Identifikasi Kemampuan Dasar dalam Proses Membaca Teks Eksplanasi Menggunakan Metode SQ3R di Sekolah Dasar

Author


Latif Latif(1), Syahrul Ramadhan(2Mail), Muhkhaiyar Muhkhaiyar(3), Ahmad Johari Sihes(4),
Ilmu Keguruan Bahasa, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Ilmu Keguruan Bahasa, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)
Ilmu Keguruan Bahasa, Universitas Negeri Padang, Indonesia(3)
University Teknologi Malaysia, Malaysia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 415KB]

Published : 2023-12-31

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 33 times PDF Downloaded: 12 times

Abstract


Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai macam keterampilan dasar proses membaca siswa kelas VI SDN 29 Pekanbaru. Proses membaca selama ini di kelas kurang menekankan pada keterampilan dasar membaca, sehingga pemahaman   membaca   sangat   lemah.   Padahal   pemahaman   membaca   siswa   sangat ditentukan oleh kemampuan dasar membaca siswa. Metode yang digunakan guru tidak bervariasi dan masih konvensional, sehingga metode SQ3R (survey, question, read, recite, review) digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks eksplanasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data utama dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif dan wawancara mendalam terhadap siswa dan guru serta dokumentasi. Secara keseluruhan, dengan menggunakan metode SQ3R, siswa dominan diidentifikasi memiliki rata-rata 4-5 keterampilan membaca dasar. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mempunyai daya dalam memahami teks bacaan.


Keywords


keterampilan dasar membaca; teks eksplanasi; metode sq3r

References


Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Abidin, Y. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Cresswell, J.W., (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damaianti, V. S. (2021). Literasi Membaca: Hasrat Memahami Makna Kehidupan. Bandung: Refika.

Economiqiues, O. de cooperation et de development. (2019). PISA 2018 Assesment and Analytical Framework. OECD Publishing.

Gunawan, I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamidi. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Pres.

Hilmiyah, J., Widiastuti, R. Y., Umami, Y. S., & Rosyidah, U. (2023). Analisis Ketercapaian Program Guru Penggerak PAUD dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi yang Berpusat pada Anak. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 103–117. https://doi.org/10.37985/educative.v1i3.211

Ibrahim, N. (2008). Keterampilan Membaca dan Model Model Pembelajarannya. Jakarta: FKIP Univeristas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Miles, M.B., dan Huberman, A.M. Tanpa tahun. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: UI Press

Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazmi, H. B., Ratnasari, D., & Zakaria, A. R. (2023). Implementation of 21st Century Learning in the Independent Learning Curriculum at SD IT Islamic Center Deli Serdang. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 43–50. https://doi.org/10.37985/educative.v1i2.61

Roe, B., H., Digh, P., Philips, C., & Singer, M. (2018). Teaching reading in today’s elementary schools. Cengage Learning.

Snow, C. (2002). Reading for understanding: Toward and R&D Program in reading compherension. Rand Corporation.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukandarumidi. (2002). Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya

Susanti, Evi. (2022). Keterampilan Membaca. Bogor: In Media.

Tanskersley, K. (2003). The threads of reding: Strategies for literacy development. ASCD

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyuni, S., Darmayunata, Y., Zudeta, E., Sajid, M. D. F., & Syahdan, S. (2023). Merdeka Curriculum Innovation: Grand Design for Digital Literacy Learning in Special School. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 95–102. https://doi.org/10.37985/educative.v1i3.202


Refbacks

  • There are currently no refbacks.