Efektivitas Buku Cerita Bergambar pada Keberhasilan Toilet Training Anak Usia 3-4 Tahun

Dalety Jelita Hayati(1Mail), Suparno Suparno(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 dalety jelita hayati

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.498

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-03-10
Published : 2020-03-25

Abstract


Masih banyak anak yang mengalami kesulitan toilet training, yaitu saat mereka berkata ingin buang air kecil akan tetapi masih belum bisa membuka pakaiannya sendiri, kejadian tersebut merupakan salah satu permasalah yang terjadi pada toilet training anak. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui keefektifan buku cerita bergambar yang disesuaikan untuk pemahaman pendidikan toilet training bagi anak usia 3-4 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia 3-4 tahun di salah satu TK ABA Yogyakarta yang berjumlah 16 anak. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengggunakan uji t dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan hasil uji t pada perilaku toilet training (observasi siswa) diperoleh kesimpulan buku cerita bergambar “yuk ke toilet sendiri” efektif terhadap keberhasilan perilaku toilet training pada kelompok anak usia 3-4 tahun.


Keywords


efektivitas; cerita bergambar; perilaku toilet training

References


Albaramki, J. H., Allawama, M. A., & Yousef, A. F. (2017). Toilet Training and Influencing Factors that Affect Initiation and Duration of Training : A Cross Sectional Study. Iran Journal Pediatr, 27(September 2014), 0–4. https://doi.org/10.5812/ijp.9656.Research

Arief, Y. S., Qur, N., & Hidayati, W. (2009). Dampak Disposable Diaper terhadap Keterlambatan Kesiapan Toilet Training Anak Toddler ( Disposable Diaper Impact the Toddler ’ s Toilet Training Readiness ). Jurnal Ners, 4(1), 36–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20473/jn.v4i1.5011

Avanti Vera Risti P., & Ega Asnatasia M. (2017). Buku cerita bergambar “yuk, ke toilet sendiri!” pengembangan media pembelajaran buku untuk pendidikan seks pada anak usia 2 – 4 tahun. 2015(April 2016), 1554–1562.

Barone, J. G., Jasutkar, N., & Schneider, D. (2009). Later toilet training is associated with urge incontinence in children. Journal of Pediatric Urology, 5(6), 458–461. https://doi.org/10.1016/j.jpurol.2009.05.012

Choby, B. A., & George, S. (2008). Toilet Training. American Family Physician, 78(9), 1060–1064. https://doi.org/10.2307/j.ctv62hffc.26

Doan, D., & Toussaint, K. A. (2016). A parent-oriented approach to rapid toilet training. International Electronic Journal of Elementary Education, 9(2SpecialIssue), 473–486.

Edy. (2012). Ayah Edy Menjawab. Jakarta: PT Mizan Publika.

Gilbert, Jane. (2003). Latihan Toilet. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Hayati, D. (2019). Proses Penerapan Etika Bertoilet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 326. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.334

Hodges, S. J., Richards, K. A., Gorbachinsky, I., & Krane, L. S. (2014). The association of age of toilet training and dysfunctional voiding. Research and Reports in Urology, 6, 127–130. https://doi.org/10.2147/RRU.S66839

Hurlock, E. B. (1972). Child Development. McGraw Hill Education.

Khoiruzzadi, M., & Fajriyah, N. (2019). Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak. 1(2), 142–154.

Kroeger, K. A., & Sorensen-Burnworth, R. (2009). Toilet training individuals with autism and other developmental disabilities: A critical review. Research in Autism Spectrum Disorders, 3(3), 607–618. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2009.01.005

Kurniawan, R., Purnamasari, W. M., Rakhmawati, R., & Jalaputra, D. P. E. (2018). Development of Game for Self-Help Toilet Learning for Children with Autism. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 12(1), 1. https://doi.org/10.21512/commit.v12i1.4112

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT RIneka Cipta.

Mota, D. M., & Barros, A. J. D. (2008). Treinamento esfincteriano: Métodos, expectativas dos pais e morbidades associadas. Jornal de Pediatria, 84(1), 9–17. https://doi.org/10.2223/JPED.1752

Mujahidatu Musfiroh dan Beni Lukmanawati Wisudaningtyas. (2014). Penyuluhan Terhadap Sikap Ibu Dalam Memberikan Toilet Training Pada Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.15294/kemas.v9i2.2844

Önen, S., Aksoy, I., Taşar, M. A., & Bilge, Y. D. (2012). Factors that affect toilet training in children. Medical Journal of Bakirkoy, 8(3), 111–115. https://doi.org/10.5350/BTDMJB201208304

Pramono, D., & Risnawati, A. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Latihan Pembiasaan Penggunaan Toilet di KB Al-Hidayah Insan Mandiri Kabupaten Bandung. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.8

Rahayu, Aprianti Yofita. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: Indeks.

Ratne, Heni Purwaningsih, R. A. (2019). Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler. In Indonesian Journal of Nursing Research (Vol. 2, Issue 1).

Santrock, J. W. (2011). Child Development Thirteenth Edition. In University of Texas at Dallas.

Shalahuddin, I., Pebrianti, S., Maulana, I., Keperawatan, F., Padjadjaran, U., & Garut, K. (2018). Toilet Training pada Anak Usia Toddler di Desa Majasari Garut Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia , Vol . 5 No . 2 , Agustus 2018 Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia , Vol . 5 No . 2 , Agustus 2018. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 5(2), 59–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/jpkmi.v5i2.5484

Solarin, A. U., Olutekunbi, O. A., Madise-Wobo, A. D., & Senbanjo, I. (2017). Toilet training practices in Nigerian children. SAJCH South African Journal of Child Health, 11(3), 122–128. https://doi.org/10.7196/SAJCH.2017.v11i3.1287

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tarhan, H., Çakmak, Ö., Akarken, İ., Ekin, R. G., Ün, S., Uzelli, D., Helvacı, M., Aksu, N., Yavaşcan, Ö., Mutlubaş-Özsan, F., Cun, S., Koç, F., Özkarakaş, Ö., İlbey, Y. Ö., & Zorlu, F. (2015). Toilet training age and influencing factors: A multicenter study. Turkish Journal of Pediatrics, 57(2), 172–176.

van Nunen, K., Kaerts, N., Wyndaele, J. J., Vermandel, A., & van Hal, G. V. (2015). Parents’ views on toilet training (TT): A quantitative study to identify the beliefs and attitudes of parents concerning TT. Journal of Child Health Care, 19(2), 265–274. https://doi.org/10.1177/1367493513508232

Vermandel, A., Weyler, J., De Wachter, S., & Wyndaele, J. J. (2008). Toilet training of healthy young toddlers: A randomized trial between a daytime wetting alarm and timed potty training. Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics, 29(3), 191–196. https://doi.org/10.1097/DBP.0b013e31816c433a


Article Metrics

 Abstract Views : 153 times
 PDF Downloaded : 50 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.