- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Early Childhood Mathematics Learning Profile
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4023Keywords:
anak usia dini, pembelajaran matematika, profil kinerja guruAbstract
Riset ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya profil pembelajaran matematika bagi anak usia dini. Riset ini bertujuan untuk menganalisis tentang profil kinerja guru berkaitan dengan pembelajaran matematika anak usia dini di kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan metode riset fenomenologi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan survei kuesioner. Hasil survei dieksplorasi dengan diskusi kelompok terfokus dan wawancara mendalam untuk menggali segala kemungkinan yang dilakukan guru. Responden yang digunakan berjumlah 29 orang terhadap anak usia dini dan difokuskan pada profil pembelajaran matematika anak usia dini, pembelajaran seriasi dan penjumlahan untuk anak usia dini, dan pembelajaran konsep besar-kecil, banyak-sedikit, panjang-pendek, dan tinggi-rendah. Hasil riset ini dapat mengidentifikasi kecenderungan pembelajaran berpusat pada sudut pandang behaviorisme dalam pembelajaran matematika anak usia dini. Profil pembelajaran matematika anak usia dini sangat dibutuhkan agar pembelajaran pada lembaga pendidikan anak usia dini bisa dicapai lebih maksimal
Downloads
References
Atit, K., Power, J., R., Veurink, N., Uttal, D., H., Sorby, S., Panther, G., Msall, C., Fiorella, L., & Carr, M. (2020). Examining the Role of Spatial Skills and Mathematics Motivation on Middle School Mathematics Achievement. International Journal of STEM Education, 7(38), 1–13. https://doi.org/10.1186/s40594-020-00234-3
Clements, D., H., & Sarama, J. (2013). Math in the Early Years. Education Commission of the States Journal, 14(5), 1–7. https://www.researchgate.net/publication/258932989
Foster, C., Wake, G., & Swan, M. (2014). Mathematical Knowledge for Teaching Problem Solving: Lessons from Lesson Study. Proceedings of the Joint Meeting of PME 38 and PME-NA 36, 3, 97–104.
Gazali, R., Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Goldsmith, L., T., Doerr, H., M., & Lewis, C., C. (2014). Mathematics Teachers’ Learning: A Conceptual Framework and Synthesis of Research. Journal of Mathematics Teacher Education, 17(1), 5–36. https://doi.org/10.1007/s10857-013-9245-4
Hasbi, M. (2022). APE Aman bagi Anak Usia Dini (Nurfadilah (ed.); 1st ed.). Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Iswara, P., P., Latifah, D., & Budiwati, D., S. (2013). Studi tentang Kegiatan Bernyanyi pada Pembelajaran “Calistung†untuk Anak Usia Dini di TK Sekolah Alam Bandung. Swara: Jurnal Antologi Departemen Pendidikan Seni Musik FPSD UPI, 1(3), 1–9.
Korpershoek, H., Harms, T., Boer, H., D., Kuijk, M., V., & Doolaard, S. (2016). A Meta-Analysis of the Effects of Classroom Management Strategies and Classroom Management Programs on Students’ Academic, Behavioral, Emotional, and Motivational Outcomes. Review of Educational Research, 86(3), 643–680. https://doi.org/10.3102/0034654315626799
Luhanarky, A., Ulfah, M., & Saifuddin. (2019). Evaluasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika Permulaan di TK Negeri Pembina Cirebon. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 16–33. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.5128
Marshman, M., & Goos, M. (2018). The Beliefs about Mathematics, its Teaching and Learning of those Involved in Secondary Mathematics Pre-Service Teacher Education. Proceedings of the 41st Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia, 519–526.
Mutiara, S., & Agustin, M. (2017). Profil Kompetensi Early Math Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Deskriptif pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Az-Zahra Kota Bandung). Jurnal Golden Age, 1(1), 59–65. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2683
Nonik, N., N., Raga, I., G., & Murda, I., N. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Widya Dharma Bondalem Tejakula. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/1472
Nurwati, & Salsabila, A. (2020). Pembentukan Karakter bagi Anak Usia 5-6 Tahun melalui Lagu-lagu Anak di TK IT Bunga Harapan Samarinda. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 05(01), 1–11. https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.13
Pratiwi, H., & Mustaji. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Anak dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivistik untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p23-31
Pujiaswati, R., Mulyana, E., H., & Mulyadi, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Anak (LKA) Model STEM pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 107–117. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27202
Rachmawati. (2015). Pengenalan Konsep Matematika melalui Penggunaan Bahan Alam pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD, 1(1), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22710
Steffe, L., P. (2017). Psychology in Mathematics Education: Past, Present, and Future. Proceedings of the 39th Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 27–56. https://eric.ed.gov/?id=ED581388
Suci, R., P., Suhermin, & Triyonowati. (2017). Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini melalui Penyediaan Sarana Penunjang Proses Pembelajaran pada Pos PAUD di Kelurahan Merjosari Malang. JIP, 7(1), 52–65. https://doi.org/10.21067/jip.v7i1.1555
Suryaningsih. (2015). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Lembaga PAUD Melati II Madiun Tahun Ajaran 2015/2016. Prosiding Ilmu Pendidikan Meretas Sukses Publikasi Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi, 1, 132–135. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7536
Ulfah, M., & Khoerunnisa, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 31–50. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-03
Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Witarsa, R., & Alim, M., L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258
Witarsa, R., & Dista, D. X. (2019). Analisis Jawaban Siswa Usia 6 sampai 8 tahun terhadap Pembelajaran Sains Kreatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 58. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.288


