- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia Dini Pasca Pembelajaran Daring Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4504Keywords:
motorik halus, anak usia dini, pembelajaran daringAbstract
Pasca pembelajaran daring saat pandemi covid-19, berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak, disebabkan aktivitas anak lebih banyak berhubungan dengan gadget daripada melatih gerakan otot tangan.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus pada anak usia dini pasca pembelajaran daring. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan partisipan berjumlah 3 orang yang berasal dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berbeda dengan inisial HY 6 tahun (laki-laki), S 5 tahun (perempuan) dan HR 4 tahun (perempuan). Analisis dari hasil peneilitan yang dilakukan menunjukan bahwa ketiga partisipan mengalami keterlambatan perkembangan motorik halus pada bagian mengontrol gerakan tangan yang dialami partisipan HR, bagian yang berpola pada tingkat sederhana dialami oleh partisipan S, serta pola pada tingkat sulit dialami oleh partisipan HY. Faktor yang melatarbelakangi keterlambatan ini diantaranya  penerapan sistem pembelajaran yang dilakukan secara daring saat pandemi covid-19, kurangnya stimulasi perkembangan oleh guru maupun orang tua, serta pengetahuan orang tua terhadap perkembangan motorik halus pada anak
Downloads
References
Aguss, R. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun Pada Era New Normal. Sport Science and Education Journal, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i1.998
As-Tsauri, M. S., Arifin, B. S., & Tarsono, T. (2021). Efek Penggunaan Smartphone Berkelanjutan Di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Perkembangan Psikologis Anak. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 14. https://doi.org/10.33474/elementeris.v3i1.10818
Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22
Fatwa, A. (2020). Indonesian Journal of Instructional Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Era New Normal. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1, 20–30. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit/article/view/37
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Ismawati, P., Maulida, S., & Maysaroh, U. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak Di Ra Nurul Hikmah Ketemas Dungus Puri Mojokerto. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 20–33. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i1.722
Khoiruzzadi, M., Barokah, M., & Kamila, A. (2020). Upaya Guru Dalam Memaksimalkan Perkembangan Kognitif, Sosial dan Motorik Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.561
Nasution, S. T., & Sutapa, P. (2020). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Motorik AUD Pada Era Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1313–1324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.849
Palestina, S. (2021). Efektifitas Penggunaan Daring Bagi Anak PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.24853/yby.v5i1.9302
Pendidikan, K. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK. A/HK/2020. Mendikbud RI, 1–2. kemdikbud. go. id.https://www.
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
Rahmatunnisa, S., Mujtaba, I., & Rizky Alfiany, A. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Kelompok B KB / TK Al-. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2020, 1–8. website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit%0AE-ISSN:
Ramadhani, I. R., Fathurohman, I., & Fardani, M. A. (2020). Efek Penggunaan Smartphone Berkelanjutan pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Anak. Jurnal Amal Pendidikan, 1(2), 96. https://doi.org/10.36709/japend.v1i2.13293
Ratiwi, R. D. dan W. S. (2020). Peran Orangtua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Terhadap Perkembangan Kognitif. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3(1), 303–309.
Rismayanti, C. (2013). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v9i1.3065
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Setiani, R. E. (2013). Memahami Pola Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(3), 455–470. https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1472
Siska Giyan Kurniasari, Nur Ngazizah, & Muflikhul Khaq. (2021). Peran Pendampingan Orangtua Dalam Mendukung Perkembangan Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1410–1420. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1411
Siswanti, D. (2016). Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Raudah, 4(2), 2338–2163.
Sitorus, A. S. (2016). Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.30829/RAUDHAH.V4I2.65
Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D/Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010).
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Taher, S. M., & Munastiwi, E. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35–50. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04
Yaswinda, & Gusmarni. (2022). Analisis Permendikbud Nomor 137 Dan 146 Dalam Pembelajaran PAUD. Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 17(2), 70–76. https://doi.org/doi.org/10.21009/JIV.1702.8