Abstract


Sekolah Dasar merupakan pendidikan lanjutan dari Taman Kanak-kanak yang akan membentuk karakter dan pengetahuan siswa pada tahap selanjutnya. Penanaman nilai-nilai karakter perlu diajarkan pada siswa, khususnya kelas 1 Sekolah Dasar. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi karakter religius di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri dari masa pra-operasional usia 2-7 tahun menuju operasional konkret usia 7-11 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian etnografi dengan metode kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian yaitu siswa kelas 1 Sekolah Dasar dan guru kelas 1. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif dan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sejak kelas 1 Sekolah Dasar sudah ditanamkan nilai-nilai karakter religius dengan pembiasaan sholat duha bersama, dzikir, surat pendek, sholat Dhuhur berjama’ah dan bersedekah di sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa membangun kecintaan pada nilai-nilai religius sejak dini dapat menumbuhkan karakter yang baik pada diri siswa sejak usia 6-7 tahun.


Keywords


karakter anak; nilai-nilai religius; sekolah dasar