Author
Rizky Bintang Setiawan(1), Maimun Sholeh(2), Arief Nurrahman(3), Lisa Nurfatmawati(4),
Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(4) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 293KB]
Published : 2023-12-22
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 559 times PDF Downloaded: 318 timesAbstract
Permasalahan yang muncul pada proses implementasi Kurikulum merdeka yaitu membutuhkan kolaborasi dari para pendidik, kesulitan dalam penilaian dokumentasi, dan belum terbukanya pada perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka di lembaga Taman Kanak-Kanak (TK) melalui literasi proyek Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif melalui hasil angket dan diperkuat secara kualitatif melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan melibatkan 89 guru dan 3 kepala lembaga TK di Kota Yogyakarta yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Metode kualitatif menggunakan model dari Miles dan Huberman yang berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, uraian, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian yang dikembangkan telah memenuhi validitas ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka melalui literasi proyek profil pelajar pancasila di lembaga TK dapat dikatakan cukup berhasil. Dengan demikian implementasi kurikulum merdeka ini dapat terus dilakukan oleh lembaga TK dengan penyesuaian pada karakteristik lembaga.
Keywords
References
Ahmad, P. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(1). https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/139
Aiken. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/001316448545101
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Anwas, O. M. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(5). https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.49
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak, The Importance of Childhood Education for Child Development, Jurnal Dinamika Pendidikan dasar, Volume 8, No.1, Maret 2016, hlm. 50. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2). https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373
A’yun, Q., Pamungkas, M. B. A., Zahroh, I., Afandi, R. G., & Zulkarnaen, Z. (2023). Penerapan Nilai Iman, Takwa dan Akhlak Mulia Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Karakter Islami Siswa. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1). https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8650
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal of Educational and Language Research, 1(12). https://doi.org/10.53625/joel.v1i12.3015
Coşkun, S., Kayıkcı, Y., & Gençay, E. (2019). Adapting Engineering Education to Industry 4.0 Vision. Technologies, 7(1). https://doi.org/10.3390/technologies7010010
Damayanti, N., & Nawawi, E. (2023). Implemntasi Kebhinekatunggalikaan dan Sila-Sila Pancasila Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01). https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.144
Defi, S., Islam, M. H., & Badruttamam, C. A. (2023). Intensifikasi Karakter Profil Pelajar Pancasila di MI Syu’batul Kholafiyah. Journal on Education, 5(3). https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1693
Desianti, L. C., & Rahayuningsih, T. (2022). Sekolah Penggerak and Guru Penggerak Evaluation Policy as Pioneers of Changes in The Education System in The New Paradigm Curriculum. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.55215/pedagonal.v6i1.4936
Dewi, H. (2023). Penerapan Model GI-GDL untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2). https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.519
Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1). https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2). https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Hasanah, L., Syafira, P., Oktaviani, N., & Zahra, A. (2023). Manajemen Kurikulum Anak Usia Dini di Taman Kanak Kanak Nurul Hasanah. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 10(1). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/119955/107370
Hasan, M., Harahap, T. K., Mainuddin, Trisnawati, S. N. I., Nuraisyiah, Hamzah, H., Munte, A., Simanungkalit, L. N., Sofyan, Hakim, L., Nurjannah, Hasibuan, S., Umar, Arisah, N., Hasibuan, N. S., Supatminingsih, T., Triasih, A., Aziz, F., Alanur, S. N., … Atirah. (2022). Pengantar Pendidikan Indonesia: Arah Baru dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. In Penerbit Tahta Media. Penerbit Tahta Media. https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/80
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Luthfiyyah, R. Z., Amelia, S., Maulidawanti, D., & Fauziyah, N. N. (2023). Peningkatan Karakter Anak Bangsa Dalam Kurikulum Merdeka Melalui Program Profil Pelajar Pancasila. Innovative: Journal of Social Science Research , 3(2). https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.596
Johnson, J. L., Adkins, D., & Chauvin, S. (2020). A review of the quality indicators of rigor in qualitative research. American Journal of Pharmaceutical Education, 84(1). 138–146). American Association of Colleges of Pharmacy. https://doi.org/10.5688/ajpe7120
Kurniati, K., Nurdin, N., & Nurasmawati, N. (2020). Improving Students’ Cognitive and Affective Domains Students through Fostering Teacher Development. International Journal of Contemporary Islamic Education, 2(2). https://doi.org/10.24239/ijcied.vol2.iss2.20
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139
Laghung, R. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1). https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950
Lestari, E. E., Darmansyah, D., & Desyandri, D. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 12 Padanglua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 12(2). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2549
Makrifah, A. N., Harsiatib, T., & Mashfufahb, A. (2023). Penerapan Assessment For Learning Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Kelas 1 SD. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2). https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.380
Martiani, Febrianti, M., & Banat, A. (2023). Pendampingan Satuan Pendidikan Untuk Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Bagi Guru Dan Kepala Sekolah PAUD, SD, SMP Se-Kecamatan Padang Jaya Korwil IV Bengkulu Utara. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1). https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3580
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing Valid Meaning from Qualitative Data: Toward a Shared Craft.
Mujab, S., Rosa, A. T. R., & Gumelar, W. S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11166
Mukhlisin, L., Martiana, D. S., Armandio, M. D., & Herwina, W. (2023). Penerapan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) Pada Program Pelatihan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Amanah Kota Tasikmalaya. Cermin : Jurnal Penelitian, 7(1). https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v7i1.2802
Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390
Nurhayati, Jamaris, & Sufyarma Marsidin. (2022). Strengthening Pancasila Student Profiles In Independent Learning Curriculum In Elementary School. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(6). https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i6.183
Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047
Okayanti, N. K., Arifin, I., & Putra, Y. D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Bali Public School Denpasar Bali. Journal of Instructional and Development Researches, 3(3). https://doi.org/10.53621/jider.v3i3.234
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rizal, M., Iqbal, M., & Rahima, R. (2022). Pelatihan Merancang Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SDN 6 Peusangan Selatan Melalui in House Training Sekolah Penggerak. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.6878
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510
Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniati, L., & Karsa, D. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19 Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582
Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3). https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Sutiyono, S. (2022). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman. Journal of Nusantara Education, 2(1). https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.39
Udin, J., & Nawawi, E. (2023). Penghayatan Nilai Pancasila Dalam Menguatkan Karakter Dan Identitas Manusia Indonesia Di SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(02). https://doi.org/10.58812/jpws.v2i02.206
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2). https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Utari, D., & Afendi, A. R. (2022). Implementation of Pancasila Student Profile in Elementary School Education with Project-Based Learning Approach. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(4). https://doi.org/10.35877/454ri.eduline1280
Veling, L., & McGinn, C. (2021). Qualitative Research in HRI: A Review and Taxonomy. International Journal of Social Robotics, 13(7), 1689–1709. https://doi.org/10.1007/s12369-020-00723-z
Waruwu, E. W., & Waruwu, E. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik di Era Kurikulum Merdeka. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2). https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i2.120
Widiyani, K. (2023). Implementasi Kebhinekatunggalikaan Dan Sila-Sila Pancasila Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02). https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.223
Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. REFEREN, 1(2). https://doi.org/10.22236/referen.v1i2.10504
Wiyani, N. A. (2023). Kegiatan Parenting Berbasis P5 dalam Kurikulum Merdeka pada Lembaga PAUD di Pedesaan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4501
Wulandari, T., Pamungkas, J., & Nurrahman, A. (2023). Pentas Seni Anak di Jogja TV Sebagai Ajang Eksistensi dan Promosi Kelembagaan TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4545
Yati, F., & Yaswinda, Y. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPPO dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.238
Yudha, R. P., Angela, E. N., Suhermah, D., Husnawati, & Apifah, H. (2023). Analisis Kebutuhan Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Raudhatul Athfal di Purwakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat STIE Syariah Imam Asy Syafii Pekanbaru, 2(1). https://doi.org/10.56184/jpkmjournal.v2i1.224
Refbacks
- There are currently no refbacks.