- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pembelajaran Inklusi pada Anak Usia Dini: Bagaimana Sistem Pengelolaannya?
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4559Keywords:
pengelolaan pembelajaran, pendidikan inklusi, paudAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yaitu bentuk layanan yang berperan agar keterampilan dan kemampuan anak berkembang optimal melalui proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran di PAUD Inklusi Saymara Kartasura meliputi: perencanaan, pengkoordinasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran inklusi diintegrasikan antara ABK dengan siswa reguler tertuang pada perencanaan semester, mingguan, dan harian. (2) Pengkoordinasian pembelajaran inklusi dilakukan dengan bentuk koordinasi vertikal dan horizontal. (3) Pelaksanaan pembelajaran inklusi dimulai dengan (a) kegiatan pendahuluan, (b) inti, dan (c) penutup. Adanya program terapi perkembagan bagi ABK. (4) Evaluasi pembelajaran inklusi menggunakan teknik penilaian harian, observasi, unjuk kerja, tanya jawab, hasil karya, dan anekdot. Hasil penilaian setiap anak berbeda, disesuaikan dengan kemampuan ABK maupun siswa reguler.
Downloads
References
Agustin, I. (2019). Permasalahan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di SDN Se Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 17–26. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3104
Anggita Sakti, S. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Godlen Age, Universitas Hamzanwadi, 04(2), 238–249. https://doi.org/10.29408/Jga.V4i02.2019
Arzaqi, R. N. (2019). The Learning Management For Children With Special Needs (Study In Efata PAUD, Semarang City). Early Childhood Education Papers ( Belia), 8(2), 105–112. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/34490
Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94–100. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i6.703
Farida, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud. Wacana Didaktika, 5(02), 189. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.v5i02.63
Fitriani, F., Trisnamansyah, S., & Insan, H. S. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 929–938. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.514
Fitriani, L. (2019). Manajemen Pembelajaran Inklusi di TK Laboratori Pedagogia UNY Yogyakarta. Annual Conference on Islamic Early Childhood. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/136%0A
Hastari, Y. N., & Sujana, I. W. (2020). Pelaksanaan Program Paud Inklusi Berbasis Pendidikan Islam: Studi Kasus Di Ra Anak Emas Kota Denpasar. Journal for Lesson and Learning, 3(3), 469–476. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/29419
Imamah, H. A. (2016). Studi Kasus Proses Pembelajaran Inklusi Di Tk Islam Pelangi Anak Negeri Umbulharjo Yogyakarta Case Study of Inclusion Learning Process in Tk Islam Pelangi Anak Negeri Umbulharjo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1020–1029. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/5492
Jauhari, M. N., Mambela, S., Usfinit, A. H., & Batlyol, A. (2023). Manajemen Pendidikan Inklusi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Pancasona, 2(2023), 235–240. https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i1.6983
Kresnawaty, A., & Heliawati, R. (2019). Manajemen Pembelajaran Inklusi Pada Anak Usia Dini. Educhild: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 15–23. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/EDUCHILD/article/view/565
Kurniawati, R., Setyorini, W., Ahdaniyah, D. M., & Buton, M. (2023). Kurikulum dan Pembelajaran Program Pendidikan Inklusi PAUD. 9(May), 1307–1312. https://doi.org/10.37905/aksara.9.2.1307-1312.2023
Lazar, F. L. (2020). the Importance of Inclusive Education for Child With Special Needs. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 99–115. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.512
Lilianti, L., Rosida, W., Adam, A., Said, H., Kabiba, K., Arfin, A., & Junaidin, J. (2021). Manajemen Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 7191–2200. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1151
Margiyanto. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Implementasi Pengelolaan PAUD Inklusi di Kelompok Bermain. 4(5), 6956–6962. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3805
Maria, Purnomo, M. E., & Abdurrahmansyah. (2023). Implementasi Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SMP Negeri 13 Palembang. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 150–169. https://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/230
Moleong. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Mudjito, Harizal, & Efendi. (2012). Pendidikan Inklusi. Baduose Media.
Permata Sari, D., & Paska, S. (2021). Pengalaman Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Mengenai Pembelajaran daring selama Pandemi COVID-19. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 17(1), 11–19. https://doi.org/10.21831/jpk.v17i1.37216
Rasmitadila. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Rajawali Pers.
Ridho, R., Markhamah, & Darsinah. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kb “Cerdas†Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humanoria. https://doi.org/10.23917/humaniora.v16i2.1857
Roza, A. (2020). Perencanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Majamen Sekolah Inklusif. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(1), 61–69. https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i1.3085
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.
Sa’adah, F. (2012). Pengelolaan Pembelajaran Di Sd Negeri Bungah Gresik. Inspirasi Manajemen Pendidikan, Kolisch 1996, 49–56. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/15395
Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2021). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209–1220. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.811
Samsuni. (2022). Manajemen Sumber Daya Pendidik Dalam Pengelolaan Kelas Inklusi Bagi Anak Difabel. Jurnal Tarbiyah Darussalam, 6(2), 71–78. https://doi.org/10.58791/tadrs.v6i2.274
Sari, E. F. D. M. (2018). Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Alam pada Kelompok Bermain Jogja Green School. Hanata Widya. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipmp/article/view/12049
Shofa, M. F. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Inklusi di Paud Inklusi Saymara Kartasura. At- Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.22515/Attarbawi.V3i2.1337
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.
Syafiie, I. K. (2011). Manajemen Pemerintahan. Pustaka Reka Cipta.
Tanjung, R., Supriani, Y., Arifudin, O., & Ulfah, U. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.419
Windarsih, C. A., Jumiatin, D., Efrizal, E., Sumini, N., & Utami, L. O. (2017). Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Dikota Cimahi Jawa Barat. P2M STKIP Siliwangi, 4(2), 7. https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2p7-11.636
Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. International Journal of Elementary Education, 3(3), 267. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19407
Yusnira. (2015). Pengelolaan Pembelajaran melalui Bermain Pasir Dan Air Pada Sentra Bahan Alam di PAUD Insan Kamil Bangkinang Kampar. Jurnal Obsesi: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 1–27. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/71