
Author
Desika Putri Mardiani(1

Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(1)
New Media, University of Leeds, United Kingdom(2)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(3)

Published : 2024-05-01
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 554 times
PDF Downloaded: 269 times
Abstract
Miskonsepsi terhadap kesiapan sekolah anak ketika memasuki sekolah dasar menjadi perhatian pemerintah. Orang tua bahkan guru menganggap keberhasilan pendidikan anak adalah ketika anak memiliki keterampilan calistung saja, padahal ada aspek lain yang juga penting untuk dikembangkan. Untuk itu, pemerintah menggalakkan program transisi PAUD-SD agar AUD tidak menjalani penyesuaian terlalu banyak. Tujuan penelitian untuk mengeksplorasi perspektif orang tua dan guru di lingkungan Yayasan Al-Ilyas, terhadap rencana pelaksanaan program transisi PAUD-SD. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Wawancara dan angket sebagai teknik pengumpulan data utama, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Hasil riset ini menunjukkan masih banyak orang tua dan guru yang belum mengetahui adanya program transisi PAUD-SD. Perspektif orang tua dan guru yaitu sangat setuju jika dihapuskan tes calistung sebagai prasyarat masuk sekolah dasar, menyetujui adanya masa orientasi, tetap dilakukan pengenalan numerasi dan literasi yang memadai. Guru membersamai kemampuan fondasi anak, melakukan pelaporan hasil perkembangan anak, serta menyusun kurikulum sesuai standar teknis.
Keywords
References
Ariyanto, A., Winarsih;, Candrahandaya, H., Martanti, C. D., & Saputro, L. A. (2023). Perencanaan Asesmen Formatif Pembelajaran Numerasi Pada Transisi Paud-Sd Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 10(2), 66–76. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/2904
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Modul 3 Bagaimana membangun kemampuan literasi. Kemdikbudristek.
Bujuri, D. A., Baharudin, B., Fiteriani, I., Istiyani, I., & Baiti, M. (2021). Improving Student’s Learning Liveliness Of Natural Science By Giving Question And Getting Answer Startegy At Islamic Elementary School. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 7(1), 17–27. https://doi.org/10.19109/jip.v7i1.7990
Christianti, M. (2015). Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042
Fakhruddin, A. U. (2019). Menjadi Guru Paud. Elex Media Komputindo.
Haryanti, D. (2020). Keaksaraan awal anak usia dini. In M. Nasrudin (Ed.), PT. Nasya Expanding Management. PT. NasyaExpanding Management.
Hasmalena, H., Syafdaningsih, S., Laihat, L., Kurniah, N., Zulaiha, D., Siregar, R. R., Pagarwati, L. D. A., & Noviyanti, T. (2023). Pengembangan Media Video Animasi 2D Materi Regulasi Diri untuk Masa Transisi ke SD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 637–646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3632
Kemdikbudristek. (2023). Permainan “ Mana yang Miskonsepsi ”? Permainan “ Mana yang Miskonsepsi ”? (Issue v). Kemdikbudristek.
Kemendikbudristek. (2022). Modul 5 Bagaimana merencanakan pembelajaran yang Perjalanan belajar yang akan Bapak / Ibu lalui. Kemendikbudristek.
Lestari, D. P. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Mendukung Transisi PAUD Ke SD di Raudhatul Atfhfal (RA) Masyithoh, Semuluh, Gunungkidul. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 781–788. https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2633
Miles, M., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications.
Musfita, R. (2019). Transisi PAUD ke Jenjang SD: Ditinjau Dari Muatan Kurikulum Dalam Memfasilitasi Proses Kesiapan Belajar Bersekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 412–420.
Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang –Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 3(2), 57–87. https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/123
Palupi, I. D. R. (2020). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.31538/aulada.v1i1.209
Pebriani, I., Handayani, K., Insan, U., Indonesia, P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2024). Mewujudkan transisi yang lancar:strategi menarik dalam mendukung anak menuju sd dari paud. JISMA:Journal of Information Systems and Management, 03(02), 94–98.
Sari, N. K. P. (2020). Respon Calon Jamaah Haji Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Di Kbih Mandiri Kota Pekanbaru. http://repository.uin-suska.ac.id/29007/
Wardhani, N., & Nufiar. (2018). Raudhatul Athfal, Kurikulum dan Metodologi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. CV. Naskah Aceh.
Wijaya, I. P. (2023). Penerapan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan : Ditinjau dari Aspek Psikologis Anak. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-6, 6, 1982–1988. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/4012
Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., Mahartini, K. T., Dafiq, N., Ayu, P. E. S., & others. (2021). Teori dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Wulandari, H., & Fachrani, P. D. (2023). Analisis Perspektif Orang Tua Terhadap Anak Mahir Calistung Sebagai Persiapan Transisi PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 423–432. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2996
Yakin, I. H. (2012). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
Yuliantina, I., Ambarrukmi, S., Yuniarti, S. L., Isaeni, N., Kunci, K., & Paud-Sd, T. (2023). PKM Bimbingan Teknis Transisi PAUD-SD untuk Guru PAUD dan Guru SD. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa (JPMF), 2(2), 79–86. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jpmf
Refbacks
- There are currently no refbacks.