Abstract


Pola kegiatan dalam pengelolaan sekolah non formal PAUD adalah perencanaan pendidikan, pengolahan dan analisa data pendidikan, pembiayaan pendidikan, pengembangan kurikulum, pengelolaan sumber daya manusia dan pengawasan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori dan pendekatan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian 102 pengelola dan pendidik PAUD di Kota Gorontalo sebagai sumber informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% pola pengolaan pendidikan anak usia dini di Kota Gorontalo dikatergorisasikan baik. Ditunjukkan bahwa kompetensi pengelola dan pendidik PAUD dilaksanakan secara efektif pada aspek kompetensi teknis, kompetensi kepribadian serta kompetensi sosial yang dimiliki oleh pengelola, pendidik dan pengawai tata usaha sekolah di PAUD.


Keywords


pengelolaan PAUD; pendidikan anak usia dini; anak usia dini