Pengaruh Knowledge Sharing Behavior terhadap Innovative Behavior pada Guru PAUD

Author


Marhisar Simatupang(1Mail),
Psikologi, Universitas Esa Unggul, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 245KB]

Published : 2023-12-31

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 237 times PDF Downloaded: 77 times

Abstract


Pada tahun 2022 pemerintah menerapkan program merdeka belajar di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Program ini ternyata tidak mampu diterima oleh semua guru dikarenakan beberapa faktor intrinsic dan ekstrinsik. Untuk melaksanakan program ini dibutuhkan perilaku inovatif dari setiap guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh knowledge sharing behavior terhadap innovative bahvior pada guru PAUD. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel yang dilibatkan sebanyak 166 guru PAUD. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh knowledge sharing behavior terhadap innovative bahvior pada guru PAUD. Artinya semakin tinggi knowledge sharing behavior maka akan meningkatkan innovative bahvior pada guru PAUD.


Keywords


innovative behavior; knowledge sharing behavior; guru paud

References


Avila, L. (2022). Pengaruh Learning agility Terhadap Innovative Work Behavior Karyawan Perbankan Swasta Xyz Di Jakarta. http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/70784

Dahlin, E. (2019). Are Robots Stealing Our Jobs? Socius, 5. https://doi.org/10.1177/2378023119846249

Jo, Y., & Hong, A. J. (2022). Impact of Agile Learning on Innovative Behavior: A Moderated Mediation Model of Employee Engagement and Perceived Organizational Support. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.900830

Kearney, J. (2017). An Investigation into the Associative Relationship Between Transformational Leadership and Innovative Working Behaviour, in Irish Technology Consulting Organisations. https://norma.ncirl.ie/id/eprint/2869

Khan, H. S. U. D., Li, P., Chunghtai, M. S., Mushtaq, M. T., & Zeng, X. (2023). The role of knowledge sharing and creative self-efficacy on the self-leadership and innovative work behavior relationship. Journal of Innovation & Knowledge, 8, 1-10. https://doi.org/10.1016/j.jik.2023.100441

Mustika, H., Eliyana, A., Agustina, T. S., & Ratnasari, R. T. (2020). Knowledge sharing behavior between self-leadership and innovative behavior. Journal of Security And Sustainability Issues, 9(5), 148-157. http://dx.doi.org/10.9770/jssi.2020.9.M(12)

Phong, L. B., Hui, L., & Son, T. T. (2018). How Leadership and Trust in Leaders Foster Employees’ Behavior Toward Knowledge Sharing. Social Behavior and Personality: An International Journal, 46(5), 705–720. https://doi.org/10.2224/sbp.6711

Rachmandani, M. (2020). Hubungan Learning agility Dan Innovative Behavior Pada Pekerja Yang Menempuh Pendidikan Sebagai Mahasiswa Reguler Dua Di Universitas Mercu Buana Menteng. http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57640

Rizana, D. (2022). Self-leadership and teacher’s innovative work behavior: The mediating roles of self-efficacy and optimism. Relevance: Journal of Management and Business, 5(2), 177-195. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/relevance/article/view/5646

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Udin., & Shaikh, M. (2022). Transformational leadership and innovative work behavior: testing the mediation role of knowledge sharing and work passion. Jurnal Dinamika Manajemen, 13(1), 146-160. https://journal.unnes.ac.id/nju/jdm/article/view/34446

Widhiarso, Wahyu. (2010). Catatan Pada Uji Linearitas Hubungan. Fakultas Psikologi UGM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.