Peran TV Sekolah sebagai Media Syiar Konten Edukasi bagi Anak Usia Dini

Author


Cut Rosmawati(1Mail), Sri Watini(2),
Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 667KB]  Language: id
Published : 2023-01-10
Copyright (c) 2023 Cut Rosmawati Cut Rosmawati, Sri Watini Sri Watini

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 117 times PDF Downloaded: 34 times

Abstract


Semakin maju perkembangan zaman semakin canggih pula perkembangan teknologi. Pola pikir manusiapun semakin meningkat lebih kreatif dan imajinatif dalam memahami dunia. Perkembangan Media informasi semakin beragam aplikasi muncul dan disukai oleh  anak-anak. Apa jadinya jika tidak ada batasan pengelolaan siaran melalui media yang banyak di tonton oleh anak-anak, dimana anak-anak terutama anak usia dini yang belum mengerti mana baik dan buruk, tak jarang juga apa yang mereka tonton bisa jadi panutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran TV sekolah sebagai media syiar konten edukasi bagi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik  mengumpulkan data lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran TV sekolah sebagai media syiar bagi anak usia dini sangat penting dan bermanfaat bagi anak-anak sebagai media pembelajaran di rumah maupun disekolah, anak lebih kreatif dan inovatif.


Keywords


anak usia dini; konten edukasi; media syiar; tv sekolah

References


Adhani, A. K., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Kelompok A melalui Media Sentra Bahan Alam di TK Indonesia Playschool. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(5), 1707–1715. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7480

Basarah, F. F., & Romaria, G. (2020). Perancangan Konten Edukatif Di Media Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 5(2), 22. https://doi.org/10.22441/jam.2020.v5.i2.006

Dewi, T. A., & Widyasari, C. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5691–5701. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3121

Elliza, E., & Watini, S. (2022). TV Sekolah Sebagai Media Meningkatkan Kreativitas Guru Di TKIT Ar-Rahman 1. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1747. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1747-1758.2022

Hikmah, S. (2014). Mengenalkan Dakwah Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Dakwah, 34(1), 63. https://doi.org/10.21580/jid.v34.1.64

Italiana, F., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di TK dalam Meningkatkan Kreativitas Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 813–816. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.486

Juniawati. (2014). Dakwah Melalui Media Elektronik: Peran dan Potensi Media Elektronik dalam Dakwah Islam di Kalimantan Barat. Jurnal Dakwah, XV(2), 211–233. http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/305/284

Kholis, N. (2018). Syiar Melalui Syair (Eksistensi Kesenian Tradisional Sebagai Media Dakwah Di Era Budaya Populer). Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(1), 103–125. https://doi.org/10.22515/balagh.v3i1.984

Kurniasih, E., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Mertoyudan Magelang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2730–2733. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.756

Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika Guru Dalam Melaksanakan Program Literasi Di Kelas IV Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 31–37. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6390

M. Ali, M. (2016). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia Dini. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 190. https://doi.org/10.22373/je.v1i2.605

Mariasi, M., & Watini, S. (2022). Implementasi Perpustakaan Digital TV Sekolah sebagai Dokumen Otentik bagi TK Insan Profesi Baubau. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 817–821. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.491

Mesiono. (2017). Manajenem Pendidikan Raudhatul Athfal (RA) Pengantar Teori dan Praktik. Perdana Publishing.

Mukaromah, D. A. (2021). Manajemen Pendidikan Di Paud Bintang Soropadan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 7(1), 34. https://doi.org/10.18592/jea.v7i1.4366

Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72

Natsir, M. I., & Ismail Ahmad, L. O. (2019). Hadis Tentang Sebaik-Baik Manusia. Jurnal Diskursus Islam, 7(2), 270–294. https://doi.org/10.24252/jdi.v7i2.9839

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490

Nugroho, R., Artha, I. K. A. J., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425–5436. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2980

Nureda, N., & Watini, S. (2022). Peranan TV Sekolah Sebagai Media Berbagi Informasi Bagi Guru Dan Siswa Di TK Yosua Mimika. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1893. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1893-1904.2022

Peradila, S., & Chodijah, S. (2020). Bimbingan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 70–94. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i2.2376

Puspita Ningrum, D. (2019). Pemanfaatan media sosial terhadap fenomena hoax di kalangan remaja milenial (studi di sman 1, kecamatan pleret,bantul, yogyakarta). Jurnal Ilmiah Padma Sri Kreshna, 1(1). https://doi.org/10.37631/psk.v1i1.35

Sabardila, A., Markhamah, M., Arifin, Z., Kusmanto, H., Hidayah, L. N., Kurniasari, A. D., & Saputro, D. (2021). Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 150–162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.875

Setyaningsih, D., & Watini, S. (2022). Pengaruh TV sekolah terhadap pemahaman tema selama pembelajaran jarak jauh. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2624–2627. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.736

Sri Watini Dkk. (2020). HKI Kemenkumham, TV Sekolah, No.Pemohonan: EC00202040424, 15 Oktober 2020.

Supriati, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Media TV Sekolah di TK Carsa Kids. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1633. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1633-1640.2022

Virgiana, Y. (2017). Perilaku Meniru Anak Usia Dini Sebagai Akibat Dari Aktivitas Menonton Film Kartun Kesukaan (Studi Kasus Terhadap Anak Usia 4-6 Tahun Di Perum Griya Sekargading Kelurahan Kalisegoro). Lib.Unnes.Ac.Id, Fakultas I(Pg-Paud), Universitas Negeri Semarang. Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30223

Watini, S. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai-Nilai Agama di Raudhatul Atfal Assu`Ada Cijerah Bandung. Alim | Journal of Islamic Education, 1(1), 73–90. https://doi.org/10.51275/alim.v1i1.120

Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899

Yulianah, N., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Komunikasi yang Efektif di RA Senyum Muslim. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1841. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1841-1848.2022

Yunita, Y., & Watini, S. (2022). Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2603–2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729


Refbacks

  • There are currently no refbacks.