Abstract


Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat, terutama pada dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesantunan berbahasa siswa, faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kesantunan berbahasa siswa dan upaya meningkatkan kesantunan berbahasa siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis inquiry naturalistic. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Kesantunan berbahasa siswa dalam interaksi pembelajaran termasuk dalam kriteria cukup santun, santun, dan kurang santun. Faktor penyebab ketidaksantunan berbahasa yaitu 1) Faktor internal yaitu faktor dalam diri siswa, yakni kurangnya pemahaman siswa mengenai kesantunan dalam berkomunikasi dengan teman bahkan dengan guru, dan 2) Faktor eksternal meliputi: orang tua, lingkungan tempat tinggal, dan lingkungan bermain atau beladikerjakajar. Upaya dalam meningkatkan kesantunan yaitu 1) Memberikan contoh secara langsung kepada siswa; 2) Memberikan apresiasi kepada siswa yang santun 3) Kesantunan dijadikan bahan ajar seperti berdialog dengan teman; 4) Memberikan pemahaman dan mengingatkan akan kesantunan dimanapun; dan 5) Bekerja sama dengan orang tua maupun guru lain dalam meningkatkan kesantunan siswa.


Keywords


kesantunan berbahasa siswa; interakri pembelajaran; siswa sd kelas rendah