Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini

Khairun Nisa(1Mail), Sujarwo Sujarwo(2),
(1) Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Khairun Nisa

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534

Download Full Text:   [File Size  : 720KB]  Language : ID
Received : 2020-05-11  |  Published : 2020-05-30

Abstract


Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar. Beberapa peserta didik di PAUD PKBM Mentari mengalami permasalahan dalam belajar yang berakibat pada prestasi belajar mereka yang semakin menurun. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh efektivitas komunikasi guru terhadap motivasi belajar anak usia dini di PAUD PKBM Mentari Kayaarta, Klaten, Jawa Tengah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitaif, sampel berjumlah 30 orang warga belajar PAUD PKBM Mentari, pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan Ŷ = 1,36 + 0,99X. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai >  yaitu 12,935 > 1,697. Artinya Efektivitas komunikasi tutor berdampak terhadap Motivasi Belajar anak usia dini di PAUD PKBM Mentari Kayaarta. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Semakin efektif komunikasi tutor kepada anak usia dini, semakin meningkat motivasi mereka untuk mengikuti semua proses pembelajaran.


Keywords


efektivitas; komunikasi tutor; motivasi belajar

References


Afdilla, T. (2017). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Tunggal (Ibu) dengan Motivasi Belajar pada Siswa di Pondok Pesantren Mawaridussalam. Retrieved from http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8355

Ambarukmi, R. N., & Wijayanti, D. (2019). KAJIAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1). Retrieved from http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4754

Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1.

Choiro, U. D., Rasyad, A., & Supriyono, S. (2018). Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Transfer Pengetahuan Kerajinan Pandai Besi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 486–490.

Dwi Julianty, T. (2019). Penanganan Gangguan Komunikasi Pada Anak (Studi Kasus Di Autis Centre Kota Bengkulu). IAIN Bengkulu.

Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran problem based instruction pada mata kuliah fisika lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).

Febrina, N. A., & Isroah, I. (2012). Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas X Ak 3 Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.916.

Gunawan, F. (2015). Efektivitas Penggunaan Ashraf & BCL Sebagai Celebrity Endorser Dalam Iklan Televisi LINE Let’s Get Rich Dengan Menggunakan Model TEARS. Jurnal e-Komunikasi, 3(2).

Hardiansyah, S. (2019). Kontribusi Daya Tahan Kekuatan dan Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Kemampuan Tendangan Depan Atlet Pencak Silat Unit Kegiatan Olahraga Unp. Jurnal Menssana, 1(2), 61–67. https://doi.org/10.31258/jope.1.1.27-33.

Hermawan, D., & Kintamani, I. (2015). Kinerja Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Berdasarkan Misi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(1), 87–100. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i1.178.

Hermoyo,P. (2015). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1).

Muhammad Edra, K. E. N. (2017). Proses Komunikasi Antarpribadi Dalam Mengembangkan Potensi Anak Jalanan (Studi Kasus di Sanggar Alang-Alang Surabaya). Stikosa-AWS.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86-96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19.

Muslimah, N. (2015). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Kelas X. 1 Sma Teuku Umar Semarang Melalui Pembelajaran Multiple Intelligences Bervisi Sets. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from (Susilo, 2013). Sedangkan menurut Clayton Aldefer (dalam Hamdhu, 2011) motivasi belajar adalah kecenderungan siswa dalam melakukan segala kegiatan belajar yang didorong oleh hasrat untuk mencapai prestasi atau hasil belajar sebaik mungkin.

Nursalam, N., & Efendi, F. (2008). Pendidikan Dalam Keperawatan Education in Nursing. Salemba Medika. Retrieved from http://eprints.ners.unair.ac.id/534/1/Pendidikan_Dalam_Keperawatan.pdf

Sugiono. (2013). Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2010). Metode penelitian pendidikan. Pendekatan Kuantitatif.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukirman, S. (2011). Peranan Bimbingan Guru dan Motivasi Belajar dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Metro Tahun 2010. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 1(1), 23–35. Retrieved from http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk/article/view/349. https://doi.org/10.24127/gdn.v1i1.349.

Susilo, Y. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melaluimodel Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Materi Ajar Perbandingan Dan Fungsi Trigonometri Pada Siswa Kelas X. Mathedunesa, 2(2). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2710

Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77-92.

Yuniastuti, E. (2013). Peningkatan keterampilan proses, motivasi, dan hasil belajar biologi dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Jurnal penelitian pendidikan, 13(1).


Article Metrics

 Abstract Views : 227 times
 PDF Downloaded : 91 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.