Keterlibatan Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini

Author


Tiara Aprilia Dewi(1Mail), Choiriyah Widyasari(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 266KB]  Language: id
Published : 2022-09-08
Copyright (c) 2022 Tiara Aprilia Dewi

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 65 times PDF Downloaded: 23 times

Abstract


Pembentukan karakter anak diawali sejak dini ataupun sejak dalam kandungan. Adanya beberapa faktor yang bisa menciptakan karakter anak, misalnya yaitu orang tua yang seringkali menghabiskan waktunya dengan anak. Penelitian bertujuan memahami peranan orang tua tua sebagai pembimbing, motivator, dan fasilitator dalam mengembangkan karakter kemandirian. Metode yang dipergunakan penulis merupakan kualitatif memakai pendekatan  field research. Teknik yang  dipergunakan pada penelitian merupakan wawancara, dokumentasi, observasi. Teknis analisis data yang digunakan ialah triangulasi model interaktif meliputi reduksi, menyajikan data, menarik kesimpulan. Penelitian dilaksanakan di TK Aba Thoyibah Surakarta. Hasil penelitian membuktikan dalam mengembangkan kemandirian peranan orang tua selaku pembimbing yaitu menjalin komunikasi yang positif dengan anak  salah satunya dengan cara memberikan nasehat. Peran orang tua sebagai motivator yaitu dengan memberikan penghargaan, atas hasil pencapaian anak. Peranan orang tua menjadi fasilitator yakni orang tua memfasilitasi anak dalam melatih kemandirian dan menyediakan sarana alat belajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.


Keywords


: anak usia dini; kemandirian; peran orang tua

References


Amin, M., Kristiana, D., & Fadlillah, M. (2020). Pengaruh Kelekatan Aman Anak pada Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.504.

Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529.

Asmanita, M. (2019). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini Di Desa Tanjung Berugo Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin. Repository Uin Jambi, 8–11.

Atlanta, T. (2019). Peran Guru Dalam Melatih Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina Meliau. Jurnal Anak Usia Dini, 2(1), 1–8.

Febriana, H. (2019). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Sikap Mandiri Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(2), 197–209.

Fithriani. (2017). Peranan Orang Tua Memberikan Motivasi Terhadap Prestasi Anak Dalam Keluarga. Jurnal Intelektualita, 9(2), 1–13.

Fitriahadi, E., & Tyastiti, V. H. (2020). The Impacts of The Use of Gadget on The Development of Children 3-6 Years of Age. The Southeast Asian Journal of Midwifer, 6(1), 34-38. https://doi.org/10.36749/seajom.v6i1.83.

Komala, H. (2015). Mengenal Dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua Dan Guru. Tunas Siliwangi, 1(1), 31–45. Http://E-Journal.Stkipsiliwangi.Ac.Id/Index.Php/Tunas-Siliwangi/Article/View/90

Lestari, M. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 84–90. Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V8i1.26777

Maesaroh, S., Elnawati, E., & Huri, I. (2021). Efektivitas Pendampingan Orang Tua Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Di Masa Pandemi Pada Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun Di Paud Sps Tp Melati V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 4461–4472.

Marfungah, D. (N.D.). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini 1. 15–22.

Maryastuti, A. S. (2015). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Taman Kanak-Kanak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan, 02(01), 1–13.

Miles, M.B & Huberman, M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook Of New Metods. Beverly Hills. London: Sage Publications.

Muhsin, A. (2017). Upaya Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak di Dusun Sumber Suko Desa Plososari Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Dinamika, 2(130). https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i02.174.

Muliati, S. (2020). Peran Guru Dan Orang tua Dalam Membangun Kemandirian Anak Di Ra Thariqul Izzah Mataram. Skripsi.

Mustika, D. (2021). Peran Orang tua Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Di Masa Pembelajaran Daring. Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(2), 361–372.

Pratama, D. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak Di Desa Plasak Hilir Kecamatan Selimbau. Jurnal Anak Usia Dini, 2(3), 1–8.

Ramadhani, A. A. (2019). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v6i2.36

Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life. Pendidikan Usia Dini, 9(2), 181-200..

Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukids, 16(2), 121–129. Https://Doi.Org/10.17509/Edukid.V16i2.19805.

Rusmayadi, R., & Herman, H. (2019). Effects of Social Skills on Early Childhood Independence. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(2), 159. https://doi.org/10.26858/est.v5i2.9274.

Safitri, N., Setiawati, S., & Aini, W. (2018). Gambaran Penanaman Kemandirian pada Anak Usia Dini oleh Orang Tua dalam Keluarga. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 84. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9005.

Salmiati, S., & Zaman, B. (2021). Embedding Character Values to Children in Bugis Family Nurture. Journal of International Conference Proceedings, 4(1), 345-353. https://doi.org/10.32535/jicp.v4i1.1161.

Saragih, A. A. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(2), 2352–2360. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.1986

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. Https://Doi.Org/10.35568/Earlychildhood.V3i1.441

Sarwendah, T., & Budimansyah, D. (2017). Enhancing Family Character Education Trough Family Base Care. Proceedings of the 2nd International Conference on Sociology Education, 2, 375- 380. https://doi.org/10.5220/0007110010151020.

Setiani, W. A. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kemandirian Pada Anak Usia Dini. Skripsi, 9–25.

Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research. Elsevier. https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Https://Doi.Org/10.18592/Jea.V6i1.3590

Susanti, D. A. (2020). Bimbingan Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Al-Ibtida’, 08(01), 35–56.

Tiaranisa, D. (2022). Stimulasi Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia (3-4) Tahun Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Early Childhood And Character Education, 2(1), 48–57. https://doi.org/10.21580/joecce.v2i1.10075

Wagner, L. (2018). Good Character Is What We Look for in a Friend: Character Strengths Are Positively Related to Peer Acceptance and Friendship Quality in Early Adolescents. Journal of Early Adolescence, 1-40. https://doi.org/10.1177/0272431618791286.

Yasma, A. (2018). Peran Orang Tua Pemulung Menunjang Pendidikan Formal Anak Di Tpa Sampah Kelurahan Batulayang N. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–12.

Yusutria, Y., & Febriana, R. (2019). Aktualisasi Nilai-Nilai Kemandirian Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 577-582. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4575.

Zakiyah, U. N. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini Di Ra Sunan Giri Lembah Dolopo Madiun. Skripsi, April, 1–93. https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i2.66


Refbacks

  • There are currently no refbacks.