Problematika Pembelajaran Daring berbasis Teknologi Informasi pada PAUD di Masa Pandemi COVID-19

Author


Sri Watini(1Mail),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 253KB]  Language: id
Published : 2022-08-31
Copyright (c) 2022 Sri Watini

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 46 times PDF Downloaded: 20 times

Abstract


Pandemi Covid-19 telah mereformasi tatanan kehidupan manusia termasuk dalam bidang pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika dalam pembelajaran daring pada PAUD di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini meliputi kesiapan orang tua, implementasi proses pembelajaran, kesulitan selama proses pelaksanaan, monitoring dan evaluasi serta hasil pelaksanaan program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan selama 6 bulan (Maret-Agustus 2020). Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan responden sebanyak 164 orang tua anak usia dini dari berbagai wilayah di Indonesia. Adapun Teknik analisis data diarahkan untuk menjawab rumusan masalah dan hipotesis yang telah dirumuskan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) Dibutuhkan buku panduan yang mudah dipahami oleh orang tua, guru serta didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia, 2) Perlunya pelatihan metode pembelajaran daring bagi orang tua siswa oleh pemerintah atau Lembaga swasta dan 3) Perlunya media daring yang bervariatif, efektif, mudah digunakan sebagai alternatif bagi orang tua dalam membantu anak belajar di rumah


Keywords


paud; pandemi covid-19; problematika pembelajaran daring

References


Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran (p. 18). Remaja Rosda Karya.

Albarado, A. P., & Eminita, V. (2020). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Mts Khazanah Kebajikan. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 167-174.

Anjani, A., Syapitri, G. H., & Lutfia, R. I. (2020). Analisis Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 67-85. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.442

Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum (p. 137). Remaja Rosda Karya.

Chotimah, S. C., & Harun, H. (2022). Mitigasi Resiko Gadget melalui Pendampingan orang tua pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2483-2494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2168

Damayanti, Y., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2646-2653. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.737

Hajeni, H., Marhani, M., & Febrianti, L. (2022). Optimalisasi Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3242-3252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2327

Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2016). Implementasi Model Hybrid Learning Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Statistika II Di Prodi Manajemen Fpeb Upi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i2.3430

Heri Rahyubi. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik (pp. 6-7). Nusa Media.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Latifah, I., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada TKIT Al Hikmah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 602-606. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.463

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150-168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Marcia, A., & Nurhafizah, N. (2022). Problematika Penerapan Sistem Belajar Daring dan Luring Terhadap Anak pada Masa Pandemi Covid 19 dan New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2610-2618. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2206

Pujiyati, W., & Darsanto, D. (2022). Pelatihan Information Technology (IT) Kepada Tutor Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Bani Yasin Indramayu. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1-16. https://doi.org/10.31943/abdi.v4i1.49
https://doi.org/10.31943/abdi.v4i1.49

Ramdhani, M. T., & Ramlah, S. (2015). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN-3 Telangkah Desa Hampalit Kabupaten Katingan. Jurnal Hadratul Madaniyah, 2(2), 28-29.

Rannu, D., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 822-828. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.485

Rodiah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Permainan Konstruktif dengan Model Atik untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Assyifa Johar Baru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.472

Rohani, G. A. (2015). Pengaruh Televisi (Tv) Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i2.12355

Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196-207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708

Sarbiran. (2002). Keterampilan dan Kecakapan Hidup (Life Skill): Sebuah Persoalan Martabat Manusia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(Juni), 147-165.

Suparman, A. R., & Paiki, F. F. (2019). Pelatihan Penggunaan Media ICT Online bagi Guru, Orang Tua dan Siswa SMP IT Insan Mulia Manokwari berupa Edmodo dan Schoology. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 251-261. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5814

Ursu, M. F., Thomas, M., Kegel, I., Williams, D., Tuomola, M., Lindstedt, I., Wright, T., Leurdijk, A., Zsombori, V., Sussner, J., Myrestam, U., & Hall, N. (2008). Interactive TV narratives: Opportunities, progress, and challenges. ACM Transactions on Multimedia Computing, Communications and Applications, 4(4), 1-39. https://doi.org/10.1145/1412196.1412198

Widayanti, M. D., & Abidin, M. Z. (2020). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Metode Proyek Untuk Guru TK. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 164. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7222

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran (p. 172). Prenada Media.

Wintarti, A., Abadi, & Fardah, D. K. (2019). The Instructional Design of Blended Learning on Differential Calculus Using Successive Approximation Model. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1), 0-6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012064


Refbacks

  • There are currently no refbacks.