- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Full Day School dalam Menangani Speech Delay Anak Usia Dini Pasca Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.5947Keywords:
full day school, pasca pandemi Covid-19, speech delayAbstract
Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak negatif pada tumbuh kembang anak, salah satunya ialah speech delay. Berbagai upaya harus dilakukan dalam menangani permasalahan speech delay pada anak, sebab dapat berdampak pada aspek perkembangan anak lainnya. sebuah penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan kontribusi layanan pendidikan full day school dalam menangani anak speech delay di Lembaga PAUD. Full Day School dipilih oleh orang tua sebab adanya perubahan budaya, pergeseran jaman dari agraris ke industri, peningkatan single parent dan ibu karir. Adapun penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ialah 5 anak usia dini yang terdiagnosa speech delay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa full day school memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan bicara dan perkembangan sosial anak speech delay. Intensitas interaksi antara anak speech delay dengan teman sebaya serta pendidik di full day school secara tidak langsung dapat menangani keterlambatan bicara anak. Eskalasi perkembangan kemampuan bicara anak speech delay tampak pada peningkatan kosakata dan kemampuan menyusun kalimat.
Downloads
References
Aminah, S. (2022). Mengenal Speech Delay sebagai Gangguan Keterlambatan Berbicara pada Anak (Kajian Psikolinguistik). JALADRI: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa …, 8(2). https://doi.org/10.33222/jaladri.v8i2.2260
Budiarti, E., Farista, D., Palupi, D. I., Wonga, L., Rubiah, S. A., & Harti, U. (2022). Story Telling One Day One Book Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(12), 1091–1101. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i12.1405
Cresswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Belajar.
Dwi, R., Rahma, N., & Widyasari, C. (2023). Interaksi Teman Sebaya dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 416–429. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.329
E, Budiarti. R, D Kartini, S, P. et al. (2023). Penanganan Anak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Usia 5 - 6 Menggunakan Metode Bercerita Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 112–121. https://doi.org/10.36418/japendi.v4i2.1584
Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. PT. Raja Grafindo Persada.
Fauzia, W., Meiliawati, F., & Ramanda, P. (2020). Mengenali dan Menangani Speech Delay pada Anak. Jurnal Al-Shifa, 1(2), 102–110. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alshifa/article/view/3728
Fitri, D. A. N., & Suryana, D. (2023). Studi Kasus Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini di TK RES Cogitans School Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11277
H. G. Tarigan. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Halim, A. S., Limantara, E., & W, D. (2021). Delayed Speech Dengan dan Tanpa Gangguan Pendengaran pada Anak Usia 6 Bulan sampai 3 Tahun di Jala Puspa RSPAL Dr. Ramelan Surabaya Periode 2017-2020. Jurnal Kesehatan Andalas, 10(2). https://doi.org/10.25077/jka.v10i2.1710
Hamdiani, Y., & Basar, G. G. K. (2016). Layanan Anak Usia Dini/Prasekolah Dengan “Full Day Care†Di Taman Penitipan Anak. Prosiding Penelitian Dan …. https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.13694
Hapsari, I. (2023). Supporting Children with Speech, Language, and Communication Needs in Indonesian Kindergarten Classrooms. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2769–2778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4308
Hasiana, I. (2020). Studi Kasus Anak dengan Gangguan Bahasa Reseptif dan Ekspresif. Special and Exclusive Education Journal, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no1.a2296
Hazizah, N. (2017). Full Day School Sebagai Peluang dan Tantangan PAUD Masa Depan. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3c.1078
Herawati, N. H., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1685–1695. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4122
Herpiyana, I., & Hasanah, N. I. (2022). Interaksi Sosial Anak Yang Memiliki Speech Delay. Jurnal Smart Paud, 5(2). http://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.11
Hestiyana, N., Sinambela, D. P., & Hidayah, N. (2021). Deteksi Kejadian Speech Delayed Pada Anak Dengan Algoritma ID3. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 12(2). https://doi.org/10.33859/dksm.v12i2.752
Hidayat, A. (2022). Interaksi Sosial Anak Speech Delay Di Sekolah Raudhatul Athfal Al Barkah Kecamatan Citeras Kabupaten Serang. Jurnal Anak Bangsa, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.46306/jas.v1i1.1
Hurlock, E. . (1978). Child Development (Perkembangan Anak) Sixth Edition. Erlangga.
Hurlock, E. . (1980). Psikologi Perkembangan. Erlangga.
Leung, A. K., & Kao, C. P. (1999). Evaluation and Management of the Child with Speech Delay. American Family Physician. https://www.aafp.org/pubs/afp/issues/1999/0601/p3121.html
Maharani, B. A., & Abidin, Z. (2022). Studi eksploratif tentang faktor-faktor penyebab keterlambatan bicara anak usia pra sekolah. Psyche: Jurnal Psikologi, 4(1). https://doi.org/10.36269/psyche.v4i1.441
Manurung, N. (2020). Strategi Pembelajaran Guru dalam Menangani Siswa Speech Delay. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 3(1). https://doi.org/10.47239/jgdd.v3i1.229
Maudyta, D., Aslamiah, A., & Wahdini, E. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Perhatian Orang Tua pada Pola Komunikasi terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1302–1311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3897
Mawarni, V. (2023). Strategi Guru Mengatasi Speech Delay (Studi Kasus di SD Inklusi). Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1). https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.27-33
McLaughlin, M. R. (2011). Speech and language delay in children. American Family Physician.
Melinda, A. E., & Izzati. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127–131. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533
Palupi, Y. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak. Wardah, 29–35.
Pratiwi, W. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395
Purnamasari, N., & Dimyati, D. (2022). Perbedaan Pengasuhan Anak di Sekolah Fullday dan Sekolah Umum Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2813–2824. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2267
Rahmah, F., Kotrunnada, S. A., Purwati, P., & Mulyadi, S. (2023). Penanganan Speech Delay pada Anak Usia Dini melalui Terapi Wicara. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.32678/assibyan.v8i1.8279
Rodia, R. S. (2023). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif di Denali Development Center. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1). https://doi.org/10.33061/awpm.v7i1.8626
Safitri, J. (2019). Penyuluhan Tentang Perkembangan Wicara Dan Hambatan, Serta Penanganan Speech Delay. Naskah Prosiding Temilnas XI IPPI.
Sardi, M., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Studi Kasus Strategi dalam Menangani Speech Delay Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 07 Aceh Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.1128
Shetty, P. (2012). Speech and language delay in children: A review and the role of a pediatric dentist. Journal of Indian Society of Pedodontics and Preventive Dentistry, 30(2), 103–108. https://doi.org/10.4103/0970-4388.99979
Sholihah, M., Fitriani, M., & Istiqamah, M. (2022). Strategi Guru Dalam Menangani Anak Yang Mengalami Keterlambatan Dalam Berbahasa (Observasi Lapangan Di TK Daarul Fattaah Tangerang). As-Shobiy Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dan Al-Qur’an, 1(1). https://doi.org/10.33511/ash-shobiy.v1n1.27-37
Sihombing, L. R., Fithri, R., & Wilyanita, N. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Talenta …, 12(2). http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/268
Skinner, B. . (1957). Verbal Behavior. Appleton Century Crafts. www.behavior.org/resources/315.pdf.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryana, D., & Nilawati, E. (2012). Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay) Dan Pengaruhnya Terhadap Social Skill Anak Usia Dini. Padang: Perpustakaan Universitas Negeri Padang., 1–8.
Taqiyah, D. B., & Mumpuniarti. (2022). Intervensi Dini Bahasa dan Bicara Anak Speech Delay. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2494
Taseman, T., Safaruddin, S., Erfansyah, N. F., Purwani, W. A., & Femenia, F. F. (2020). Strategi Guru dalam Menangani Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) yang Berpengaruh Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 13–26. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.519
Tiel, J. M. Van. (2016). Anakku Gifted Terlambat Bicara. Prenada Media.
Wijaya, H. (2021). Analisis Bahasa Lisan Pada Anak Keterlambatan Bicara (Studi Kasus Hafis). Lingua: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 17(1). https://doi.org/10.15294/lingua.v17i1.27742
Wulandari, A. N. N., Sari, Y., & Febriana, I. (2023). Analisis Faktor Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Nafeesa Usia 5 Tahun. Kode: Jurnal Bahasa, 12(1). https://doi.org/10.24114/kjb.v12i1.44353
Yuliafarhah, N., & Siagian, I. (2023). Keterlambatan Berbicara pada Balita Usia 3-4 Tahun di Lingkungan Kp. Utan RT002/RW002 Jakasetia, Bekasi Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3300118
Yuniari, N. M., & Juliari, I. (2020). Strategi Terapis Wicara yang dapat Diterapkan Oleh Orang Tua Penderita Keterlambatan Berbicara (Speech Delay). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29190
Zudeta, E., Novembli, M. S., & Hasanah, N. (2023). Sumbangan Gadget bagi Keterlambatan Bicara Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v6i02.13620