Abstract
Model pembelajaran Kognitif moral di Sekolah masih jarang tersentuh oleh para pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa dengan penggunaan model kognitif moral cerita dilema moral berbentuk animasi dapat meningkatkan pertimbangan moral siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan pendekatan kualitatif (observasi), kuantitatif (uji pre-test dan post-test) dengan subjek penelitian 33 orang siswa kelas III SD. Hasil penelitian, terdapat perbedaan nilai hasil pre-test dan post-test dengan rata-rata N-gain score diperoleh angka 0,67 dengan kategori sedang. Adapun N-gain score 67,5% dengan kategori tafsiran cukup efektif. Hasil tersebut membuktikan bahwa uji pre-test dan post-test pertimbangan moral siswa kelas III di SDN 4 Kenanga melalui model pembelajaran kognitif moral menggunakan media cerita animasi dapat memberikan pertimbangan moral yang lebih maju atau lebih baik. Hal ini menjadi kebaruan dalam dunia pendidikan kajian kognitif moral bahwa animasi bisa meningkatkan pertimbangan moral siswa kelas rendah.