Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Gorontalo

Sukma Nurilawati Botutihe(1Mail),
(1) Bimbingan Konseling Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Sukma Nurilawati Botutihe

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.481

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-02-25
Published : 2020-03-05

Abstract


Pola kegiatan dalam pengelolaan sekolah non formal PAUD adalah perencanaan pendidikan, pengolahan dan analisa data pendidikan, pembiayaan pendidikan, pengembangan kurikulum, pengelolaan sumber daya manusia dan pengawasan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori dan pendekatan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian 102 pengelola dan pendidik PAUD di Kota Gorontalo sebagai sumber informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% pola pengolaan pendidikan anak usia dini di Kota Gorontalo dikatergorisasikan baik. Ditunjukkan bahwa kompetensi pengelola dan pendidik PAUD dilaksanakan secara efektif pada aspek kompetensi teknis, kompetensi kepribadian serta kompetensi sosial yang dimiliki oleh pengelola, pendidik dan pengawai tata usaha sekolah di PAUD.       


Keywords


pengelolaan PAUD; pendidikan anak usia dini; anak usia dini

References


Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). “Kebun Buah” Learning Media for Early Childhood Counting Ability Despa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128

Çalışkan, A., & Özdemir, A. (2018). Meeting Management Skills of District Directors of National Education According to Perceptions of School Managers. Journal of Education and Training Studies, 6(11), 113–127. https://doi.org/10.11114/jets.v6i11.3200

Depdiknas. (2004). Standar Kompetensi Guru. Depdiknas.

Fakhrudin, A. . (2010). Sukses Menjadi Guru TK/PAUD. Bening.

Fatimah, D. F., & Rohmah, N. (2016). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(November), 247–273. https://doi.org/doi.org/10.14421/manageria.2016.12-05

Gilmour, A. F., Majeika, C. E., Sheaffer, A. W., & Wehby, J. H. (2018). The Coverage of Classroom Management in Teacher Evaluation Rubrics. Teacher Education and Special Education. https://doi.org/10.1177/0888406418781918

Hanifah, H. (2018). Penerapan Manajemen Program Pembelajaran Bagi Guru Paud Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 24. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1102

Ho, C. D. (2009). Human resource management in Hong Kong preschools : the impact of falling rolls on staffing. International Journal of Educational Management, 23(3), 217–226. https://doi.org/10.1108/09513540910941720

Ibrahim, I. A. A., Ali, I. A., & Abdalla, M. S. (2017). Educational Management , Educational Administration and Educational Leadership : Definitions and General concepts. SAS Journal of Medicine (SASJM), 3(12), 326–329. https://doi.org/10.21276/sasjm.2017.3.12.2

Kadir, N. J., & Adebayo, T. A. (2019). Digitization In Education System and Management of Early Childhood Care Education in Nigeria. Southeast Asia Early Childhood Journal, 8(2), 28–42.

Kodarni. (2016). Kualitas Manajemen Kurikulum PAUD IT Cerliana Kota Pekanbaru. UPT Perpustakaan UNJ.

Macías, D. F. (2018). Classroom Management in Foreign Language Education : An Exploratory Review. Universidad Nacional de Colombia, Facultad de Ciencias Humanas, Departamento de Lenguas Extranjeras, 20(1), 153–166.

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Munastiwi, E. (2019). Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 369–380. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-09

Mustar, M. (2014). Manajemen Pendidikan. PT Raja Grafndo.

Patimah, R. S., & Nurhayati, S. (2020). Manajemen Lembaga Taman Kanak-kanak Berprestasi dalam Rangka Mencetak Anak Usia Dini yang Unggul dan Berkarakter. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(1), 6–17. https://doi.org/dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3296

Province, S., Sawaddemongkol, P., Boonphak, K., & Pimsarn, N. (2017). Development of Efficiency Management System for Private Kindergarten Schools in Samutprakan Province, Thailand. Creative Education, 8, 1099–1110. https://doi.org/10.4236/ce.2017.87079

Qodriyati, T. U., & Raharjo, T. J. (2018). Learning Management of Early Childhood Education at Mentari Kids. Journal of Nonformal Education, 4(1), 57–68. https://doi.org/dx.doi.org/10.24914/pnf.v4i1.13574

Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=dSpAlXuGUCUC&pg=PA50&dq=bagan+penelitian+eksplanatori&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjy0YXIh4LoAhXjjeYKHTjMBzMQ6AEIMDAB#v=onepage&q&f=false

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 20. Seketariat Negara.

Ridho, R., Markhamah, & Darsinah. (2015). Pengelolaan pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) di kb “cerdas” kecamatan sukorejo kabupaten kendal. Penelitian HUmanora, 16(3), 59–69.

Roza, D., Nurhafzah, & Yaswinda. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 267–273. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Sugita & Ansori. (2018). Jurnal comm-edu. Jurnal Comm-Edu, 1(20), 127–137. https://doi.org/dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.639

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharti, S. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(1), 51. https://doi.org/10.29240/jsmp.v2i1.397

Suyadi, & Maulidya, U. (2013). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Utami, E. (2018). Management Of Kindergarten (TK) Parenting Program in Mujahidin 2 on East Pontianak District. Journal of Education, Teaching, and Learning, 3(2), 273–281.

Yunita, W., Utami, D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2020). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259


Article Metrics

 Abstract Views : 148 times
 PDF Downloaded : 46 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.