Kesantunan berbahasa dalam pembelajaran Siswa di kelas Rendah Sekolah Dasar

Author


Ayu Liani(1Mail), Febrina Dafit(2),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 292KB]

Published : 2023-12-13

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 194 times PDF Downloaded: 120 times

Abstract


Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat, terutama pada dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesantunan berbahasa siswa, faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kesantunan berbahasa siswa dan upaya meningkatkan kesantunan berbahasa siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis inquiry naturalistic. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Kesantunan berbahasa siswa dalam interaksi pembelajaran termasuk dalam kriteria cukup santun, santun, dan kurang santun. Faktor penyebab ketidaksantunan berbahasa yaitu 1) Faktor internal yaitu faktor dalam diri siswa, yakni kurangnya pemahaman siswa mengenai kesantunan dalam berkomunikasi dengan teman bahkan dengan guru, dan 2) Faktor eksternal meliputi: orang tua, lingkungan tempat tinggal, dan lingkungan bermain atau beladikerjakajar. Upaya dalam meningkatkan kesantunan yaitu 1) Memberikan contoh secara langsung kepada siswa; 2) Memberikan apresiasi kepada siswa yang santun 3) Kesantunan dijadikan bahan ajar seperti berdialog dengan teman; 4) Memberikan pemahaman dan mengingatkan akan kesantunan dimanapun; dan 5) Bekerja sama dengan orang tua maupun guru lain dalam meningkatkan kesantunan siswa.


Keywords


kesantunan berbahasa siswa; interakri pembelajaran; siswa sd kelas rendah

References


Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/3432

Anna, H. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konteks Multibudaya. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(2), 74–91. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/514

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102

Azmi, R. A., & Agustina. (2022). Kesantunan Berbahasa dan Pemanfaatannya dalam Pembuatan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Basic Edu, 6(5), 9026–9039. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4009

Baiti, N. (2020). Desain Pengelolaan Lingkungan Bermain Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 98–106. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/5599

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585

Dari, A. W., Chandra, D. E., & Sugiyati, M. S. (2017). Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Kegiatan Pembelajaran Kelas Viii E Smpn 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.33369/jik.v1i1.3122

Diani Febriasari, W. W. dkk. (2018). Kesantunan Berbahasa Dalam Proses Pembelajaran Di Sekoloah Dasar. Jurnal Kredo, 02(01), 140–156. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2557

Diestoni, E. P. C., & Siahaan, C. S. (2021). Pengaruh Kesantunan Masyarakat Indonesia Dalam Bermedia Sosial Terhadap Nation Branding. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 1(3), 8–21. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v1i3.36

Fakhruddin, P. R. A. (2017). Pemenuhan Kebutuhan Belajar Anak Jalanan Di Kota Semarang Melalui Program Pendidikan Nonformal. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1), 24–29. https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i1.2945

Fatma, A., & Agustina. (2023). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Novel Bergenre Perempuan Tertindas dalam Novel perempuan di Titik Nol dan Novel Cantik Itu Luka. Jurnal Personal: Language and Literary Studies, 2(4), 671–686.

Hambali, D., & Novia. (2017). Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Negeri 06 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 1–14. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2875

Khaatimah, H. & Wibawa R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 8776–87.

Kuntarto, E. (2016). Kesantunan Berbahasa Ditinjau Dari Prespektif Kecerdasan Majemuk. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jami, 16(2), 58–73. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/10

Kurniadi, F., Hilaliyah, H., & Hapsari, S. N. (2017). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Kesantunan Berbahasa. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30651/aks.v2i1.1023

Lahabu, S. Y., Djou, D., & Muslimin, M. (2021). Kesantunan Berbahasa Di Sma Negeri I Dulupi Kabupaten Boalemo Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Reduplikasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.37905/rjppbi.v1i1.540

Mustika, D. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 361–372. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.105

Navera, A., Purba, A., & Jambi, U. (2022). Penerapan Maksim Kesantunan Tindak Tutur. Jurnal Sastranesia, 10(3), 11–24. https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/sastra/article/view/2511

Pramujiono, A., & Nurjati, N. (2017). Guru sebagai Model Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Instruksional di Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan, 2(2), 143–154. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v2i2.8624

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1019–1027. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2067

Rohendi, E., Mulyaningsih, I., & Uswati, T. S. (2023). Prinsip Kesantunan Berbahasa Pada Khitobahan di Pondok Pesantren. 1(November), 122–134.

Sa’adah, M., Rahmayati, G. T., & Prasetiyo, Y. C. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Al ‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 56. https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/al-adad/article/view/1113

Setiawan, H., & Rois, S. (2017). Bagaimana Wujud Kesantunan Berbahasa Guru? Studi Kasus di SD Immersion Ponorogo. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2), 145–161. https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2003

Sugiarti, M., Rahayu, N., & Wulandari, C. (2017). Analisis Ketidaksantunan Berbahasa di SMP Negeri 18 Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Korpus, 1(2), 63–80. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/view/4112

Sulistiyowati, E. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 311–330. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.756

Susandi, A., Arofatul, L., Uswatun, I., & Pangestika, R. R. (2023). Prespektif Budaya Kesantunan Berbahasa Melalui Cerita Rakyat Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3). https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1065

Syaiful Abid. (2019). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa terhadap Dosen di Media Sosial WhatsApp. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019, 230–244. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/10302

Wijayanti, E., & Febrianto, A. (2021). Analisis Kesantunan Berbahasa di SD Negeri Bunderan II Desa Putat Kecamatan Patut. Jurnal PGSD Indonesia, 7(1), 53–58. https://repository.upy.ac.id/3085/1/JPI_Vol7No1_Full.pdf#page=59

Wulansari, N., Putri, H. E., & Sumiati, T. (2021). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1209–1223. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/2099


Refbacks

  • There are currently no refbacks.