Model Pembelajaran Kognitif Moral Berbentuk Cerita Animasi Dilema Moral Bagi Siswa Kelas Rendah

Author


Aiman Faiz(1Mail), Aris Fadly(2),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 619KB]

Published : 2023-11-18

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 316 times PDF Downloaded: 138 times

Abstract


Model pembelajaran Kognitif moral di Sekolah masih jarang tersentuh oleh para pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa dengan penggunaan model kognitif moral cerita dilema moral berbentuk animasi dapat meningkatkan pertimbangan moral siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan pendekatan kualitatif (observasi), kuantitatif (uji pre-test dan post-test) dengan subjek penelitian 33 orang siswa kelas III SD. Hasil penelitian, terdapat perbedaan nilai hasil pre-test dan post-test dengan rata-rata N-gain score diperoleh angka 0,67 dengan kategori sedang. Adapun N-gain score 67,5% dengan kategori tafsiran cukup efektif. Hasil tersebut membuktikan bahwa uji pre-test dan post-test pertimbangan moral siswa kelas III di SDN 4 Kenanga melalui model pembelajaran kognitif moral menggunakan media cerita animasi dapat memberikan pertimbangan moral yang lebih maju atau lebih baik. Hal ini menjadi kebaruan dalam dunia pendidikan kajian kognitif moral bahwa animasi bisa meningkatkan pertimbangan moral siswa kelas rendah.


Keywords


cerita animasi; dilema moral; pembelajaran kognitif moral

References


Abdul Hakam, K., & Syarief Nurdin, E. (2016). Metode Internalisasi Nilai-nilai: Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter. In Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan (Vol. 13, Issue 2). CV Maulana Media Grafika.

Allen, J. (1988). Promoting Preschoolers’ Moral Reasoning. Early Child Development and Care, 33(1–4), 171–180. https://doi.org/10.1080/0300443880330113

Bleazby, J. (2020). Fostering moral understanding, moral inquiry & moral habits through philosophy in schools: a Deweyian analysis of Australia’s Ethical Understanding curriculum. Journal of Curriculum Studies, 52(1), 84–100. https://doi.org/10.1080/00220272.2019.1650116

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research and Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. In Thousand Oaks California. Thousand Oaks California.

Dana, N. F., & Lynch-Brown, C. (1991). Moral development of the gifted: Making a case for children”s literature. Roeper Review, 14(1), 13–16. https://doi.org/10.1080/02783199109553373

Duska, R., & Whelan Mariellen. (1982). Perkembangan Moral, Perkenalan Dengan Piaget Dan Kolhberg. Yayasan Kanisius.

Estrada, M. R. B. (2022). The construction of moral personality paradigm. Conference: Moral Personality Construction Paradigm, September.

Fadlurohrman, F. (2021). Seorang Ustaz Hamili Santrinya, Sudah Lahir 8 Bayi, Korban Ada 12, Pesantren di Cibiru Kota Bandung. TribunJabar.Id.

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235

Faiz, A. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Kognitif Moral Melalui Media Cerita Animasi untuk Meningkatkan Pertimbangan Moral Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Faiz, A., Hakam, K. A., Nurihsan, J., & Komalasari, K. (2022). Pembelajaran Kognitif Moral Melalui Cerita Dilema Berbentuk Animasi. Jurnal Basicedu, 6(4), 6463–6470. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3284

Golis, C. (2019). The 7MTF: A Practical Tool to Lift Your Emotional Intelligence. Journal of Psychology Research, 9(4). https://doi.org/10.17265/2159-5542/2019.04.001

Hakam, K. A. (2008). Pendidikan Nilai. Value Press.

Haslip, M. J., Allen-Handy, A., & Donaldson, L. (2019). How do Children and Teachers Demonstrate Love, Kindness and Forgiveness? Findings from an Early Childhood Strength-Spotting Intervention. Early Childhood Education Journal, 47(5), 531–547. https://doi.org/10.1007/s10643-019-00951-7

Hilir, A. (2021). Teknologi Pendidikan di Abad Digital.

Kohlberg, L. (1963). Moral Development and Identification. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 64(9), 277–332. https://doi.org/10.1177/016146816306400907

Kohlberg, L., & Hersh, R. H. (1977). Moral Development: A Review of the Theory. In Theory Into Practice (Vol. 16, Issue 2, pp. 53–59). https://doi.org/10.1080/00405847709542675

Mallock, D. (1967). Moral dilemmas and moral failure. Australasian Journal of Philosophy, 45(2), 159–178. https://doi.org/10.1080/00048406712341111

McElwain, N. L., Olson, S. L., & Volling, B. L. (2002). Concurrent and longitudinal associations among preschool boys’ conflict management, disruptive behavior, and peer rejection. Early Education and Development, 13(3), 245–263. https://doi.org/10.1207/s15566935eed1303_1

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. In Alfabeta.

Narvaez, D., & Bock, T. (2002). Moral schemas and tacit judgement or how the defining issues test is supported by cognitive science. Journal of Moral Education, 31(3), 297–314. https://doi.org/10.1080/0305724022000008124

Nucci, L. P. (2014). Handbook Pendidikan Moral dan Karakter (Terjemahan Imam Baehaqi & Derta Sri Widowatie). In Abingdon: Routledge. Nusa Media.

Nurdyansyah, N. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. In Pandi Rais (Ed.), Media Pembelajaran Inovatif. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-71-3

Saracho, O. N. (2019). Handbook of research on the education of young children: Fourth edition. In Handbook of Research on the Education of Young Children. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429442827

Sterbenz, C. (2015). Here’s who comes after Generation Z and they’ll be the most transformative age group ever. Business Insider.

Winecoff, H. L., & Bufford, C. (1985). Toword Improved Instruction: A Curriculum Development Handbook for International Scholls. AISA.

Wismaliya, R. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kognitif Moral Dengan Menggunakan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pertimbangan Moral Siswa Sekolah Dasar: Penelitian Dan Pengembangan Model Pembelajaran Di SDN 2 Pasirtamiang Ciamis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wismaliya, R. (2021). Model Pembelajaran Kognitif Moral Menggunakan Cerita Bergambar Dan Bermain Peran Dalam Mengembangkan Pertimbangan Dan Kepekaan Moral. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/id/eprint/64483

Wismaliya, R., Hakam, K. A., Rahman, R., & Solehuddin, M. (2021). Penerapan Cerita Bergambar Berbasis Dilema Moral pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Tatap Muka dalam Mengembangkan Pertimbangan Moral Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.836


Refbacks

  • There are currently no refbacks.