Pengembangan Buku Saku Panduan Penggunaan Gadget untuk Optimalisasi Perkembangan Anak Usia Dini

Author


Desni Yuniarni(1Mail), Lukmanulhakim Lukmanulhakim(2), Andini Linarsih(3), Dian Miranda(4), Halida Halida(5),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(4)
Bimbingan Konseling, Universitas Tanjungpura, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 311KB]  Language: id
Published : 2023-05-22
Copyright (c) 2023 Desni Yuniarni

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 44 times PDF Downloaded: 14 times

Abstract


Meningkatnya penggunaan gadget di kalangan anak usia dini menimbulkan keresahan orang tua. Banyaknya pengaruh negatif bagi anak akibat penggunaan gadget yang berlebihan, menyebabkan orang tua membutuhkan panduan mengenai bagaimana penggunaan gadget yang sesuai untuk anak usia dini. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan saku panduan penggunaan gadget untuk optimalisasi perkembangan anak usia dini bagi orang tua dengan menggunakan model pengembangan 4D. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Subjek penelitiannya adalah guru PAUD di kota Pontianak dengan validator ahli materi dari praktisi Magister Pendidikan Anak Usia Dini dan validator ahli media dari praktisi lembaga PAUD. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan buku saku ini layak digunakan karena berisi materi yang bermanfaat dan dapat dipahami oleh orang tua serta memiliki tampilan yang menarik, ringkas disertai dengan gambar yang jelas sehingga mudah dipahami oleh orang tua.


Keywords


anak usia dini; buku saku; penggunaan gadget.

References


Brack, G., Lassiter, P. S., Kitzinger, R., Hill, M., Mcmahon, G., & Fall, K. A. (2013). Individual Psychology on the Virtual Frontier : Massive Multiplayer Online Role-Playing Gaming. The Journal of Individual Psychology, 69(1), 24–40. https://psycnet.apa.org/record/2013-25133-004

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, vol 17(no 2), 318. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/dinamika/article/view/842

Coleman, P. K., & Karraker, K. H. (1998). Self-Efficacy and Parenting Quality: Findings and Future Applications. Developmental Review, 18(1), 47–85. https://doi.org/10.1006/drev.1997.0448

Cox, M. J., & Paley, B. (1997). Families as systems. Annual Review of Psychology, 48, 243–267. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.48.1.243

Farida, A., Salsabila, U. H., Hayati, L. L. N., Ramadhani, J., & Saputri, Y. (2021). Optimasi Gadget Dan Implikasinya Terhadap Pola Asuh Anak. Jurnal Inovasi Penelitian, 1. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/316

Farizal, B. E. (2018). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 2-5 Tahun Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Di Wilayah Kerja Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Tahun 2018. Menara Ilmu, 12(9), 140–147. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1377

Goodwin, K. (2016). Raising Your Child in a Digital World. Finch Publishing Sydney. http://www.earlychildhoodaustralia.org.au/shop/wp-content/uploads/2016/08/SUND665_extract.pdf

Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2022). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(5), 356. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i5.159

Hiniker, A., Suh, H., Cao, S., & Kientz, J. A. (2016). Screen time tantrums: How families manage screen media experiences for toddlers and preschoolers. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings, 648–660. https://doi.org/10.1145/2858036.2858278

Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-Dthiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1). https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/JSSP/article/view/193

Määttä, S., Kaukonen, R., Vepsäläinen, H., Lehto, E., Ylönen, A., Ray, C., Erkkola, M., & Roos, E. (2017). The mediating role of the home environment in relation to parental educational level and preschool children’s screen time: A cross-sectional study. BMC Public Health, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12889-017-4694-9

Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092

Perron, N. C. D. (2018). Bronfenbrenner’s Ecological Systems Theory. In College Student Development. https://doi.org/10.1891/9780826118165.0018

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 25. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36

Sheehan, K. J., Hightower, B., Lauricella, A. R., & Wartella, E. (2018). STEM Media in the Family Context: The Effect of STEM Career and Media Use on Preschoolers’ Science and Math Skills. European Journal of STEM Education, 3(3). https://doi.org/10.20897/ejsteme/3877

Sheridan, S. M., Knoche, L. L., Boise, C. E., Moen, A. L., Lester, H., Edwards, C. P., Schumacher, R., & Cheng, K. (2019). Supporting preschool children with developmental concerns: Effects of the Getting Ready intervention on school-based social competencies and relationships. Early Childhood Research Quarterly, 48, 303–316. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2019.03.008

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485

Viandari, K. D., & Susilawati, K. P. A. (2019). Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 76. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p08

Widiastiti, N. L. G. M., & Agustika, G. N. S. (2020). Intensitas Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 112–120. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/25179


Refbacks

  • There are currently no refbacks.