- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Tumbuh Berkarakter Membangun Kecintaan pada Nilai-Nilai Religius Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5692Keywords:
karakter anak, nilai-nilai religius, sekolah dasarAbstract
Sekolah Dasar merupakan pendidikan lanjutan dari Taman Kanak-kanak yang akan membentuk karakter dan pengetahuan siswa pada tahap selanjutnya. Penanaman nilai-nilai karakter perlu diajarkan pada siswa, khususnya kelas 1 Sekolah Dasar. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi karakter religius di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri dari masa pra-operasional usia 2-7 tahun menuju operasional konkret usia 7-11 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian etnografi dengan metode kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian yaitu siswa kelas 1 Sekolah Dasar dan guru kelas 1. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif dan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sejak kelas 1 Sekolah Dasar sudah ditanamkan nilai-nilai karakter religius dengan pembiasaan sholat duha bersama, dzikir, surat pendek, sholat Dhuhur berjama’ah dan bersedekah di sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa membangun kecintaan pada nilai-nilai religius sejak dini dapat menumbuhkan karakter yang baik pada diri siswa sejak usia 6-7 tahun.
Downloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24
Agustin., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Makna Tradisi Barikan Bagi Pendidikan Karakter Anak Desa Sedo Demak. Jurnal Educatio, 7(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1355
Akemu, O., & Abdelnour, S. (2020). Confronting the Digital: Doing Ethnography in Modern Organizational Settings. Organizational Research Methods, 23(2). https://doi.org/10.1177/1094428118791018
Amaliyah, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Religiusitas Anak. Jurnal Hawa, 2(1). https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.51593
Annas, A. N., Ansar., Arwildayanto., & Mas, S. R. (2022). Program Penguatan Pendidikan Karakter pada Sekolah Boarding. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4896
Aprida, S. N., & Suyadi, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462–2471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1959
Aziz, M. I., & Ana, R. F. R. (2022). Peran Budaya Sekolah Dalam Membangun Karakter Religius Siswa Kelas 5 SDIT Surya Melati Bandung Tulungagung. Tanggap: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.408
Chandra, P., Murhayati, N., & W. (2020). Pendidikan Karakter Religius dan Toleransi Pada Santri Pondok Pesantren Al Hasanah Bengkulu. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 111–132. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i1.6345
Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6). https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833
Dhori, M., & Nurhayati, T. (2022). Implementation of Religious Character Education in Elementary Schools. Journal of Islamic Elementary Education. https://doi.org/10.33367/jiee.v4i1.1966
Efendi, Y., & Sa’adiyah, H. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 5(1). https://dx.doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10
Faiz, A., Hakam, K. A., Sauri, S., & Ruyadi, Y. (2020). Internalisasi Nilai Kesantunan Berbahasa Melalui Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 13–28. https://doi.org/10.17509/Jpis.V2i1.24382
Fauziah,R. S. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Tadbir Muwahhid, 5(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.3512
Ganti, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1195
Halimah, S., & Anisa, L. (2023). Pengaruh Pembelajaran Tahfizul Qur’an dan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas IV-VI di SD IT Tahfizul Qur’an Miftahul Jannah Medan. Jurnal Penelitian: AFOS J-LAS, 3(1). https://doi.org/10.58939/afosj-jas.v3i1.510
Handayani, I., & Irawan, D. (2022). Metode Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Telaah Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 20(1), 113–132. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/articel/view/1267
Huda, A. K., Montessori, M., Miaz, Y., & R. (2021). Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Berbasis Nilai Religius di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4190–4197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1528
Lestari, T. I., Sunarsih, D., & Nurpratiwiningsih, L. (2023). Analisis Implementasi Budaya Sekolah Berbasis Religius. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4). https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Malaikosa, Sinta, & S. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1). https://doi.org/10.35719/annisa.v13il.26
Nixon, A., & Odoyo, C. O. (n.d.). Ethnography, Its Strengths, Weaknesses and Its Application in Information Technology and Communication as a Research Design. Computer Science and Information Technology., 8(2), 50. https://doi.org/10.13189/csit.2020.080203
Nuraeni, I., & Labudasari, E. (2021). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa di SD IT Noor Hidayah. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1). https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.51593
Pradana, A. A., & Ummah, J. (2020). Pengaruh Media Sempoa Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan Siswa Kelas II MI. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 94–102. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.89
Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Budaya Sekolah, dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439–2452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2051
Ramdan, Y. A., & Fauziah, Y, P. (2019). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2). https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Sa’adah, L. (2020). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Telaah Novel Hafalan Sholat Delisa serta Implikasi dalam Pendidikan Islam. IAIN Kudus. https://repository.iainkudus.ac.id/4421
Santosa, S., & Andrean, S. (2021). Pengembangan dan Pembinaan Karakter Siswa dengan Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Contextual Idol di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 951–957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.849
Siswanto. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627
Spradley, J. P. (1980). Participant Obsevation. USA: Holt, Rinehart and Wiston.
Syahnaz, A., Widiandari, F., & Khoiri, N. (2023). Konsep Kecerdasan Spiritual pada Anak Usia Sekolah Dasar. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2). https://doi.org/10.3194/jurnal_risalah.v9i2.493
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam Membangun Komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1). https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620
Wati., Annis., & Amrullah, M. (2022). Pembiasaan Karakter Religius Siswa dalam Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Sedati. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies. https://doi.org/10.21070/jims.v3i0.1562
Yani, S., Kusen, K., & Khair, U. (2020). Kebijakan Sekolah Dalam Penerapan Karakter Disiplin Peserta didik di SDN 77 Rejang Lebong. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 99–115. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i3.102