Abstract


Pandemi Covid-19 telah mereformasi tatanan kehidupan manusia termasuk dalam bidang pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika dalam pembelajaran daring pada PAUD di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini meliputi kesiapan orang tua, implementasi proses pembelajaran, kesulitan selama proses pelaksanaan, monitoring dan evaluasi serta hasil pelaksanaan program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan selama 6 bulan (Maret-Agustus 2020). Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan responden sebanyak 164 orang tua anak usia dini dari berbagai wilayah di Indonesia. Adapun Teknik analisis data diarahkan untuk menjawab rumusan masalah dan hipotesis yang telah dirumuskan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) Dibutuhkan buku panduan yang mudah dipahami oleh orang tua, guru serta didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia, 2) Perlunya pelatihan metode pembelajaran daring bagi orang tua siswa oleh pemerintah atau Lembaga swasta dan 3) Perlunya media daring yang bervariatif, efektif, mudah digunakan sebagai alternatif bagi orang tua dalam membantu anak belajar di rumah


Keywords


paud; pandemi covid-19; problematika pembelajaran daring