- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Video Model Pembelajaran Sentra Berbasis Multikultural di TK
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3668Keywords:
video pembelajaran, model pembelajaran sentra, multikulturalAbstract
Keterbatasan guru dalam menerapkan model pembelajaran sentra menjadi permasalahan dalam menyampaikan materi, karena kurangnya pedoman pembelajaran sentra di sekolah. Tujuan penelitian ini  untuk menghasilkan produk berupa video model pembelajaran sentra berbasis multikultural yang layak digunakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan Research & Development (R&D) mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Angket berupa lembar penilaian video model pembelajaran terdiri dari ahli materi, ahli media, dosen, guru, dan mahasiswa. Media video model pembelajaran sentra berbasis multikultural menjadi salah satu alternatif guru, mahasiswa, dan dosen yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan pedoman dalam menyampaikan materi pembelajaran
Downloads
References
Anggreni, M. A., Sumantri, S., & Dhieni, N. (2022). Kompetensi Guru Dalam Penerapan Budaya Pada Lembaga PAUD Di Indonesia. 6(4), 3160–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1585
Anshori, I., & Lestari, E. W. (2020). Penanaman Karakter Keagamaan Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sentra di RA Rahmatillah Sidoarjo. 9(2), 1–10. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v9i2.3110
Banks, J. A. (2014). An Introduction to Multicultural Education (Fift Editi). University of Washington.
Budi Setyaningrum, N. D. (2018). Budaya Lokal Di Era Global. Ekspresi Seni, 20(2), 102. https://doi.org/10.26887/ekse.v20i2.392
Cunningham, A. E. (1993). Testing Policy And Practice In Early Chilhood. Early Childhood Education Journal, 3, 229–230. https://doi.org/DOI: 10.1007/978-94-011-2226-9_5
Darsinah. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Minat Pada Model. Jurnal Psikohumanika, Vol.VIII.(1), 78–91. https://doi.org/10.31001/j.psi.v8i1.460
Dodd-Nufrio, A. T. (2011). Reggio Emilia, Maria Montessori, and John Dewey: Dispelling Teachers’ Misconceptions and Understanding Theoretical Foundations. Early Childhood Education Journal, 39(4), 235–237. https://doi.org/10.1007/s10643-011-0451-3
Eliza, D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun Untuk Belajar Dari Rumah. 6(4), 3648–3658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1350
Elok, U., Rasmani, E., Rahmawati, A., & Palupi, W. (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. 5, 225–233. https://doi.org/doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3
Hanafi, Z. (2019). Implementasi Metode Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Deepublish.
Hasanah, U. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. 2(1), 35–53. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3990
Hastuti, D. (2015). Penerapan Edutaiment Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) MELALUI MODEL Pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time)/ Sentra. Jurnal Ilmiah Widya Wacana10, 127–136. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/widyawacana/article/view/1314
Jafar, F. S., & Satriana, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi TALENTA, 4(1), 51. https://doi.org/10.26858/talenta.v4i1.6784
Junanto, S., & Fajrin, L. P. (2020). Internalisasi Pendidikan Multikultural Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 28–34. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/24338
Kasmiati. (2022). Perencanaan Pembelajaran Nilai Multikultural Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 492–504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1274
Maharani, D., & Jhoni, W. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Arab Anak Usia Dini Berbasis AAplikasi Inshot. 2(1), 61–74. https://doi.org/10.15548/jostech.v2i1.3806
Mauharir, M., Fauzi, F., & Mahfud, M. (2022). Penanaman Pendidikan Multikultural dalam Mencegah Ekstrimisme pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5258–5270. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2775
Michalopoulou, A. (2001). A spatio-pedagogical approach to symbolic play as kindergarten activity in early childhood. International Journal of Phytoremediation, 21(1), 59–68. https://doi.org/10.1080/13502930185208761
Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas/vL.iL390
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19
Munirah, & Arif, M. (2020). Wanita Muslimah & Pendidikan Anak Usia Dini. Adhan Chaniago.
Nur, M., Hidayat, A., & Sari, N. (2022). Persepsi Guru terhadap Pendidikan Multikultural di Pendidikan Anak Usia Dini. 6(6), 6208–6214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3266
Nurani, Y. (2019). “Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini" (Edisi Asli). CV. CAMPUSTAKA.
Nurwati. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sentra Dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak Di Taman Kanak-Kanak Kota Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 02(01), 15–32. https://doi.org/10.21093/sajie.v2il.1860
Ode-alumu, S., Samad, F., & Samad, R. (2021). Analisis Pel Aksanaan Pembelajaran Sentra Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 36–47. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2131
Snyder, A. L., Tong, X., & Lillard, A. S. (2022). Standardized Test Proficiency In Public Montessori Schools Standardized Test Proficiency In Public Montessori Schools. Journal of School Choice, 16(1), 105–135. https://doi.org/10.1080/15582159.2021.1958058
Sofyan, H., Anggereini, E., & Saadiah, J. (2019). Development Of E-modules Based On Local Wisdom In Central Learning Model At Kindergartens In Jambi City. European Journal of Educational Research, 8(4), 1137–1143. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1139
Sumiyati, S., Masruri, S., & Maemonah, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada lembaga Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Pati. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1261–1268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.814
Sutja, A. (2017). Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan dan Konseling. Waha Resolusi.
Syabrina, M., Islam, P., Usia, A., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2021). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD / MI. 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673
Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145
Wati, S. G., Sari, A. M., Saputra, A., Estuhono, E., Apreasta, L., & Rahmadani, R. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4049–4056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2520
Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190
Yapandi, & Helva Zuraya. (2017). Nilai-Nilai Multikultural Pada Anak Usia Dini. IAIN Pontianak Pers.