Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi perkembangan dan pendidikan kognitif pada anak usia dini. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis strategi pengembangan kemampuan kognitif pada anak usia dini serta mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi proses tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research) melalui telaah literatur dari buku dan jurnal yang relevan dengan penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perkembangan kognitif pada anak usia dini dipengaruhi oleh lingkungan, minat dan bakat, serta faktor keturunan. Strategi pengembangan kemampuan kognitif dapat dilakukan melalui pendekatan bermain yang terstruktur dan melibatkan pendidikan berbasis stimulasi. Pendidikan memiliki peran signifikan dalam mendorong kemampuan bernalar kritis anak. Hasil ini memberikan implikasi pada pentingnya perancangan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan dan efektif untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif anak.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.