Perkembangan dan Pendidikan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

Author


Umi Rohmah(1Mail),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 321KB]

Published : 2025-02-03

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 19 times PDF Downloaded: 5 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi perkembangan dan pendidikan kognitif pada anak usia dini. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis strategi pengembangan kemampuan kognitif pada anak usia dini serta mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi proses tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research) melalui telaah literatur dari buku dan jurnal yang relevan dengan penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perkembangan kognitif pada anak usia dini dipengaruhi oleh lingkungan, minat dan bakat, serta faktor keturunan. Strategi pengembangan kemampuan kognitif dapat dilakukan melalui pendekatan bermain yang terstruktur dan melibatkan pendidikan berbasis stimulasi. Pendidikan memiliki peran signifikan dalam mendorong kemampuan bernalar kritis anak. Hasil ini memberikan implikasi pada pentingnya perancangan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan dan efektif untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif anak.


Keywords


Perkembangan Anak; Pendidikan Anak Usia Dini; Kemampuan Kognitif Anak

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Anggraini, Wika; M. N. Y. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.31-39

Ayuningsih, D. (2003). Psikologi Perkembangan Anak (Pola Pendidikan Sesuai Karakter& Kepribadian Anak). Pustaka Larasati.

Bashori, B., Komariah, N., Nurlailisna, N., Habibi, S., & Istikomah, I. (2022). Conflict Management of Islamic Education Institutions in Indonesia: A Literature Review. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 487–499. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202208

Basri, H. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini Yang Proporsional. Jurnal Ya Bunayya, 1(1), 29–45. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/yaabunayya/article/view/1300https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/yaabunayya/article/view/1300

Dariyo, A. (2007). Psikologi Perkembangan (Anak 3 Tahun Pertama). Refika Aditama.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosda Karya.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

El Fiah, R. (2017). Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Raja Grafindo Persada.

Faruq, A., & Tejaningrum, D. (2021). Stimulasi Bermain Peran Bagi Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia 3 Tahun. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(2), 153–176. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i2.9140

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.

Firman, W., & Anhusadar, L. O. (2022). Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 28–37. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.6721

Indrijati, H. (2017). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini (2 ed., Vol. 1). (-, Ed., & -, Trans.) Jakarta, Indonesia: Kencana

Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1–13), 1–13.

Ismawaty, Q. (2023). Analisis Capaian Per Kognitif pada Anak Usia Dini di TKIT Nurul Falah Kota Batam. Jurnal Miftahul Ulum, 1(1), 1–10.

Juniarti, R. I. Y. (2019). Stimulasi Guru Pada Motorik Kasar Anak Taman Kanak-kanak di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Yaa Bunayya, 3(1), 81–90.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Kristina, M., & Sari, R. N. (2021). Pengaruh edukasi stimulasi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Journal Of Dehasen Educational Review, 2(01), 1–5. https://doi.org/10.33258/jder.v2i01.1402

Magfirah, I., Nurhidayah, I., Wahid, U., & Hamdana. (2022). Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah Di Tk Abdi Setia Bakti Kabupaten Bulukumba. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.55606/jrik.v2i1.93

Mauda, F., & Lukman Arsyad. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Rancang Balok di Kelompok B TK Ki Hajar Dewantoro XIII Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 2(1), 101–113. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i1.228

Mayar, F., Uzlah, U., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Desmila, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4794–4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665

Monika, Kurniawati, M., & Wijaya, E. (2021). Psikoedukasi Guru Paud Berkualitas (Seri 3) “Manajemen Paud.” Journal Community Service Consortium, 2(2). https://doi.org/10.37715/consortium.v2i2.3278

Muliawan, J. U. (2022). Psikologi Pendidikan dalam Wahana Bermain Anak. gava media.

Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini.

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50

Nurhayati, & Husain, I. M. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Eksplorasi Mainan Yang Ada Dirumah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 23–39.

Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64. https://jpk.jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/jpk/article/view/7

Nurmalina. (2016). Hubungan Penerapan Bahasa Indonesia dengan Pengembangan Kepribadian Peserta Didik PAUD Kualu Ceria. Jurnal Paud Tambusai, 2(1), 73–78.

Putra, W. (2022). Cognitive Development in the Golden Ages. Journal of Educational Analytics, 1(3), 215–224. https://doi.org/10.55927/jeda.v1i3.1695

Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4

Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini.

Thahir, A. (2018). Psikologi Perkembangan. In Aura Publishing. http://repository.radenintan.ac.id/10934/

Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Weni Arsi Wibowo. (2018). Implementasi Permainan Tradisional Jamuran Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Di Paud Delima Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Yaswinda, & Gusmarni. (2022). Analisis Permendikbud Nomor 137 Dan 146 Dalam Pembelajaran PAUD. Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 17(2), 70–76.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.