indonesia, P. R. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012. In Undang-Undang Republik Indonesia.

Mudjihartono, P., Teknik, M., Universitas, I., Yogyakarta, A., Scorecard, B., & Keputusan, S. P. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Metode Balanced Scorecard ( Studi Kasus : Universitas Respati Yogyakarta ). Seminar Nasional Informatika 2010 (SemnasIF).

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Ngalim Purwanto. (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. In PT Remaja Rosdakarya.

Pintrich, P. R., & De Groot, E. V. (2003). A Motivational Science Perspective on the Role of Student Motivation in Learning and Teaching Contexts. Journal of Educational Psychology. https://doi.org/10.1037/0022-0663.95.4.667

Prasetya, J. T., & Ahmadi, A. (2005). Strategi belajar mengajar. Bandung: CV.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Bebasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. In Belajar dan Pembelajaran Bebasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21.

Salirawati, D. (2004). Penyusunan dan Kegunaan LKS Dalam Proses Pembelajaran. Jurrnal Online. https://doi.org/10.1021/ic034857j

Samian, Y., & Noor, N. M. (2012). Student’s Perception on Good Lecturer based on Lecturer Performance Assessment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56, 783–790. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.716

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. In Sinarbaru.

Sukirno, D. S., & Siengthai, S. (2011). Does participative decision making affect lecturer performance in higher education? International Journal of Educational Management, 25(5), 494–508. https://doi.org/10.1108/09513541111146387

Susanto, H. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru The Factors Of Affecting The Performance of The Teachers ’ of State Vocational High School. Jurnal Pendidikan Vokasi,.

Witarsa, R., & Dista, D. X. (2019). Analisis Jawaban Siswa Usia 6 sampai 8 tahun terhadap Pembelajaran Sains Kreatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.288

Zeegers, P. (2004). Student learning in higher education: A path analysis of academic achievement in science. Higher Education Research and Development. https://doi.org/10.1080/0729436032000168487


Article Metrics

 Abstract Views : 92 times
 PDF Downloaded : 27 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.