Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kinerja dosen terhadap hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran sains permulaan. Menggunakan metode survey pada penelitian ini.  Selanjutnya, ada dua sumber data yang akan dijaring untuk keperluan penelitian ini, yaitu data kinerja dosen yang dijaring menggunakan instrumen angket dengan lima kategori pilihan jawaban dan hasil belajar menggunakan instrumen tes dengan lima pilihan jawaban (option). Analisis data menggunakan deskriptif dan inferensial dengan pendekatan analisis jalur (path analysis). Populasi adalah seluruh mahasiswa S1.Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mengikuti mata kuliah pembelajaran IPA  sebanyak 202 orang mahasiswa sampel adalah 130 orang mahasiswa. Hasil penelitian menemukan bahwa, Terdapat pengaruh langsung positif kinerja dosen terhadap hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran sains permulaan. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada pembelajaran sains permulaan dari mahasiswa dipengaruhi/ditentukan oleh kinerja dosen dalam pembelajaran, artinya makin tinggi kinerja dosen dalam  pembelajaran maka makin tinggi pula pencapaian hasil belajar mahasiswa pada sains.


Keywords


kinerja dosen; hasil belajar mahasiswa