Pengembangan Video Model Pembelajaran Sentra Berbasis Multikultural di TK

Authors

  • Yourma Osnithia W Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Suparno Suparno Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3668

Keywords:

video pembelajaran, model pembelajaran sentra, multikultural

Abstract

Keterbatasan guru dalam menerapkan model pembelajaran sentra menjadi permasalahan dalam menyampaikan materi, karena kurangnya pedoman pembelajaran sentra di sekolah. Tujuan penelitian ini  untuk menghasilkan produk berupa video model pembelajaran sentra berbasis multikultural yang layak digunakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan Research & Development (R&D) mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Angket berupa lembar penilaian video model pembelajaran terdiri dari ahli materi, ahli media, dosen, guru, dan mahasiswa. Media video model pembelajaran sentra berbasis multikultural menjadi salah satu alternatif guru, mahasiswa, dan dosen yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan pedoman dalam menyampaikan materi pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreni, M. A., Sumantri, S., & Dhieni, N. (2022). Kompetensi Guru Dalam Penerapan Budaya Pada Lembaga PAUD Di Indonesia. 6(4), 3160–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1585

Anshori, I., & Lestari, E. W. (2020). Penanaman Karakter Keagamaan Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sentra di RA Rahmatillah Sidoarjo. 9(2), 1–10. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v9i2.3110

Banks, J. A. (2014). An Introduction to Multicultural Education (Fift Editi). University of Washington.

Budi Setyaningrum, N. D. (2018). Budaya Lokal Di Era Global. Ekspresi Seni, 20(2), 102. https://doi.org/10.26887/ekse.v20i2.392

Cunningham, A. E. (1993). Testing Policy And Practice In Early Chilhood. Early Childhood Education Journal, 3, 229–230. https://doi.org/DOI: 10.1007/978-94-011-2226-9_5

Darsinah. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Minat Pada Model. Jurnal Psikohumanika, Vol.VIII.(1), 78–91. https://doi.org/10.31001/j.psi.v8i1.460

Dodd-Nufrio, A. T. (2011). Reggio Emilia, Maria Montessori, and John Dewey: Dispelling Teachers’ Misconceptions and Understanding Theoretical Foundations. Early Childhood Education Journal, 39(4), 235–237. https://doi.org/10.1007/s10643-011-0451-3

Eliza, D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun Untuk Belajar Dari Rumah. 6(4), 3648–3658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1350

Elok, U., Rasmani, E., Rahmawati, A., & Palupi, W. (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. 5, 225–233. https://doi.org/doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3

Hanafi, Z. (2019). Implementasi Metode Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Deepublish.

Hasanah, U. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. 2(1), 35–53. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3990

Hastuti, D. (2015). Penerapan Edutaiment Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) MELALUI MODEL Pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time)/ Sentra. Jurnal Ilmiah Widya Wacana10, 127–136. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/widyawacana/article/view/1314

Jafar, F. S., & Satriana, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi TALENTA, 4(1), 51. https://doi.org/10.26858/talenta.v4i1.6784

Junanto, S., & Fajrin, L. P. (2020). Internalisasi Pendidikan Multikultural Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 28–34. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/24338

Kasmiati. (2022). Perencanaan Pembelajaran Nilai Multikultural Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 492–504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1274

Maharani, D., & Jhoni, W. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Arab Anak Usia Dini Berbasis AAplikasi Inshot. 2(1), 61–74. https://doi.org/10.15548/jostech.v2i1.3806

Mauharir, M., Fauzi, F., & Mahfud, M. (2022). Penanaman Pendidikan Multikultural dalam Mencegah Ekstrimisme pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5258–5270. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2775

Michalopoulou, A. (2001). A spatio-pedagogical approach to symbolic play as kindergarten activity in early childhood. International Journal of Phytoremediation, 21(1), 59–68. https://doi.org/10.1080/13502930185208761

Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas/vL.iL390

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Munirah, & Arif, M. (2020). Wanita Muslimah & Pendidikan Anak Usia Dini. Adhan Chaniago.

Nur, M., Hidayat, A., & Sari, N. (2022). Persepsi Guru terhadap Pendidikan Multikultural di Pendidikan Anak Usia Dini. 6(6), 6208–6214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3266

Nurani, Y. (2019). “Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini" (Edisi Asli). CV. CAMPUSTAKA.

Nurwati. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sentra Dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak Di Taman Kanak-Kanak Kota Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 02(01), 15–32. https://doi.org/10.21093/sajie.v2il.1860

Ode-alumu, S., Samad, F., & Samad, R. (2021). Analisis Pel Aksanaan Pembelajaran Sentra Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 36–47. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2131

Snyder, A. L., Tong, X., & Lillard, A. S. (2022). Standardized Test Proficiency In Public Montessori Schools Standardized Test Proficiency In Public Montessori Schools. Journal of School Choice, 16(1), 105–135. https://doi.org/10.1080/15582159.2021.1958058

Sofyan, H., Anggereini, E., & Saadiah, J. (2019). Development Of E-modules Based On Local Wisdom In Central Learning Model At Kindergartens In Jambi City. European Journal of Educational Research, 8(4), 1137–1143. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1139

Sumiyati, S., Masruri, S., & Maemonah, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada lembaga Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Pati. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1261–1268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.814

Sutja, A. (2017). Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan dan Konseling. Waha Resolusi.

Syabrina, M., Islam, P., Usia, A., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2021). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD / MI. 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Wati, S. G., Sari, A. M., Saputra, A., Estuhono, E., Apreasta, L., & Rahmadani, R. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4049–4056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2520

Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Yapandi, & Helva Zuraya. (2017). Nilai-Nilai Multikultural Pada Anak Usia Dini. IAIN Pontianak Pers.

Downloads

Published

11-04-2023

How to Cite

W, Y. O., & Suparno, S. (2023). Pengembangan Video Model Pembelajaran Sentra Berbasis Multikultural di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2080–2089. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3668

Issue

Section

Articles