Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai macam keterampilan dasar proses membaca siswa kelas VI SDN 29 Pekanbaru. Proses membaca selama ini di kelas kurang menekankan pada keterampilan dasar membaca, sehingga pemahaman  membaca  sangat  lemah.  Padahal  pemahaman  membaca  siswa  sangat ditentukan oleh kemampuan dasar membaca siswa. Metode yang digunakan guru tidak bervariasi dan masih konvensional, sehingga metode SQ3R (survey, question, read, recite, review) digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks eksplanasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data utama dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif dan wawancara mendalam terhadap siswa dan guru serta dokumentasi. Secara keseluruhan, dengan menggunakan metode SQ3R, siswa dominan diidentifikasi memiliki rata-rata 4-5 keterampilan membaca dasar. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mempunyai daya dalam memahami teks bacaan.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.