Abstract


Masih banyak anak yang mengalami kesulitan toilet training, yaitu saat mereka berkata ingin buang air kecil akan tetapi masih belum bisa membuka pakaiannya sendiri, kejadian tersebut merupakan salah satu permasalah yang terjadi pada toilet training anak. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui keefektifan buku cerita bergambar yang disesuaikan untuk pemahaman pendidikan toilet training bagi anak usia 3-4 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia 3-4 tahun di salah satu TK ABA Yogyakarta yang berjumlah 16 anak. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengggunakan uji t dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan hasil uji t pada perilaku toilet training (observasi siswa) diperoleh kesimpulan buku cerita bergambar “yuk ke toilet sendiri” efektif terhadap keberhasilan perilaku toilet training pada kelompok anak usia 3-4 tahun.


Keywords


efektivitas; cerita bergambar; perilaku toilet training