Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan PAUD Berbasis Kearifan Lokal Kebaharian di Kabupaten Konawe Kepulauan

Author


Dwiputri Nirmala(1Mail), Rudiyanto Rudiyanto(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 436KB]

Published : 2024-06-10

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 35 times PDF Downloaded: 9 times

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian dalam rangka mengembangkan kurikulum operasional satuan pendidikan berbasis nilai-nilai kearifan lokal kebaharian. Metode penelitian menggunakan metode desain based research yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap penelitian pendahuluan, tahap prototyping, dan tahap penilaian. Pada praktiknya penelitian ini hanya menggunakan dua tahapan yaitu tahap  yang pada praktiknya dilakukan melalui tahapan tahap penelitian pendahuluan dan prototyping. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat pesisir di Kabupaten Konawe Kepulauan Sulawesi Tenggara. Hasil pengembangan kurikulum operasional satuan pendidikan berbasis nilai-nilai kearifan lokal kebaharian dilakukan dengan menganalisis potensi sumber daya alam dan menganalisis budaya yang dilakukan oleh masyarakat bahari sebagai panduan dalam pengembangan tema pembelajaran dan perencanaan pembelajaran. Hasil analisis tersebut diperoleh bahwa budaya masyarakat bahari berupa astronomi berbasis budaya, pengetahuan mengenai hewan laut dan tumbuhan pesisir, teknologi tradisional, aktivitas bameti dan pengetahuan mengenai musim. Budaya tersebut selanjutnya dikembangakan dalam tema-tema pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.  


Keywords


pengembangan kurikulum operasional satuan pendidikan; kearifan lokal; kebaharian

References


Adam, G. (2019). Pengembangan Tema Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 59–67. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jllpaud/article/view/337

Akkas, M., & Suryawati, E. A. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-dasar Literasi & STEAM. http://repositori.kemdikbud.go.id/23238/1/Literasi_Steam-PAUD.pdf

Arianatasari, A., & Luqman Hakim. (2015). Penerapan Desain Model Plomp Pada Pengembangan Buku Teks Berbasis Guided Inquiry. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(1), 36–40. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/35/article/view/24947

Cantika, V. M. (2022). Prosedur pengembangan kurikulum (kajian literatur manajemen inovasi kurikulum). Inovasi Kurikulum, 19(2), 171–184. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44220

Farchan, A., & Muhtadi, A. (2019). Pengembangan Desain Kurikulum Maritim di Jepara. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 27–36. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27973

Hasbi, M., Aliyah, Mariyam, L., Fathurrohmah, Koesoemawardhani, L., Wahyuni, M., Nurani, Y., Wardhani, B., & Nurohmah, I. (2021). Merancang Kurikulum Operasional Satuan PAUD. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, RI.

Hasbi, M., Nugraha, A., Dwilestari, G., Ritayanti, U., Puspita, W. A., & Mareta Wahyuni. (2014). Konsep Pendidikan Kemaritiman Serta Peran Ptk, Orang Tua, Mitra Dan Komunitas Dalam Penerapan Pendidikan Kemaritiman Di Satuan Paud. 1–36. http://repository.ut.ac.id/3891/1/EKSI4417-M1.pdf

Helista, C. N., Puspitasari, O., Prima, S. A., & Anggraini, Y. D. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri (Cetakan Pe). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Diri-PAUD.pdfhttps://repositori.kemdikbud.go.id/24890/1/Jati

Indonesiabaik.id. (2023). Sebaran Jumlah Suku di Indonesia. https://indonesiabaik.id/infografis/sebaran-jumlah-suku-di-indonesia

Iskandar, H., & Hasbi, M. (2019). Pedoman Pendidikan Kemaritiman di Satuan PAUD. kementerian Pendidikan dan kebudayaan direktorat Jenderal Pendidikan anak usia dini dan Pendidikan masyarakat direktorat Pembinaan Pendidikan anak usia dini. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/anggun/images/2020/Pedoman_Pendidikan_Kemaritiman_di_Satuan_PAUD.pdf

Juih, L. J., Yetti, E., & Dhieni, N. (2021). Early Childhood Education: Contextual Thematic Teaching Materials Based on Classroom Activities. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 181–200. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.151.10

Kemendikbud. (2022). PANDUAN PENGEMBANGAN Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (Nomor April). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pengembangan-Kurikulum-Operasional-di-Satuan-Pendidikan.pdf

konkepkab.bps.go.id. (2021). Kabupaten Konawe Kepualaun dalam Angka. In BPS Kabupaten Konawe. UD. Syahid.

Kostelnik, M. J. (2008). Teaching young children using themes. Good Year Books.

Kurniasari, A. F., & Susanti, W. M. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Nilai Agama & Budi Pekerti.

Lampe, M. (2003). Budaya Bahari dalam Konteks Global dan Modern. Makalah disampaikan pada Seminar kebudayaan nasional, Bukittinggi, 20–23.

Lawe, & Dopo, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Budaya Lokal Ngada Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(November), 134–145. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551654

Li, P. H., & Chen, J. J. (2022). Glocalization of Early Childhood Curriculum. In The Glocalization of Early Childhood Curriculum. https://doi.org/10.4324/9781003274865-7

Maryatun, I. B. (2017). Pengembangan Tema Pembelajaran untuk Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 41–47. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15679

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.

Mulyadi, Y. (2016). Kemaritiman, Jalur Rempah, dan Warisan Budaya Bahari Nusantara. Universitas Hasanuddin Makassar, November, 1–11. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.22616.08966

Mustofa, D., Soendjodjo, R. P., Nurmiati, Susanti, A., & Yuliantina, I. (2018). Pengembangan tema pembelajaran (Nomor 021). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

NAEYC. (2003). Early Childhood Curriculum, Assessment, and Program Evaluation Position Statement with Expanded Resources. November. www.naeyc.org/sites/default/files/globally-shared/downloads/PDFs/resources/position-statements/CAPEexpand.pdf

Nakpodia, E. D. (2010). Culture and curriculum development in Nigerian schools. African Journal of History and Culture (AJHC), 2(1), 1–9. http://www.academicjournals.org/ajhc

Nugraha, A., Nurmiati, Wahyuningsih, S., & Wujiati. (2018). Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. In Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional (Nomor 021). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/

Nugroho, I. D. (2019). Yayasan Suluh Nuswantara Bakti.

Offorma, G. C. (2014). Approaches To Curriculum Development. In Education in Nigeria: Development and challenges (hal. 77–92). Foremost Educational Publishers. https://www.academia.edu/36763807/Approaches_To_Curriculum_Development

Offorma, G. C. (2016). Integrating components of culture in curriculum planning. International Journal of Curriculum and Instruction, 8(1), 1–8. https://eric.ed.gov/?id=EJ1207325

Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. In Educational design research. SLO. https://slo.nl/publish/pages/2904/educational-design-research-part-a.pdf

Prasetyo, A. (2015). Childhood Curriculum Development through Society Empowerment of Local Wisdom. journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces, 4(1), 30–34. https://doi.org/10.15294/ijeces.v4i1.9450

Puspita, E. (2012). Menyusun perencanaan pembelajaran AUD. Jurnal Educhild, 01(1), 67–76. https://doi.org/dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v1i1.1626

Raharjo, M., & Maryati, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Satuan PAUD (Cetakan I). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rahyono, F. (2009). Kearifan Budaya dalam Kata. Wedatama Widyasastra.

Santrock, J. . (2012). Life-Span Development. Erlangga.

Sibarani, R. (2012). Kearifan Lokal, Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan. Asosiasi Tradisi Lisan.

Soto, S. T. (2015). An Analysis of Curriculum Development. Theory and Practice in Language Studies, 5(6), 1129. https://doi.org/10.17507/tpls.0506.02

Sucipto, & Hidayati, R. (2021). Pelatihan Pengembangan Tema Kreativitas Bagi Guru Paud Gerbang Harapan Kecamatan Bae Kudus. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.24176/mjlm.v3i1.4906

Sunandar, A. (2017). Optimalisasi Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalistik. 5, 1–24. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/08/artikel-manajemen-optimalisasi-lingkungan.pdf

Zuhdi, S. (2020). Budaya Bahari Sebagai Modal Membangun Negara Maritim Indonesia. Jurnal Maritim Indonesia, 8(2), 3–8. https://doi.org/10.52307/ijm.v8i2.36


Refbacks

  • There are currently no refbacks.