- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Kesantunan berbahasa dalam pembelajaran Siswa di kelas Rendah Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5779Keywords:
kesantunan berbahasa siswa, interakri pembelajaran, siswa sd kelas rendahAbstract
Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat, terutama pada dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesantunan berbahasa siswa, faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kesantunan berbahasa siswa dan upaya meningkatkan kesantunan berbahasa siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis inquiry naturalistic. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Kesantunan berbahasa siswa dalam interaksi pembelajaran termasuk dalam kriteria cukup santun, santun, dan kurang santun. Faktor penyebab ketidaksantunan berbahasa yaitu 1) Faktor internal yaitu faktor dalam diri siswa, yakni kurangnya pemahaman siswa mengenai kesantunan dalam berkomunikasi dengan teman bahkan dengan guru, dan 2) Faktor eksternal meliputi: orang tua, lingkungan tempat tinggal, dan lingkungan bermain atau beladikerjakajar. Upaya dalam meningkatkan kesantunan yaitu 1) Memberikan contoh secara langsung kepada siswa; 2) Memberikan apresiasi kepada siswa yang santun 3) Kesantunan dijadikan bahan ajar seperti berdialog dengan teman; 4) Memberikan pemahaman dan mengingatkan akan kesantunan dimanapun; dan 5) Bekerja sama dengan orang tua maupun guru lain dalam meningkatkan kesantunan siswa.
Downloads
References
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/3432
Anna, H. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konteks Multibudaya. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(2), 74–91. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/514
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102
Azmi, R. A., & Agustina. (2022). Kesantunan Berbahasa dan Pemanfaatannya dalam Pembuatan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Basic Edu, 6(5), 9026–9039. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4009
Baiti, N. (2020). Desain Pengelolaan Lingkungan Bermain Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 98–106. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/5599
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585
Dari, A. W., Chandra, D. E., & Sugiyati, M. S. (2017). Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Kegiatan Pembelajaran Kelas Viii E Smpn 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.33369/jik.v1i1.3122
Diani Febriasari, W. W. dkk. (2018). Kesantunan Berbahasa Dalam Proses Pembelajaran Di Sekoloah Dasar. Jurnal Kredo, 02(01), 140–156. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2557
Diestoni, E. P. C., & Siahaan, C. S. (2021). Pengaruh Kesantunan Masyarakat Indonesia Dalam Bermedia Sosial Terhadap Nation Branding. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 1(3), 8–21. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v1i3.36
Fakhruddin, P. R. A. (2017). Pemenuhan Kebutuhan Belajar Anak Jalanan Di Kota Semarang Melalui Program Pendidikan Nonformal. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1), 24–29. https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i1.2945
Fatma, A., & Agustina. (2023). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Novel Bergenre Perempuan Tertindas dalam Novel perempuan di Titik Nol dan Novel Cantik Itu Luka. Jurnal Personal: Language and Literary Studies, 2(4), 671–686.
Hambali, D., & Novia. (2017). Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Negeri 06 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 1–14. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2875
Khaatimah, H. & Wibawa R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 8776–87.
Kuntarto, E. (2016). Kesantunan Berbahasa Ditinjau Dari Prespektif Kecerdasan Majemuk. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jami, 16(2), 58–73. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/10
Kurniadi, F., Hilaliyah, H., & Hapsari, S. N. (2017). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Kesantunan Berbahasa. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30651/aks.v2i1.1023
Lahabu, S. Y., Djou, D., & Muslimin, M. (2021). Kesantunan Berbahasa Di Sma Negeri I Dulupi Kabupaten Boalemo Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Reduplikasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.37905/rjppbi.v1i1.540
Mustika, D. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 361–372. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.105
Navera, A., Purba, A., & Jambi, U. (2022). Penerapan Maksim Kesantunan Tindak Tutur. Jurnal Sastranesia, 10(3), 11–24. https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/sastra/article/view/2511
Pramujiono, A., & Nurjati, N. (2017). Guru sebagai Model Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Instruksional di Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan, 2(2), 143–154. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v2i2.8624
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1019–1027. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2067
Rohendi, E., Mulyaningsih, I., & Uswati, T. S. (2023). Prinsip Kesantunan Berbahasa Pada Khitobahan di Pondok Pesantren. 1(November), 122–134.
Sa’adah, M., Rahmayati, G. T., & Prasetiyo, Y. C. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Al ‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 56. https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/al-adad/article/view/1113
Setiawan, H., & Rois, S. (2017). Bagaimana Wujud Kesantunan Berbahasa Guru? Studi Kasus di SD Immersion Ponorogo. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2), 145–161. https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2003
Sugiarti, M., Rahayu, N., & Wulandari, C. (2017). Analisis Ketidaksantunan Berbahasa di SMP Negeri 18 Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Korpus, 1(2), 63–80. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/view/4112
Sulistiyowati, E. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 311–330. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.756
Susandi, A., Arofatul, L., Uswatun, I., & Pangestika, R. R. (2023). Prespektif Budaya Kesantunan Berbahasa Melalui Cerita Rakyat Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3). https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1065
Syaiful Abid. (2019). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa terhadap Dosen di Media Sosial WhatsApp. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019, 230–244. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/10302
Wijayanti, E., & Febrianto, A. (2021). Analisis Kesantunan Berbahasa di SD Negeri Bunderan II Desa Putat Kecamatan Patut. Jurnal PGSD Indonesia, 7(1), 53–58. https://repository.upy.ac.id/3085/1/JPI_Vol7No1_Full.pdf#page=59
Wulansari, N., Putri, H. E., & Sumiati, T. (2021). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1209–1223. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/2099