Author
Yourma Osnithia Wibowo(1),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 600KB]
Published : 2024-05-15
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 289 times PDF Downloaded: 166 timesAbstract
Keterbatasan guru menggunakan bahan ajar untuk menstimulasi perkembangan anak masih belum bervariasi dalam mengenalkan budaya lokal, khususnya menstimulasi dalam pembentukan karakter terutama pembentukan karakter peduli lingkungan. Penggunaan bahan ajar yang kurang bervariasi menimbulkan minat anak kurang tertarik untuk mengikuti kegiatan di sekolah. Tujuan penelitian akan menghasilkan produk berupa buku cerita bergambar berbasis budaya lokal Jambi yang layak dipergunakan. Penggunaan metode penelitian ini menggunakan Reasearch & Development (R&D) menggunakan model Borg & Gall (Research and Information Collection, Planning, Develop Preliminary Form a Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Angket yang terdiri dari lembar penilaian buku cerita bergambar oleh ahli media, ahli materi, dosen dan guru. Bahan ajar buku cerita bergambar berbasis budaya lokal Jambi dapat menjadi sumber belajaran untuk menyampaikan materi kegiatan belajar di sekolah.
Keywords
References
Daftar Pustaka
Borg, W. ., & Gall, M. . (2003). Education research: an introduction (Edition 4). Longman Inc.
Brown, C. P., McMullen, M. B., & File, N. (2019). The Wiley Hanbook Of Early Chilhood Care And Education. Station Landing.
Ginting, E. V., Ginting, R. R., Hasibuan, R. J., & Perangin-angin, L. M. (2022). Analisis Faktor Tidak Meratanya Pendidikan Di SDN 0704 Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 407–416. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i4.778
Gough, A., & Whitehouse, H. (2020). Centering Gender On The Agenda For Environmental Education Research. The Journal of Environmental Education, 50(4–6), 332–347. https://doi.org/10.1080/00958964.2019.1703622
Hungerford, H., Peyton, R. Ben, Wilke, R. J., Hungerford, H., Peytonand, R. B. E. N., & Wllke, R. J. (2013). Goals for Curriculum Development in Environmental Education. The Journal of Environmental Education, November 2013, 37–41.
Lickona, T. (1991). Character matters, "how to help our children develop good judgment, integrity and other essential virtues. Touchstone.
Liu, M. ., & Wang, P. . (2003). A research on using picture books as the medium to teach environmental issues. Journal Of Environmental Education Research, 2, 93–122.
Lohmander, M. K., & Samuelsson, I. P. (2015). Play And Learning In Early Childhood Education In Sweden. 8(2), 20. https://doi.org/10.11621/pir.2015.0202
Ma, M. Y., & Wei, C. C. (2016). A comparative study of children’s concentration performance on picture books: age, gender, and media forms. Interactive Learning Environments, 24(8), 1922–1937. https://doi.org/10.1080/10494820.2015.1060505
Manik. (2018). Pengelolaan lingkungan hidup. Kencana.
Mendoza, J., & Reese, D. (2001). Examining multicultural picture books for the early childhood classroom: Possibilities and pitfalls. Early Childhood Research and Practice, 3(2).
Nugroho, M. A. (2022). Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup: Upaya Penanaman Kesadaran Lingkungan. 1(2), 93–108. https://doi.org/10.18860/ijpgmi.v1i2.1691
Purwanto, N. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Rohmah, S. Y., Utanto, Y., & ... (2022). Implementasi Membacakan Buku Cerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Prosiding Seminar, 3. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1638
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tadjuddin, N. (2015). Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran Anak Usia Dini (Cetakan Pe). Aura Printing & Publishing.
Volk, T. L., & Cheak, M. J. (2016). The Effects of an Environmental Education Program on Students , Parents , and Community. 8964(March). https://doi.org/10.1080/00958960309603483
Wafiqni, N., & Nurani, S. (2019). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 255–270. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.170
Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., Mahartini, K. T., Dafiq, N., Suparman, & Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini (I. P. Y. Purandina (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Woolfolk, A. (2009). Educational Psychology. Allyn an Acon.
Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini (Edisi Pert). Prenadamedia Group.
ZR, Z., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567–1577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.896
Refbacks
- There are currently no refbacks.