Pembelajaran Inklusi pada Anak Usia Dini: Bagaimana Sistem Pengelolaannya?

Authors

  • Sekar Tyas Pangestuti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Darsinah Darsinah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4559

Keywords:

pengelolaan pembelajaran, pendidikan inklusi, paud

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yaitu bentuk layanan yang berperan agar keterampilan dan kemampuan anak berkembang optimal melalui proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran di PAUD Inklusi Saymara Kartasura meliputi: perencanaan, pengkoordinasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran inklusi diintegrasikan antara ABK dengan siswa reguler tertuang pada perencanaan semester, mingguan, dan harian. (2) Pengkoordinasian pembelajaran inklusi dilakukan dengan bentuk koordinasi vertikal dan horizontal. (3) Pelaksanaan pembelajaran inklusi dimulai dengan (a) kegiatan pendahuluan, (b) inti, dan (c) penutup. Adanya program terapi perkembagan bagi ABK. (4) Evaluasi pembelajaran inklusi menggunakan teknik penilaian harian, observasi, unjuk kerja, tanya jawab, hasil karya, dan anekdot. Hasil penilaian setiap anak berbeda, disesuaikan dengan kemampuan ABK maupun siswa reguler.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, I. (2019). Permasalahan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di SDN Se Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 17–26. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3104

Anggita Sakti, S. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Godlen Age, Universitas Hamzanwadi, 04(2), 238–249. https://doi.org/10.29408/Jga.V4i02.2019

Arzaqi, R. N. (2019). The Learning Management For Children With Special Needs (Study In Efata PAUD, Semarang City). Early Childhood Education Papers ( Belia), 8(2), 105–112. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/34490

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94–100. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i6.703

Farida, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud. Wacana Didaktika, 5(02), 189. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.v5i02.63

Fitriani, F., Trisnamansyah, S., & Insan, H. S. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 929–938. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.514

Fitriani, L. (2019). Manajemen Pembelajaran Inklusi di TK Laboratori Pedagogia UNY Yogyakarta. Annual Conference on Islamic Early Childhood. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/136%0A

Hastari, Y. N., & Sujana, I. W. (2020). Pelaksanaan Program Paud Inklusi Berbasis Pendidikan Islam: Studi Kasus Di Ra Anak Emas Kota Denpasar. Journal for Lesson and Learning, 3(3), 469–476. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/29419

Imamah, H. A. (2016). Studi Kasus Proses Pembelajaran Inklusi Di Tk Islam Pelangi Anak Negeri Umbulharjo Yogyakarta Case Study of Inclusion Learning Process in Tk Islam Pelangi Anak Negeri Umbulharjo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1020–1029. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/5492

Jauhari, M. N., Mambela, S., Usfinit, A. H., & Batlyol, A. (2023). Manajemen Pendidikan Inklusi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Pancasona, 2(2023), 235–240. https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i1.6983

Kresnawaty, A., & Heliawati, R. (2019). Manajemen Pembelajaran Inklusi Pada Anak Usia Dini. Educhild: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 15–23. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/EDUCHILD/article/view/565

Kurniawati, R., Setyorini, W., Ahdaniyah, D. M., & Buton, M. (2023). Kurikulum dan Pembelajaran Program Pendidikan Inklusi PAUD. 9(May), 1307–1312. https://doi.org/10.37905/aksara.9.2.1307-1312.2023

Lazar, F. L. (2020). the Importance of Inclusive Education for Child With Special Needs. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 99–115. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.512

Lilianti, L., Rosida, W., Adam, A., Said, H., Kabiba, K., Arfin, A., & Junaidin, J. (2021). Manajemen Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 7191–2200. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1151

Margiyanto. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Implementasi Pengelolaan PAUD Inklusi di Kelompok Bermain. 4(5), 6956–6962. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3805

Maria, Purnomo, M. E., & Abdurrahmansyah. (2023). Implementasi Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SMP Negeri 13 Palembang. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 150–169. https://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/230

Moleong. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mudjito, Harizal, & Efendi. (2012). Pendidikan Inklusi. Baduose Media.

Permata Sari, D., & Paska, S. (2021). Pengalaman Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Mengenai Pembelajaran daring selama Pandemi COVID-19. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 17(1), 11–19. https://doi.org/10.21831/jpk.v17i1.37216

Rasmitadila. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Rajawali Pers.

Ridho, R., Markhamah, & Darsinah. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kb “Cerdas†Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humanoria. https://doi.org/10.23917/humaniora.v16i2.1857

Roza, A. (2020). Perencanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Majamen Sekolah Inklusif. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(1), 61–69. https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i1.3085

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.

Sa’adah, F. (2012). Pengelolaan Pembelajaran Di Sd Negeri Bungah Gresik. Inspirasi Manajemen Pendidikan, Kolisch 1996, 49–56. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/15395

Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2021). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209–1220. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.811

Samsuni. (2022). Manajemen Sumber Daya Pendidik Dalam Pengelolaan Kelas Inklusi Bagi Anak Difabel. Jurnal Tarbiyah Darussalam, 6(2), 71–78. https://doi.org/10.58791/tadrs.v6i2.274

Sari, E. F. D. M. (2018). Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Alam pada Kelompok Bermain Jogja Green School. Hanata Widya. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipmp/article/view/12049

Shofa, M. F. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Inklusi di Paud Inklusi Saymara Kartasura. At- Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.22515/Attarbawi.V3i2.1337

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.

Syafiie, I. K. (2011). Manajemen Pemerintahan. Pustaka Reka Cipta.

Tanjung, R., Supriani, Y., Arifudin, O., & Ulfah, U. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.419

Windarsih, C. A., Jumiatin, D., Efrizal, E., Sumini, N., & Utami, L. O. (2017). Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Dikota Cimahi Jawa Barat. P2M STKIP Siliwangi, 4(2), 7. https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2p7-11.636

Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. International Journal of Elementary Education, 3(3), 267. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19407

Yusnira. (2015). Pengelolaan Pembelajaran melalui Bermain Pasir Dan Air Pada Sentra Bahan Alam di PAUD Insan Kamil Bangkinang Kampar. Jurnal Obsesi: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 1–27. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/71

Downloads

Additional Files

Published

27-06-2023

How to Cite

Pangestuti, S. T., & Darsinah, D. (2023). Pembelajaran Inklusi pada Anak Usia Dini: Bagaimana Sistem Pengelolaannya?. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3509–3518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4559

Issue

Section

Articles